PENGARUH ELECTRONIC MARKETING, ELECTRONIC WORD OF MOUTH, DAN ELECTRONIC TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELI PADA APLIKASI INSTAGRAM BISNIS DI KOTA DENPASAR
DOI:
https://doi.org/10.36733/emas.v6i11.13003Keywords:
electronic marketing, electronic word of mouth, electronic trust, keputusan pembeli, instagramAbstract
Keputusan pembelian konsumen merupakan bagian dari perilaku konsumen yaitu studi tentang bagaimana individu, kelompok, dan organisasi memilih, membeli, menggunakan, dan bagaimana barang, jasa, ide atau pengalaman untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan mereka. Sehingga membentuk sikap pada konsumen untuk mengolah segala informasi dan mengambil kesimpulan berupa respons yang muncul produk apa yang akan dibeli. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis electronic marketing, electronic word of mouth, dan electronic trust terhadap keputusan pembeli pada aplikasi Instagram bisnis di kota Denpasar. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 108 orang yang ditentukan berdasarkan metode Snowball Sampling. Metode analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa electronic marketing tidak berpengaruh terhadap keputusan pembeli pada aplikasi Instagram bisnis di kota Denpasar. Sedangkan electronic word of mouth, dan electronic trust berpengaruh positif terhadap keputusan pembeli pada aplikasi Instagram bisnis di kota Denpasar. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan pengguna Instagram Bisnis untuk berbelanja.
References
Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211.
Arif, M. (2021, Agustus). Pengaruh social media marketing, electronic word of mouth (EWOM) dan lifestyle terhadap keputusan pembelian online. Dalam Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial dan Humaniora (Vol. 1, No. 1, hlm. 111–122).
Basor, M. A. (2021). Pengaruh e-trust dan online consumer review terhadap keputusan pembelian (Studi pada konsumen Tokopedia di Jombang) (Tesis doktoral tidak diterbitkan). STIE PGRI Dewantara Jombang.
Hidayah, F. N., & Faridatussalam, S. R. (2023). Pengaruh ketimpangan pendapatan dan teknologi terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia tahun 2018-2022. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 9253–9263.
Irawan, I. C. (2020). Analisis e-marketing terhadap keputusan pembelian konsumen secara online. Journal of Business and Banking, 9(2), 247–260.
Juliana, D. (2021). Pengaruh digital marketing, service quality dan e-trust terhadap keputusan pembelian menggunakan layanan Go-Food (Studi empiris pada konsumen pengguna Go-food di Kota Magelang) (Tesis doktoral tidak diterbitkan). Universitas Muhammadiyah Magelang.
Nst, V. F. H. (2023). Pengaruh e-wom terhadap keputusan pembelian dengan dimediasi citra merek dan kepercayaan merek pada Indomaret Cabang Mandala By Pass. Jurnal Ilmiah METADATA, 5(2), 350–372.
Nuvriasari, A. (2023). Pengaruh e-marketing, kepercayaan konsumen dan ewom terhadap keputusan pembelian online produk fashion di marketplace Shopee di Yogyakarta. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 17(2), 163–180.
Pratiwi, A., Abidin, Z., & Ema, E. (2021). Fitur Instagram Shopping dan pengaruhnya terhadap minat beli. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3422–3436.
Rulyagustin, A., & Prastiwi, S. K. (2023). Pengaruh online customer review, online customer rating, dan e-trust terhadap keputusan pembelian di e-commerce Sociolla pada generasi Z di Solo Raya (Tesis doktoral tidak diterbitkan). UIN Surakarta.
Sanakri, K., & Nengsih, M. K. (2023). The effect of electronic word of mouth on Instagram social media on purchasing decisions (Case study on Second Snoop Bengkulu customers). Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Keuangan, 4(3), 425–438.
Setyowati, D., & Suryoko, S. (2020). Pengaruh e-service quality terhadap keputusan pembelian melalui e-trust sebagai variabel mediasi (Studi pada pengguna situs Bukalapak di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(1), 251–260.
Suaidi, I., Udayana, I. B. N., & Maharani, B. D. (2022, Oktober). Pengaruh persepsi risiko, e-trust dan e-service quality terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Shopee saat terjadi pandemi COVID-19. Dalam FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi (Vol. 24, No. 4, hlm. 787–797).
Syaharani, A., Gufron, M., Nurhikmah, S. S., Matahari, T. P., & Nisa, P. K. (2024). Peran Instagram dalam kampanye presiden Indonesia tahun 2024. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Sosial Politik, 1(4), 597–604.
Widnyana, I. W., & Jayantini, N. K. T. (2024, Desember). Meningkatkan penjualan melalui promosi media sosial dan tata pengelolaan stok barang pada UMKM Payuk Sari Gerabah Bali. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SENEMA) (Vol. 3, No. 2, hlm. 629–634).
Widnyana, I. W., & Trianti, N. N. (2023, November). Strategi peningkatan penjualan produk dan minat konsumen melalui digital marketing di Toko Hitria Project. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SENEMA) (Vol. 2, No. 2, hlm. 753–760).
Widodo, T., Irfan, M., & Budiyanto, F. (2022). Pengaruh harga, kualitas produk dan e-marketing terhadap keputusan pembelian di Warung Indomie Bakso 99 Mojokerto. EMAS, 5(2), 68–80.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 EMAS

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


