PENGARUH DIGITAL MARKETING, ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HONDA DI CV ASIA MOTOR PADA MASA PANDEMI COVID-19
Keywords:
Digital Marketing, Electronic Word of Mouth, Promosi, Keputusan PembelianAbstract
Tingkat keuntungan dapat dipertahankan apabila perusahaan dapat mempertahankan dan meningkatkan penjualannya, salah satunya melalui usaha mencari dan membina para pelanggan. Selama pandemi Covid-19 sebagian besar masyarakat memfokuskan pendapatannya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari atau kebutuhan primer. Hal tersebut tentunya mempengaruhi daya beli masyrakat dalam memenuhi kebutuhan sekunder termasuk keputusan untuk pembelian sepeda motor. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memperoleh bukti empiris pengaruh digital marketing, electronic word of mouth dan promosi terhadap keputusan pembelian honda di CV. Asia Motor pada masa pandemi Covid-19.
Populasi penelitian adalah seluruh pelanggan CV. Asia Motor tahun 2021 yang berjumlah 365 orang pelanggan. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 78 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian,electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
References
Aditi, Bunga, dan Hermansyur, H. M. 2018. Pengaruh Atribut Produk, Kualitas Produk dan Promosi, Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Honda Di Kota Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis. Vol. 19, No.1, PP. 64-72
Alnando, T., & Hutapea, J. Y. (2021).Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung (Studi Kasus Pada Desa Pabuaran).Jurnal Ekonomis, 14(1), 76–88.
Anwar, K. (2021). Pengaruh Digital Marketing dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian
Anwari, A. S., Santoso, B., & Puspitadewi, I. (2022).Analisis Pengaruh Digital Marketing dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian pada Mie Galak Bondowoso. Baswara: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 1(2), 130-136
Badan Pusat Statsitik. (2020). Laporan Perekonomian Indonesia. Di akses dari http://www.bps.go.id.[ 27 September 2020 ].
Bataineh, Abdallah Q. 2015. The Impact Of Perceived Ewom On Purchase Intention: The Mediating Role Of Corporate Image. International Journal of Marketing Studies Vol.7, No.1, 2015.
Chaffey, D., & Chadwick, E. (2016).Digital Marketing,Sixth Edition. United Kingdom: Pearson Education Limited
Dahiya R (2013). A research paper on digital marketing communication and consumer buying decision process: An empirical study in the indian passenger car market. Journal of Global Marketing 31(2), 73–95
Dave Chaffey, F. E. (2016). Digital Marketing (Strategy, Implementation and Practice).(Vol. 6). Jakarta: December 6.
Dewi, A. S., Inayati, T., & Efendi, M. J. (2022). Pengaruh Digital Marketing, Electronic Word of Mouth, dan Lifestyle terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee Indonesia. Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Terapan, 1(III), 202-209..
Fernando, S., & Simbolon, R. (2022). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Unilever. Jurnal Ekonomis, 15(1c).
Goyette, I, Richard, L, Bergeron, J & Marticotte, F (2012).e-WOM scale word-of-mouth measurement scale. For E-services content, Canadian Journal of Administrative Scienes, 27(1), 5-23.
Hermawan. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Hutagalung, Y. M., & Waluyo, H. D. 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian
Imbayani, I. G. A., & Gama, A. W. S. (2018). The Influence of Electronic Word of Mouth (E-Wom), Brand Image, Product Knowledge on Purchase Intention. Jurnal Ekonomi & Bisnis JAGADITHA, 5(2), 145-153.
Iwan, Upbatam, dan Saputra, Asron. 2020. Pengaruh Citra Merek dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Indocafe Pada PT. Prima Bintang Distribusindo.Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis. Vol. 8, No.2, pp. 17-24.
Jalilvand,& Samiei. 2012. The Effect of Electronic Word of Mouth on Brand Image and Purchase Intention, an Empirical Study in The Automobile Industry in Iran. Journals of Marketing Inteligence and Planning.30(4).
Kosasih, M. P. P. (2016). Keandalan, daya tanggap dan empati pengaruhnya terhadap keputusan pembelian di princess cosmetic. Journal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 1(2).
Kotler, P. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Alih Bahasa: A.B. Susanto. Jilid 1 dan 2. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012).Marketing Management (14th ed.).United States of America: Pearson
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc
Megandaru, A. G., & Oktafani, F. (2019). Pengaruh Social Media Marketing, Experiential Marketing, Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Merchandise Band Burgerkill. eProceedings of Management, 6(2).
Pebrianti, W., Arweni, A., & Awal, M. (2020).Digital Marketing, E-Wom, Brand Awareness Dan Keputusan Pembelian Kopi Milenial. Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial, 11(1), 48-56.
Permana, Dony Indra. 2017. Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lantai Kayu Dan Pintu Pt.Piji Di Jawa Timur. Jurnal Performa. Vol. 2. No.1, PP. 116-123
Prasetio, B. and Rismawati, Y. (2018) ‘Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Harjagunatama Lestari (Toserba Borma) Cabang Dakota’, Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, &Akuntansi (MEA), 2(2), pp. 57–65. doi: 10.31955/jimea.vol2.iss2.pp57-65
Santra, I. K. (2021). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Drand Image Terhadap Purchase Decision (Studi Pada Salah Satu Hotel Bintang 5 di Bali). Jurnal Eksis, 17(1).
Sangadji, E. M., & Sopiah, S. (2013). Perilaku Konsumen. Andi Offset.
Saputra, G. W., & Ardani, I. G. A. K. S. (2020).Pengaruh digital marketing, word of mouth, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(7), 2596.
Sari, N., Saputra, M., & Husein, J. (2017).Pengaruh electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian pada toko online Bukalapak.com. Jurnal Manajemen Magister Darmajaya, 3(01), 96-106.
Sánchez-Franco, M. J., Peral-Peral, B., & Villarejo-Ramos, Á. F. (2014).Users’ intrinsic and extrinsic drivers to use a web-based educational environment-81–97.
Sri Wdyanti Hastuti, M. A., & Anasrulloh, M. (2020). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Ecobuss, 8(2), 99–102