PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING, PERSEPSI HARGA DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU PADA GOLDENSHOES DENPASAR

Authors

  • I Putu Apriana Wahyu Setiawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ayu Imbayani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Surya Prayoga Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

keputusan pembelian, social media marketing, persepsi harga, word of mouth

Abstract

Pada  era  globalisasi seperti saat ini, banyak perubahan dan kemajuan di dalam dunia bisnis modern dan perkembangan teknologi. Keputusan pembelian konsumen sangat unik karena preferensi setiap orang terhadap suatu produk berbeda-beda, untuk itu perusahaan harus lebih jeli dalam menerapkan strategi-strategi pemasarandalam penjualan produknya agar dapat memenangkan persaingan dan mampu menundukan pesaing-pesaingnya di masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh social media marketing,  persepsi harga dan word of mouth terhadap keputusan pembelian sepatu pada GoldenShoes Denpasar. Populsi penelitian ini adalah konsumen pada GoldenShoes Denpasar. Sampel dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 75 responden yang ditentukan dalam metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan didalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial social media marketing, persepsi harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepatu pada GoldenShoes Denpasar, namun pada word of mouth tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sepatu pada GoldenShoes Denpasar. Penelitian ini masih perlu mengembangkan lebih lanjut variabelpenelitian. Diharapkan peneliti berikutnya mampu mengembangkan dan menguji pengaruh variabel lain, seperti promosi penjualan dan kualitas pelayanan toko terhadap keputusan pembelian.

References

Abdilla, M.,& Husni, E. (2018). Pengaruh Persepsi Harga dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Barbershop X Kota Padang. Jurnal Menara Ekonomi: Penelitian dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi. 4(2).

Adi, D. O. R. K., Fathoni, A., & Hasiholan, L. B. (2018). Pengaruh WOM, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cke Teknik Semarang. Journal of Manajement, 4(4).

Adib Suhel, & Budi, S. (2014). Analisis Pengaruh Harga, Promosi dan Tempat tehadap Keputusan Pembelian Pada PT. Indomaret Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi., (6) 4.

Akram, M., & Sampurno Wibowo, S.E, M. S. (2016). Pengaruh Word of Mouth Melalui Social Media. E-Proceeding of Applied Science, 2(3), 793– 800.

Alma, Buchari 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi revisi. Alfabeta. Bandung.

Anuang, P.W., & Korry, P. D. P. (2020). Pengaruh Adopsi Teknologi dan Social Media Marketing Terhadap Minat Beli serta Danpaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Perusahaan Niluh Djelantik). Tiers Information Technology Journal, 1(1)

Aulia, S., & Hidayat, M. (2019) Pengaruh Green Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Pada Pt. Baruga Asrinusa Development Makasar. Economix, 6(1).

Ayunita, & Muskita, S. M. W. (2021). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Dan ELECTRONIC Word Of Mouth ( E-WOM ) Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Kasus Pada Online Shop Thyy Thyy ) DI KOTA SORONG. Jurnal BADATI Ilmu Sosial & Humaniora, 4(1),42–53.

Azizah, S., & Prasetyo, A. (2019). Pengaruh Penjualan Di Instagram, Lokasi dan Kualitas pelayanan terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Kanz Coffe & Eatery). Almana: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(2), 348-359.

Babin, S & Barry (2014:133). ). Pengaruh Social Media Marketing, Experiential Marketing, Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Merchandise Band Burgerkill.

Batee, M. M. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Kaos Nias Gunungsitoli. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 2(2),313-324.

Cahya, N., & Shihab, M. S. (2018). Pengaruh Persepsi Harga, kualitas Produk, Citra Merek, dan Layanan Purna Jual terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Pelanggan Smartphone Asus. Studi Kasus di PT. Datascrip. Journal of Entrepreneurship, Manajement and Industry (JEMI),1(1),34-46.

Dewi, N. M. P., Imbayani, I. G. A., & Ribek, P. K. (2021). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi E-Word Of Mouth Pada Givanda Store Denpasar. Emas, 2(2).

Dharmamesta B. S dan Handoko T. H. (2012). Manajemen Pemasaran (Analisis Perilaku konsumen). Edisi Pertama. BPFE, Yogyakarta.

Dzulkharnain, E. (2020). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Iqtisha Dequity Jurnal Manajemen, 1(2).

Dye (2015;78). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan Kesembelian, Alfabeth, Bandung.

Fadli, F., Ginting, B., & Andria, F. (2019). Pengaruh Persepsi Harga Produk Sepeda Motor Yamaha Fino Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Manajemen, 4(4).

Fatimah, N. F. S., & Setiawardani, M. (2019). Pengaruh Green Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen The Body Shop Kota Bandung). In Prosiding Industrial Rearch Workshop and National Seminar (Vol. 10, No. 1, pp. 1089-1101).

