PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DALAM PEMBELIAN PRODUK FURNITURE KAYU JATI BALI RAHAYU (STUDI PENELITIAN UD BALI RAHAYU BADUNG)
Keywords:
Citra merek, Kualitas produk, Kepuasan konsumen, Loyalitas pelangganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek, kualitas produk dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas pelanggan dalam pembelian produk furniture kayu jati Bali Rahayu pada UD Bali Rahayu. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 96 responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Linier Berganda, Koefisien Determinasi (R2), uji F (uji signifikan simultan), uji t (uji signifikan parsial). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dalam pembelian produk furniture kayu jati dari Bali Rahayu, peningkatan citra merek akan diikuti dengan peningkatan loyalitas pelanggan. (2) Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dalam pembelian produk furniture kayu jati dari Bali Rahayu, peningkatan kualitas produk akan diikuti dengan peningkatan loyalitas pelanggan. (3) Kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dalam pembelian produk furniture kayu jati dari Bali Rahayu, peningkatan kepuasan pelanggan akan diikuti dengan peningkatan loyalitas pelanggan. (4) variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap variabel terikat loyalitas pelanggan (Y) dalam pembelian produk furniture kayu jati Bali Rahayu , adalahh variabel bebas kepuasan konsumen (X3).
References
Fatimah, Annur, et al. 2017. Celebrity Endorser, Brand Image dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah. Vol. 3, No. 01
Firanazulah, Vinny Dwi Rahim Safavi, Anggi Nadia Jeni Saputri, Ajat Sudrajat. 2021. Citra merek dan kualitas produk terhadap loyalitas konsumen. Jurnal Akuntabel. Vol. 18, No. 1, 2021, pp. 1-9. pISSN: 0216-7743, eISSN: 2528-1135
Firdaus, Ganda. 2018. Pengaruh Promosi dan Brand Image (Citra Produk) Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Pengguna Kartu Perdana Simpati Di Kecamatan Sambutan Kota Samarinda. Ekonomia. Vol 7, No 2 (2018)
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Semarang: BPFE - Universitas Diponegoro
Haris, Dani dan Welsa, Henny. 2018. Kualitas Dan Desain Produk Dalam Meningkatkan Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Baju Dagadu Yogyakarta). Upajiwa Dewantara, Vol. 2, No. 2, Desember 2018
Herawati, Nunuk dan Murni Sulistyowati. 2020. Strategi Meningkatkan Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Melalui Citra Merek, Kualitas Produk Dan Promosi Pada Pelanggan Smarthphone Samsung. ProBank: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan. Vol. 5, No. 2, p. 214-226, ISSN: 2579-5597 (online)
Irnandha, Aris. 2016. Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan yang Dimediasi oleh Kepuasan Pelanggan Jasa Pengiriman Jalur Darat. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Manajemen. Universitas Negeri Yogyakarta
Jayanti, Elda. 2018. Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Pelanggan Pada Produk Kecantikan Merek Make Over Di Kota Pekanbaru. JOM FEB, Vol. 1, Edisi 1 (Januari – Juni 2018), pp. 1-15
Koampa, Sari Heny., Willem J.F.A. Tumbuan, dan Fitty Valdi Arie. 2017. Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Ajb Bumiputera 1912 Di Manado Cabang Sam Ratulangi. Jurnal EMBA. Vol.5, No.3, September 2017, Hal. 3622-3631
Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane. 2016. Marketing Management, 15th Global Edition. London: Pearson Education, Inc.
Masruchin, Charis., dan Marlien. 2018. Analisis Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Nissan Di Kota Semarang Tahun 2017). Prosiding SENDI_U 2018. ISBN: 978-979-3649-99-3
Noor, Muhammad. 2018. Pengaruh Iklan, Citra Merek Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Produk “Rexona” di Banjarmasin. JTAM Jurusan Manajemen FEB ULM: JIMI, Jurnal Ilmu Manajemen Indonesia. Vol. 1, No. 2, Juni 2018, Hal: 167-177
Priansa, Donni Juni. 2017. Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Afabeta
Rahmaddial, Andre. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Konsumen Pada Depot Air Isi Ulang Air Minum Qualitas Pekanbaru. Skripsi. Pekanbaru: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Rohmat, Bangkit. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Layanan Provider (Studi Kasus Pada Pengguna Layanan Indosat Ooredoo Di Kota Magelang). Skripsi. Magelang: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah
Rosnaida. 2017. Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Kecap Indofood (Studi Kasus Pada Ibu – Ibu Rumah Tangga Desa Bunut Seberang Kec. Pulo Bandring). Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan. Vol. 2, N0. 3, Juli-Desember 2017
Sapitri, Eka., Sampurno dan Iha Hayani. 2020. Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pelanggan Minyak Telon Cussons Baby di DKI Jakarta). Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, Vol. 4, No. 2, Desember 2020: 231 – 240, ISSN: 2580-3220, E-ISSN: 2580-4588
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RdanD. Bandung: Alfabeta, CV
Sujono, Hendro. 2017. Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Merek Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Uber Taksi di DKI Jakarta. Tugas Akhir Program Magister (TAPM). Jakarta: Program Pascasarkana Universitas Terbuka
Sukmawati, Dyah., Susi Widjajani, dan Budiyanto. 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan, Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Pada Konsumen Citra Hand And Body Lotion Di Kecamatan Klirong). Jurnal Volatilitas. Purworejo: Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah. Vol. 2, No. 5, (2020)
Tjiptono, Fandy. 2016. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi
Ubaidah, Siti. 2016. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Wardah terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan di Kota Jember. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Jember.