PENGARUH KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA, DAN E-WOM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT DIANA AYU GARMENT

Authors

  • I Gusti Ngurah Agung Gede Eka Teja Kusuma Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Made Pradnyan Permana Usadi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Kadek Satya Prayoga Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/emas.v6i4.6115

Keywords:

kualitas produk, persepsi harga, E-WOM, keputusan pembelian

Abstract

Persaingan yang sangat ketat menuntut para pengusaha untuk dapat menentukan yang tepat yaitu dengan cara menyusun strategi pemasaran yang tepat dan memenuhi kebutuhan konsumen yang bervariasi. Faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian diantaranya adalah kualitas produk, persepsi harga dan E-WOM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, persepsi harga dan E-WOM terhadap keputusan pembelian. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah konsumen PT Diana Ayu Garment dan sampel sebanyak 102 orang. Teknik analisis data menggunakan Uji Validitas, Uji Reabilitas, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linier Berganda, Uji Korelasi Berganda, Koefisien Determinasi, Uji F dan Uji t. Dari hasil penelitian diperoleh hasil kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan E-WOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Saran yang dapat diberikan peneliti adalah PT Diana Ayu Garment hendaknya menggunakan mesin jahit dengan kualitas jahitan yang lebih awet dan tahan lama, membuat kebijakan harga yang lebih sesuai dengan kualitas dari produk yang ditawarkan, selalu menawarkan produk dengan kualitas yang baik, agar nantinya konsumen memberikan ulasan yang positif dan selalu memberikan produk sesuai dengan apa yang dibutuhkan konsumen.

References

Ali Hasan. (2014). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. CAPS.

Alma, B. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta.

Anggraini, N. P., & Suryoko, S. (2018). Pengaruh Labelisasi Halal, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepusan Pelanggan (Studi pada Konsumen Kosmetik Sariayu di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(3), 359–369.

Biduri, S., Rahayu, R. A., & Andriani, D. (2019). Pengaruh Theory Of Planned Behavior, Pengetahuan, Dan Motivasi Terhadap Nat Mahasiswa Untuk Berkarir Sebagai Charterec Accountant. Prosiding, Konferensi Regional Akuntansi VI, Surabaya.

Daryanto. (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Yrma Widya.

Dzulkharnain, E. (2019). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. IQTISHADequity Jurnal MANAJEMEN, 1(2).

Firdaus, T. (2017). E-WOM: Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Tamu Restoran di Bandung Utara. Tourism and Hospitality Essentials (THE) Journal, 7(1), 21.

Goyette, I., Ricard, L., Bergeron, J., & Marticotte, F. (2010). e-WOM Scale: Word-of-mouth measurement scale for e-services context. Canadian Journal of Administrative Sciences, 27(1), 5–23.

Haryanti, I., & Rosida. (2020). Pengaruh Promosi Online dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Nithalian Collection Bima). Journal of Business Economics Research (JBE), 1(2).

Immanulell, D. M., & Maharia, M. A. (2020). Engaging Purchase Decision of Customers in Marketplace Channel: A Study of Fashion Online Retail. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 7(2), 106–117.

Irawan, I. A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Pada Aplikasi Online Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Manajemen, 7(1), 17–32.

Kietzmann, J., & Canhoto, A. (2013). Bittersweet! Understanding and Managing Electronic Word of Mouth. Journal of Public Affairs, 13(2), 146–159.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (Edisi 13). Jakarta.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2015). Manajemen Pemasaran (Edisi 12, Jilid 1). PT. Indeks.

Larasati, I. A. (2023). Pengaruh Brand Image, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mixue [Skripsi].

Nugroho, R. W., Triyani, D., & NSS, L. P. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cafe Riilfians and Bistro Pati. Solusi, 18(2).

Nurfitri, A. R., & Dimyati. (2022). Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus: Pembelian Pakaian Pada Pusat Konveksi Di Kampung Bulak Timur, Cipayung, Depok). UG Jurnal, 16(3), 26–33.

Rupayana, I. K., Suartina, I. W., & Mashyuni, I. A. (2021). Pengaruh kualitas produk, impulse buying dan electronic word of mouth (E-WOM) terhadap keputusan pembelian pada produk smartphone merek OPPO di kota Denpasar. Widya Amrita, 1(1), 233–247.

Sahara, N. I., & Prakoso, F. A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Lazada (Studi di Wilayah Jakarta Selatan). Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (KNEMA).

Santosa, A. T. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Store Atmosphere, Dan E-WOM Terhadap Proses Keputusan Pembelian (Survei Terhadap Konsumen Zenbu-House Of Mozaru Paris Van Java, Bandung). Jurnal Manajemen Maranatha, 18(2).

Sari, N., Saputra, M., & Husein, J. (2017). Pengaruh electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian pada toko online Bukalapak.com. Jurnal Manajemen Magister Darmajaya, 3(01), 96–106.

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2010). Consumer Behaviour (10th ed.). Pearson Prentice Hall.

Soliha, E., & Anggraeni, A. R. (2020). Kualitas produk, citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian (Studi pada konsumen Kopi Lain Hati Lamper Kota Semarang). AL Tijarah, 6(3).

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2015). Pemasaran Strategik. ANDI.

Wahyudi, B. A., & Sindunata, I. (2018). Pengaruh E-WOM (Electronic-Word-Of-Mouth) Terhadap Keputusan Pembelian Di agoda.com. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 6(1).

Wicaksono, R. A., Octavia, A. N., & Aprianto, M. S. (2023). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Indomie Di Semarang. Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 21(1), 423–432.

Wijaya, T., & Paramita, E. L. (2014). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Keputusan Pembelian Kamera DSLR. Jurnal Seminar Nasional ISBN: 978-602-70429-1-9.

Wu, P., & Wang, Y. (2011). The influences of electronic word-of-mouth message appeal and message source credibility on brand attitude. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 23(4), 448–472.

Yosepha, S. Y., & Darmansah, A. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Aplikasi Shopee Di Wilayah Jakarta Timur. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen Unsurya, 1(1).

Yudha, D. M. P. A., Sulistyani, T., & Sujarwo, M. (2020). Pengaruh Store Atmosfer, Persepsi Harga, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Cafe Wapress JK Pemalang. Permana: Jurnal Perpajakan, Manajemen, dan Akuntansi, 12(1), 18–26.

Downloads

Published

2025-04-26

How to Cite

Kusuma, I. G. N. A. G. E. T., Usadi, M. P. P., & Prayoga, K. S. (2025). PENGARUH KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA, DAN E-WOM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT DIANA AYU GARMENT . EMAS, 6(4), 860–875. https://doi.org/10.36733/emas.v6i4.6115

Issue

Section

Articles