Febriandi, E., Qomariah, N., & Yohanes, G. W. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan, Harga Dan lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Wisata Waduk Sidodadi Glenmor Banyuwangi. Prosiding Ekonomi Kreatif Di era Digital, 1(1)

Hayden, W. & Hermawan (2012). Analisis Pengaruh Digital Marketing dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian

Howard dan M.R Parks, (2012:21). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Bisnis, Yogyakarta: Graha Ilmu

Kismono, G. 2016. Pengantar Bisnis. Edisi Kedua. BPFE, Yogayakarta.

Kolter, Philip. 2013. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. BPEE.

Kolter, Philip. & Gary Armstrong. 2018. Principles of Marketing. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Pemasaran Jilid 2. Penerbit Erlangga.

Kolter, Philip dan Keller K. L. 2017. Manajemen Pemasaran. Edisi-12, Jilid 2. Jakarta Indeks.

Kurniasari, N. D., & Santoso, S., B. (2013). Analisis Social Media Marketing, Pengaruh Harga dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Kasus Pada Konsumen Waroeng Stik & Shake Cabang Jl. Sriwijaya 11 Semarang) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Kurniawan dan Yuliawa (2021). Pengaruh Word Of Mouth, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Zahra Catering. Skripsi. STIESIA SURABAYA.

Lagauto, J., Supandi, A. S., & Sepang, J (2019). Pengaruh Citra Perusahaan, Persepsi Harga Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian.

Luthfiyatillah, dkk. (2020). Efektifitas Media Instagram Dan E-Wom (Electronic Word Of Mouth) Terhadap Minat Beli Serta Keputusan Pembelian. Skripsi. Universitas Airlangga.

Maharani, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pizza Hut. Iqtishadequity jurnal manajemen, 2(1).

Mardiasih, T. S. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Persepsi Harga dan Kualitas pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Iqtishadequity jurnal manajemen, 2(1).

Maria Magdalena Bate’e (2019;71). Pengaruh electronic word of mouth dan food quality terhadap keputusan pembelian. Jurnal Manajemen Maranatha, 19(1), 73-80.

Matahari Departement Store Mantos. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(1).

Megandaru, S., & Setiawan, B. (2019). Pengaruh Social Media Marketing Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan. Ilmiah Manajemen Kesatuan, 1, 247-256.

Mileva, L., & Fauzi DH, A. (2018). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Surve Online Pada Mahasiswa Sarjana Jurusan Ilmu Adminitrasi Bisnis Angkatan 2014/2015 Fakultas Ilmu Adminitrasi Universitas Brawijaya yang membeli Starbucks Menggunakan Line). Jurnal Adminitrasi Bisnis, 58(1), 181-189.

Nasrullah, Rulli. (2015). Media Social Perspektif Komunikasi, Budaya Dan Sosiotektologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Nugroho, R., S. (2018). Pengaruh Persepsi Harga, Persepsi Kualitas dan Motivasi Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone samsung pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri. Jurnal Simki-Economic, 2(1).

Nuraini, N.,& Hadi, M. (2019). PengaruhSosial Media Marketing dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Panties Pizza Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis, 5(1), 178-181.

Pangastiti, A. R., & Wahyudi, T. A., (2021). Pengaruh Persepsi Kualitas, Citra Merek, Persepsi Harga terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Bisnis Dan Komunikasi, 4(1), 29-37.

Poluakan, W. S., Tewal, B., & Tawas, H. (2017). Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Produk, Promosi Terhadap Keputusan pembeian Sepeda Motor Yamah Vixion ( Studi Pada Konsumen Pengguna Di Amurang). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 5(2).

Purwaningdyah, S. W. S. (2019). Pengaruh electronic word of mouth dan food quality terhadap keputusan pembelian. Jurnal Manajemen Maranatha, 19(1), 73-80.

Robertz, Zahay 2015;226). Marketing Managemen, 11th Edition

Soenawan, G. J., Soeparto, A. W. H., & Soetedja, V.(2015). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Tiket pengunjung Honda Dbl Surabaya. Peforma, 3(5), 615-628.

Sari, H. P. (2016). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga, dan Fitur Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Konsumen Smartphone Xiomi di DIY). Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia (JMBI),5(3), 222-237.

Saputra, G. W., & Ardani, I. G. A. K. S. (2020). Pengaruh digital marketing, word of mouth, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(7), 2596.

Sehiffam, Leon. G. Dan Leslie L. Kanuk. 2008.Perilaku Konsumen. Penerbit: Indeks, Jakarta.

Setianingsih, N. F.(2016). Pengaruh Persepsi Harga, Keragaman Produk dan Suasana Toko terhada Keputusan Pembelian ( Studi pada konsumen Dankin Donuts Ambarukmo Plaza Yogyakarta). Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia (JMBI), 5(1), 82-90.

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles