Pengaruh Citra Merek, Variasi Produk, dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah di Kota Denpasar

Authors

  • Ni Komang Ratih Yulianita Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Nengah Suardhika Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gede Rihayana Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Citra Merek, Variasi Produk, Electronic Word of Mouth, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh citra merek, variasi produk, dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Wardah di Kota Denpasar. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh konsumen yang membeli produk kosmetik Wardah di Kota Denpasar yang berjumlah 96 orang.  Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode non-probability sampling secara purposive sampling. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan software SPSS. Hasil pengujian menunjukkan bahwa 1) citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Wardah di Kota Denpasar; 2) variasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Wardah di Kota Denpasar; dan 3) electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Wardah di Kota Denpasar.

References

Ah’sani, A. F., & Purnomo, H. 2022. Pengaruh Citra Merek, Fitur, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Smartphone Xiaomi) di Kabupaten Lamongan. Jurnal Kajian Ilmu Manajemen (JKIM), 2(2).

Akbar, M. J. C. 2018. Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Restoran Sushi Tei Kelapa Gading). Doctoral dissertation. Universitas Brawijaya.

Alverina, D., & Syarif, R. 2023. Pengaruh Citra Merek, Gaya Hidup, dan Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian pada Brand Sancraft di Jakarta. Ikraith-Ekonomika, 6(2), 113-112.

Andriani, A. 2023. Pengaruh Variasi Produk, Korean Wave, dan Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Merchandise K-POP NCT pada Twitter di DKI Jakarta. Doctoral Dissertation. Universitas Nasional.

Anggraini, Y. K. 2022. Pengaruh Harga, Promosi, dan Variasi Produk terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Shopee (Konsumen Desa Tanjungan Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik). Doctoral Dissertation. Universitas PGRI Buana Surabaya.

Ardana, Y. A., & Rastini, N. M. 2018. Peran Citra Merek Memediasi Pengaruh E-Wom Terhadap Minat Beli Smartphone Samsung di Kota Denpasar. Doctoral dissertation. Udayana University.

Azizah, N. 2022. Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal, Komposisi Produk Halal, Electronic Word of Mouth (E-Wom), Citra Merek, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Topokki Mujigae. Doctoral Dissertation. STIE Indonesia Banking School.

Eliyana, R. R. 2021. Pengaruh Citra Merk (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ms Glow Pada Klinik Ms Glow Cabang Tanggerang. Jurnal Manajemen Bisnis Unbara. 2(2), 163-172.

Febrinaz,. 2018. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Asus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin. Perspektif Ekonomi Islam.

Gultom, V. B. 2022. Pengaruh Variasi Produk, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Sari Roti pada Mahasiswa Mikroskil Program Studi Manajemen Fakultas Bisnis Universitas Mikroskil. Doctoral Dissertation. Universitas Mikroskil.

Irwansyah, R., Listya, K., Setiorini, A., Hanika, I. M., Hasan, M., Utomo, K. P., Bairizki, A., Lestari, A. S., Rahayu, D. W. S., Butarbutar, M., Nupus, H., Hasbi, I., Elvera, & Triwardhani, D. 2021. Perilaku Konsumen. In Widina.

Ismagilova, E. 2021. A Meta-Analysis of The Factors Affecting eWOM Providing Behaviour. European Journal of Marketing. 55(4), 1067– 1102

Kasakeyan, R. F., Tawas, H. N., & Poluan, J. G. 2021. Pengaruh Electronic Word of Mouth, Kualitas Produk dan Experiential Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Street Boba Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(4), 1208-1217.

Kotler dan Keller. 2019. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13 Jakarta: Erlangga.

Kuengo, F. A., Taan, H., & Radji, D. L. 2022. Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Honda Brio Pada Nengga Mobilindo Kota Gorontalo. JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 5(1), 54-65.

Liyono, A. 2022. Pengaruh Brand Image, Electronic Word of Mouth (E-Wom) Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Air Minum Galon Crystalline Pada Pt. Pancaran Kasih Abadi. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 3(1), 73-91.

Meutia, K. I., Hadita, H., & Widjarnarko, W. 2021. Dampak Brand Image dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Miniso. Journal of Technopreneurship on Economics and Business Review. 2(2), 75–87. https://doi.org/10.37195/jtebr.v2i2.68

Pawarti, G., Ngatno, N., & Hadi, S. P. 2022. Pengaruh Variasi Produk Terhadap Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Konsumen Supermaket Toko Pomo, Boyolali). Doctoral Dissertation. Faculty of Social and Political Science.

Prasetyo, B. P. W. 2020. Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Online pada Platform Shopee Dimoderasi oleh Price Discount: Studi pada konsumen Shopee. Doctoral Dissertation. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Pratiwi, F. P. 2018. Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Ultra Teh Kotak (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEB Universitas Pasundan Bandung). Doctoral Dissertation. Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

Putri, T. A., Marwan, M., & Rahmidani, R. 2019. Pengaruh Brand Image dan Perceived Quality terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik La Tulipe di kota Padang. Jurnal Ecogen. 1(4), 734-743.

Regindratama, A. 2023. Pengaruh Variasi Produk dan Display Layout terhadap Keputusan Pembelian Melalui Word of Mouth Sebagai Variabel Mediasi di Toko SRC Jumasri Talang Kawo Merangin Jambi. Oikos: Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Ekonomi. 7(1).

Safitri, D. 2022. Pengaruh Keragaman Produk, Suasana Coffee Shop, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Konsumen Pukul Satu Kopi Rawamangun). Doctoral Dissertation. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.

Santi, A., & Mardah, S. 2021. Pengaruh Kepercayaan dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Jasa Goride (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin). JIEB: Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis. 2(2), 224- 231.

Sitanggang, N. E. 2019. Pengaruh Electronic Word of Mouth (e-WOM) pada Instagram Terhadap Keputusan Pembelian di Geprek Bensu Medan. Doctoral Dissertation. Universitas Sumatera Utara.

Widyanto, I., & Albetris, A. 2021. Pengaruh Citra Merek, Harga, Promosi dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Bedak Padat Wardah Pada PT Pargon Tecnology and Inovation (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi STIE Graha Karya Muara Bulian). J-Mas (Jurnal Manajemen Dan Sains). 6(1), 138-145.

Wowor, C. A., Lumanauw, B., & Ogi, I. W. 2021. Pengaruh Citra Merek, Harga dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Janji Jiwa di Kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi. 9(3), 1058-1068.

Downloads

Published

2024-06-25

How to Cite

Ni Komang Ratih Yulianita, I Nengah Suardhika, & I Gede Rihayana. (2024). Pengaruh Citra Merek, Variasi Produk, dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah di Kota Denpasar. EMAS, 5(6), 97–109. Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/9448

Issue

Section

Articles