PENGARUH CITRA MEREK, KERAGAMAN PRODUK, DAN SUASANA TOKO TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI TOKO WBF (WORLD BRAND FACTORY) KUTA

Authors

  • Ni Ketut Bejiani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Nita Anggraini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Pande Ketut Ribek Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

citra merek, keragaman produk, suasana toko, loyalitas pelanggan

Abstract

Loyalitas tercipta berdasarkan pengalaman konsumen dalam membeli dan menggunakan suatu produk, faktor-faktor yang mempengaruhi timbulnya loyalitas pelanggan sehingga dapat melakukan strategi yang tepat demi kelangsungan hidup perusahaan. citra merek, keragaman produk, dan suasana toko. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh citra merek, keragama produk, dan suasana took. terhadap Penelitian ini dilakukan di Toko WBF (World Brand Factory) Kuta yang beralamat di Jalan By Pass Ngurah Rai No 11 H. WBF. objek penelitian adalah pengaruh citra merek, karagaman produk dan suasana toko terhadap loyalitas pelanggan di toko WBF (Worls Brand Factory) Kuta. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang telah datang             berbelanja ke Toko WBF (Worl Brand Factory) Kuta minimal 2 kali.  Teknik penganbilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, metode ini menggunakan metode non probabilitik sampling dengan rumus jumlah total item indikator kali enam. Jadi jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 102 responen. Teknik analisis data yang digunakan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini citra merek berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan di Toko World Brand Factory (WBF) Kuta.keragaman produk berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan ti toko WBF. Suasana toko berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan di toko WBF

References

Andjarwati, Anik Lestari & Eka Chusniartiningsih. 2018. Pengaruh Citra merek dan Citra Merek terhadap Loyaltas Pelanggan Teh Pucuk Harum Wilayah Surabaya Utara. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, Vol 5, No 2, pp. 189-202.

Eny, Lusi Anggri. 2019. Analisis Pengaruh Citra, Pelayanan Jasa dan Keragaman Produk terhadap Loyalitas Nasabah Menurut Perspektif Islam. Jurnal Ikonomika. Program Studi Perbankan Syariah. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Griffin, Jill. 2003. Customer Loyalty; Menumbuhakan dan Memertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Erlangga

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Mulivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Haque,S.M. Shariful, dkk. 2018. The Impact of Brand Awareness on Customer Loyalty towards Igloo Ice Cream: A Study on Dhaka University Students. Zenodo Journal, Vol 2, No 1, pp. 1-21.

Izzudin, Muhammad dkk. 2017. Pengaruh Experiental Marketing dan Store Atmosphere terhadap Loyalitas Pelanggan (studi pada Pelanggan Equal Cafe Dau Malang). Jurnal Ilmiah Rset Manajemen: Vol.08 No.05.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2015. Manajemen Pemasaran. Diterjemahkan oleh Bob Sabran M.M. Edisi Ketiga Belas. Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip., Keller, Kevin Lane. 2013. Manajemen Pemasaran. Jilid Kedua. Jakarta: Erlangga. Kotler, Philip & Gary Amstrong. 2011. Principle Of Marketing. New Jersey: Prentice Hall.

Krisjayanti, Monika & Agus. 2018. Pengaruh Suasana Toko dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada Pelanggan ICOS Cafe): Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Vol.7 No.3.

Kurniawan, Bayu Yuapy. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan Dan Keragaman Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Konveksi Fifa Sport Kota Kediri. Jurnal Ilmiah. Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara Persatuan Guru Republik Indonesia.

Lestari, Devi Ayu. 2016. Pengaruh Keragaman produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Indomaret di Wilayah Kecaman Puger Kabupaten jember. Jurnal Ilmiah. Fakultas Ekonomi Muhammadiyah Jember.

Maghfira, Ella Putri & Farid. 2016. Pengaruh Self Congruity Terhadap Niat Perilaku Dengan Expereiental Value Sebagai Variabel Mediasi Pada Wisatawan Destinasi Wisata Kota Banda Aceh. Jurnal Imiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen. Vol.1 No.1. pp 37-56.

Nurmillatina, Tara. 2018. Pengaruh Lokasi, Kualitas Pelayanan, dan Suasana Toko Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Infinito Culinary Bandung. Artikel Ilmiah. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pasundan Bandung.

Permana, M Yayan Wahyu. 2017. Pengaruh Keragaman Produk, Kualitas Pelayanan, dan Lokasi terhadap Loyalitas Pelanggan Berkah Mandiri Swalayan Mojo Kediri. Artikel Ilmiah. Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Radiyanto, Reddy. 2015. Pengaruh Store Atmosphere dan Keragaman Produk terhadap Loyalitas Pelanggan Hayo Jaya Skripsi. Artikel Ilmiah. Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama Bandung.

Rangkuti, Freddy. 2011. Pengaruh Brand Image (Citra Merek) Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Oli Pelumas Evalube di Kota Langsa. Artikel Ilmiah Fakultas Ekonomi, Universitas Samudra

Rohmawati, Zunita. 2018. Pengaruh Kualitas, Harga, dan Keragaman Produk terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Riset Entrepreneurship. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Gresik.

Solomon. 2014. Pengaruh Kesesuaian Gaya Hidup, Pengalaman Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Moderasi Religiusitas Pada Internet Banking Bank Bri Syariah Di Wilayah Gerbangkertasusila. Artikel STIE Perbanas Surabaya

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tsaliitsa R, Ferdiana. 2020. Pengaruh Citra merek dan Asosiasi Merek Terhadap Loyalitas Nasabah Menggunakan Produk Perbankan Syariah (Studi Pada BRI Syariah Kantor Cabang Malang). Artikel Ilmiah. Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Wardhani, Hanura Kusuma. 2016. Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Suasana Toko (Store Atmosphere) dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Papa Ron’s Pizza Semarang). Jurnal Imiah. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.

Zahroh, Fatimatuz. 2019. Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, dan Store Atmosphere terhadap Loyalitas Pelanggan Noer Raya Lapis Kukus Pahlawan GKB Gresik. Artikel Ilmiah. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univesitas Muhammadiyah Gresik.

Downloads

Published

2022-08-15

Issue

Section

Articles