PENGARUH POTONGAN HARGA, SOCIAL MEDIA MARKETING DAN BRAND EQUITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KAROSERI DIRAH MOTOR BALI

Authors

  • Made Agus Ari Santana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ayu Imbayani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Surya Prayoga Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

keputusan pembelian, social media marketing, potongan harga, brand equity

Abstract

Konsumen akan mengevaluasi dan mempertimbangkan beberapa faktor yang ada untuk menentukan keputusan akhir yaitu sebuah pembelian. Pada tahap inilah seharusnya seorang pemasar mengoptimalkan usahanya dalam mempengaruhi konsumen untuk membeli produk mereka. Pemasar harus mampu masuk dalam lingkungan internal maupun eksternal target pembeli untuk memberikan informasi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh  potonganharga,brand equity dan social media marketing terhadap keputusan pembelian Karoseri Dirah Motor Bali.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa potongan harga terhadap keputusan pembelian pada konsumen Karoseri Dirah Motor Bali menunjukkan nilai regresi positif serta nilai signifikan.Pengaruh Social media marketing terhadap keputusan pembelian pada Karoseri Dirah Motor Bali  menunjukkan nilai regresi positif serta nilai signifikan. Pengaruh brand equity terhadap keputusan pembelian pada Karoseri Dirah Motor Bali  menunjukkan nilai regresi postif serta nilai signifikan

References

Aaker, David. A. Kumar V dan Day George S., 2004, Marketing Research, Eingth Edition, John Wiley & Sons, Inc, New York-USA.

Abdilla,M.,& Husni,E.(2018). Pengaruh PersepsiHargadanSocialMedia MarketingTerhadapKeputusan Pembelian Konsumen DiBarbershop X Kota Padang.Jurnal MenaraEkonomi:PenelitiandanKajianIlmiah Bidang Ekonomi. 4(2).

Anuang, P.W.,&Korry,P.D. P.(2020). PengaruhAdopsiTeknologi danSocial MediaMarketingTerhadapMinatBelisertaDanpaknyaTerhadap KeputusanPembelian(StudiPadaPerusahaan NiluhDjelantik). Tiers Information Technology Journal, 1(1)

Aulia,S.,&Hidayat,M.(2019)PengaruhGreenMarketing MixTerhadap Keputusan Pembelian Rumah Pada PT.Baruga Asrinusa Development Makasar. Economix, 6(1).

Ayunita,&Muskita,S.M.W.(2021).PengaruhPromosiMelaluiMediaSosialDan ELECTRONICWordOfMouth(E-WOM)TerhadapKeputusan Pembelian(StudiKasusPadaOnlineShopThyy Thyy)DI KOTA SORONG. Jurnal BADATIIlmu Sosial&Humaniora, 4(1),42–53.

Arumsari, N. R. (2018). Pengaruh Atribut Produk, Brand Ambassador, Label Halal, Dan Loyalitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah (Studi Pada Konsumen Wardah Di Kudus). Jurnal Studi Manajemen Bisnis, 2(2).

Azwar, Saifuddin. 2009. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bahtiar, A., & