PENGARUH SALURAN DISTRIBUSI, KUALITAS PRODUK, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BERAS PADA SELIP PANCAR SARI DI DESA PERERENAN

Authors

  • Ni Kadek Supriyaningsih Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Nita Anggraini Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Gede Antok Setiawan Jodi Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Saluran Distribusi, Kualitas Produk, Citra Merek, Keputusan Pembelian

Abstract

Sektor pertanian merupakan sektor primer dan memegang peranan penting bagi perekonomian nasional. Salah satu hasil dari sektor pertanian adalah beras yang merupakan makanan pokok warga negara Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh saluran distribusi, kualitas produk, dan citra merek terhadap keputusan pembelian beras pada Selip Pancar Sari di Desa Pererenan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang membeli beras Pancar Sari yang jumlahnya tidak diketahui. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan purposive sampling sebagai teknik penentuan sampelnya dengan jumlah sampel sebanyak 97 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda yang diolah menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran distribusi, kualitas produk, dan citra merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Temuan ini memberikan pengetahuan kepada Selip Pancar Sari untuk memperkuat strategi pemasaran dan manajemen untuk meningkatkan keputusan pembelian di perusahaan

References

Abubakar, Rusydi. 2018. Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta

Aji, S. 2017. Pengaruh promosi dan saluran distribusi terhadap keputusan pembelian kartu internet Simpati pada mahasiswa STIENU Trate Gresik. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Kreatif, 2(1), 1-8.

Ajzen, I., & Fishbein, M. 1975. Belief, attitude, intention, and behavior: An introduction to theory and research. Reading, MA: Addison-Wesley

Arthur A. Thompson, M. A. 2016. Crafting and executing strategy: the quest for competitive advantage, concepts and readings. New York: McGraw-Hill Education

Badan Pusat Statistik Provinsi Bali. 2021. Pertumbuhan Ekonomi Bali. Denpasar: Badan Pusat Statistik Provinsi Bali.

Chalil, Rifyal Dahlawy. 2020. Brand, Islamic Branding, & Re-Branding (1st ed.). Depok: Rajawali Pers.

Ernawati, D. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17–32.

Ernawati, R., Dwi, A. B., & Argo, J. G. 2021. Analisis Pengaruh Promosi, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Situs E-commerce Zalora di Jakarta. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 4(2), 200-218.

Fidziah, & Zahara, V. M. 2020. Strategi Saluran Distribusi dan Akses dalam Meningkatkan Pendapatan UMK Emping Melinjo di Kota Serang. Jurnal Publik: Jurnal Ekonomi dan Publik, 46.

Junaidi, J. 2022. Pengaruh Citra Merek And Brand Equity Terhadap Purchase Decision Pia Di Cv. Pia Manalagi Probolinggo. Bussman Journal: Indonesian Journal Of Business And Management, 2(2), 254-267.

Irda, I., Rosha, Z., & Titipani, W. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kerajinan Perak Di Nagari Koto Gadang, Kabupaten Agam. Jurnal Menara Ekonomi: Penelitian dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi, 5(2).

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. 2016. Marketing Management. New Jersey: Pearson Education Limited.

Larika, W., & Ekowati, S. 2020. Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone OPPO. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (Jmmib)E-Issn 2723-424x, 128–136.

Maiza, F., Sutardjo, A., & Hadya, R. 2022. Pengaruh Kualitas Dan Harga Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toko Nazurah Hijab Di Kubang Tungkek Kabupaten Lima Puluh Kota. Matua Jurnal, 4(2), 375-386.

Maryati, M. 2022. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Time Universe Studio (Doctoral dissertation, Prodi Manajemen).

Maulana, Y. S., & Marista, M. 2021. The Effect of Brand Image and Brand Trust on Oppo Cellphones Purchasing Decisions In Banjar City. Jurnal Manajemen Bisnis, 8(2), 214-225.

Nazmi, H. (2021). Pengaruh promosi penjualan dan saluran distribusi terhadap keputusan pembelian furing prima pada PT. Biru Indokon. JRMB (Jurnal Riset Manajemen & Bisnis), 6(1), 89-98.

Nurhayati, S. 2017. Pengaruh citra merek, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian handphone samsung di yogyakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, 4(2).

Pendong, S. V., Kalangi, J. A., & Walangitan, O. F. 2022. Pengaruh Harga dan Saluran Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pabrik Tahu Mbak Sul Karombasan Utara Kota Manado. Productivity, 3(1), 86-90.

Putri, S. M., Ahmad, I., Kinasih, D. D., & Wijananto, B. 2022. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Saluran Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Lotus Pradipta Mulia Pekanbaru. ECOUNTBIS: Economics, Accounting and Business Journal, 2(1), 267-278.

Restuningtyas, Y. A. 2023. Pengaruh Citra Merek, Desain Produk Dan Online Review Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pakaian Erigo Secara Online (Studi Pada Konsumen Di Marketplace Shopee Provinsi Bali. Doctoral Dissertation, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Susilo, M. A., Ikhwan, S., & Riono, S. B. 2022. Pengaruh Saluran Distribusi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Air Cleo. Gemilang: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 2(3), 102-114.

Suwastiari, N. L. P., Anggraini, N. P. N., & Jodi, I. W. G. A. S. 2021. Pengaruh Green Marekting, Kualitas Produk, Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Starbucks Coffee Di Denpasar. EMAS, 2(1).

Tjiptono, F. 2019. Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Andi Offset, Yogyakarta.

Widyastuti, P. 2018. Kualitas dan Harga sebagai Variabel Terpenting pada Keputusan Pembelian Sayuran Organik. Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol. 2 No. 1, pp 17-28.

Wijaya, I. W. A., Agung, A. A. P., & Anggraini, N. P. N. 2020. Pengaruh Kualitas Makanan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Roti Pada Colatto Pastry & Bakery Gianyar. Values, 1(3).

Yuniwinarti, Y., & Zed, E. Z. (2023). The Influence Of Product Quality Price And Promotion On Purchase Decisions Of Hijab Rabbani Syar'i Model At The Rabbani Villa Mutiara Cikarang Selatan Store. Jurnal Ekonomi, 12(3), 148-161.

Yusuf, Y. 2021. Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepeda Motor Bekas Pada CV. Bagus Motor Di Kubang Raya. Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau

Downloads

Published

2024-10-15

How to Cite

Ni Kadek Supriyaningsih, Ni Putu Nita Anggraini, & I Wayan Gede Antok Setiawan Jodi. (2024). PENGARUH SALURAN DISTRIBUSI, KUALITAS PRODUK, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BERAS PADA SELIP PANCAR SARI DI DESA PERERENAN. EMAS, 5(1), 54–64. Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/9893

Issue

Section

Articles