PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ORIFLAME DI KOTA DENPASAR MELALUI MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Authors

  • Ni Nyoman Ayu Widyawati Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ayu Imbayani Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Surya Prayoga Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Electronic word of mouth, keputusan pembelian, dan minat beli

Abstract

Perkembangan era digital yang semakin berkembang pesat, keputusan pembelian konsumen tidak lagi hanya dipengaruhi oleh iklan tradisional atau rekomendasi dari teman atau keluarga. Minat beli telah menjadi faktor kunci yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, terutama dalam konteks pembelian online. Faktor yang lainnya seperti electronic word of mouth, yang mencakup ulasan online, rekomendasi media sosial, dan testimoni konsumen, telah menjadi salah satu sumber informasi utama yang diandalkan oleh konsumen saat melakukan riset sebelum membeli produk atau layanan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian profuk oriflame di Kota Denpasar, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh electronic word of mouth terhadap minat beli produk oriflame di Kota Denpasar,  untuk mengetahui pengaruh minat beli terhadap keputusan pembelin produk oriflame di Kota Denpasar dan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth terhadap keputsan pembelian produk oriflame di Kota Denpasar melalui minat beli sebagai variabel mediasi. Populasi  pada penelitian ini yaitu seluruh konsumen Oriflame di Kota Denpasar yang tidak diketahui pasti jumlahnya. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik nonprobability sampling. Jumlah sampel yang diambil adalah sebanyak 110 orang. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, dan analisis inferensial.

Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen Oriflame di Kota Denpasar. 2) Electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen Oriflame Di Kota Denpasar. 3) Minat beli berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen Oriflame Di Kota Denpasar. 4) Electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui minat beli konsumen Oriflame Di Kota Denpasar.

References

Aditria, D., Digdowiseiso, K. & Nurwulandari, A., (2023). Pengaruh Brand Image, E-wom dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Mediasi di Hits Burger Antasari Jakarta Selatan. Technomedia Journal, 8(1SP), pp.30-45.

Akbar, M.J.C., (2018). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Restoran Sushi Tei Kelapa Gading). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)| Vol, 60(3).

Anggrayeni, D. and Ramaditya, M., (2020). Pengaruh EWOM, Kepercayaan Online, dan Kenyamanan Pembelian terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen STEI, 3(02), pp.60-71.

Anjarwati, M.L. & Widiartanto, W., (2022). Pengaruh Country Of Origin dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli (Studi Pada Konsumen Sheet Mask Innisfree di FISIP Universitas Diponegoro). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(3), pp.1319-1328.

Ardhiansyah, A.N. & Marlena, N.,(2021). Pengaruh social media marketing dan e-wom terhadap minat beli produk geoffmax. AKUNTABEL, 18(3), pp.379-391.

Badri, J. & Safitri, T.S.R., (2021). Pengaruh brand ambassador, minat beli dan testimoni terhadap keputusan pembelian online di instagram pada mahasiswa di kota Padang. Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(4), pp.372-380.

Elvina, N. & Sarah, S., (2021). Pengaruh Harga Dan Electronic Word Of Mouth (Ewom) Terhadap Minat Beli Emina Kosmetik. Jurnal Indonesia Membangun, 20(1), pp.84-98.

Febiyanti, L. & Aqmala, D., (2022). Pengaruh E-Wom, Brand Image, Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Grab Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen dan Dinamika Bisnis (JMDB), 1(1), pp.28-39.

Gannon, A. (2023). Rural tourism as a factor in rural community economic development for economies in transition. Journal of sustainable tourism, 2(1-2), 51-60.

Gaol, A.H.L., Kumar, H. & Sibarani, H.J., (2021). Pengaruh Minat Beli, Karakteristik Produk Dan Penilaian Konsumen Terhadap Pembelian Produk Selama Pandemi Covid-19 Pada Pengguna Aplikasi Online di Kota Medan. Jurnal AKMAMI (Akuntansi Manajemen Ekonomi), 2(2), pp.350-356.

Ghozali, Imam. (2019). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hanaysha, J.R., (2022). Impact of social media marketing features on consumer's purchase decision in the fast-food industry: Brand trust as a mediator. International Journal of Information Management Data Insights, 2(2), p.100102.

Hanifati, L. & Salehudin, I., (2021). The effect of perceived product quality, brand personality, and loyalty on brand switching intention of technological products. The South East Asian Journal of Management, 15(2), pp.169-187.

Imbayani, I, G, A & Gama, A. W. S., (2018). The Influence of Electronic Word of Mouth (E-Wom), Brand Image, Product Knowledge on Purchase Intention. Jurnal Ekonomi & Bisnis Jagaditha, 5(2), pp.145-153.

Kedaton, M.S., Purwanto, H. & Sidanti, H., (2022), October. Pengaruh Promosi Flash Sale Dan E-Wom Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada Pengguna Aplikasi Shopee (Studi Pada Masyarakat Pengguna Aplikasi Shopee di Kota Madiun). In SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi(Vol. 4).

Luthfiyatillah, L., Millatina, A.N., Mujahidah, S.H. & Herianingrum, S., (2020). Efektifitas media instagram dan e-wom (electronic word of mouth) terhadap minat beli serta keputusan pembelian. Jurnal Penelitian IPTEKS, 5(1), pp.101-115.

Malichah, S. & Wiwoho, G., (2021). Pengaruh Celebrity Endorser, Electronic Word of Mouth (EWOM) dan Brand Image terhadap Purchase Decision dengan Minat Beli sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (JIMMBA), 3(6), pp.1139-1156.

Oriflame, (2020)

Prastuti, D.I. & Karyanti, Y., (2020). Pengaruh electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian tiket kereta api daring. Faktor Exacta, 13(3).

Prastyo, N.A., Suharto, A. & Tyas, W.M., (2018). Pengaruh e-Wom (Electronic Word Of Mouth) dan harga terhadap minat beli pada online shop. Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember.

Prihatini dan Rifatul. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Jempper, 1(2), 196–206

Rupayana, I.K., Suartina, I.W. & Mashyuni, I.A., (2021). Pengaruh kualitas produk, impulse buying dan electronic word of mouth (ewom) terhadap keputusan pembelian pada produk smartphone merek OPPO di kota Denpasar. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata, 1(1), pp.233-247.

Sholihin, R.I., (2021). Pengaruh Pemasaran Media Sosial, Kesadaran Merek, Electronic Word Of Mouth, Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Eboni Watch.

Sriyanto, A., (2018). Pengaruh Brand Ambassador, Minat Beli, dan Testimoni terhadap Keputusan Pembelian. Financial Marketing Operational Human Resources, 1(02).

Suryani, T., (2019). Perilaku Konsumen: Implikasi pada Strategi Pemasaran, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Wijaksono, W., Santoso, A. & Pristi, E.D., (2022). Analisis Pengaruh Keragaman Produk, Gaya Hidup dan Ewom terhadap Minat Beli Konsumen pada Kedai Gusti Ponorogo. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 5(2), pp.63-75.

Downloads

Published

2024-12-17

Issue

Section

Articles