PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG PRODUK KOSMETIK MAKE OVER

Authors

  • Gusti Ayu Rita Devi Marchela Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Wayan Eka Mitariani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ayu Imbayani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Citra Merek, Kualitas Produk, Promosi Produk, Keputusan Pembelian Ulang

Abstract

Strategi dalam membuat konsumen untuk membeli kembali suatu produk/jasa dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan keuntungan. Diantara beberapa faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian ulang, penelitian ini menganalisis keputusan pembelian ulang tersebut melalui variabel citra merek, kualitas produk dan promosi produk kosmetik make over. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar dengan menggunakan sampel sebanyak 75 orang responden yang telah membeli atau menggunakan produk dari kosmetik make over lebih dari satu kali. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda yang diolah menggunakan software SPSS. Bedasarkan hasil analisis, penelitian ini menunjukan bahwa citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ulang produk kosmetik Make Over. Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ulang produk kosmetik Make Over. Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ulang produk kosmetik Make Over. Keterbatasan dalam penelitian ini hanya berfokus pada tiga variabel yaitu citra merek, kualitas produk dan promosi serta penelitian ini hanya dilakukan pada di Kota Denpasar dengan sampel responden yang menggunakan produk kosmetik Make Over.

References

Burhanudin. 2015. Teori Perilaku Keorganisasian. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service.

Bayu, R., Noor, Y. L., & Diah, K. 2019. Analysis of The Effect of Brand Image, Product Quality and After-Sales Service on Repurchase Decision of Samsung Smartphones. RJOAS, 19-32.

Imbayani, I. G. 2018. The Influence of Electronic Word of Mouth (E-Wom), Brand Image, Product Knowledge on Purchase Intention, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Jagaditha, Vol: 5, No. 2, pp. 145-153.

Kotler, Philip dan Keller. 2007. Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas. PT. Indeks, Jakarta.

Kotler, Philip, & Armstrong. 2012. Principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, P. & Keller, K.L. 2012. Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip., Keller, Kevin L. 2013. Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip, & Armstrong, G. 2014. Principles of Marketing. England: Fifteenth Edition, Perason.

Prayoni, I. A., & Respati, N. R. 2020. Peran Kepuasan Konsumen Memediasi Hubungan Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Dengan Keputusan Pembelian Ulang. E-Jurnal Manajemen, Vol. 9, No. 4 pg:1379-1400.

Sangadji, E.M., dan Sopiah. 2013. Prilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai: Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sari, P. M., Santoso, A., & Djunaidi, D. 2020. Pengaruh Citra Perusahaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Tm Group Travel. RISK: Jurnal Riset Bisnis dan Ekonomi, 1(2), 21-34.

Setyaningrum, F., & Wati, N. J. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Ulang (Studi Pada Pelanggan Sarijan Coffee Malang). JAMSWAP, Jurnal Akuntansi dan Manajemen, Vol 4, no. 4, pp. 17-25.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Wardhani, M. K., Sudarwati, & DPW, I. A. 2021. Keputusan Pembelian Ulang Ditinjau Dari Citra Merek, Media Iklan, Dan Brand Trust Pada Produk Imboost Di Surakarta. Jurnal Ilmiah Edunomika, Vol. 05, No. 01.

Wibawa, T. 2020. Pengaruh Promosi, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Belanja Online Shopee. Doctoral dissertation. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Winata, E. 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Ulang Pulsa pada Kartu Simpati Telkomsel (Studi kasus pada mahasiswa STIM Sukma Medan). Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, Vol:8 Pg:25-32.

Downloads

Published

2022-08-15

Issue

Section

Articles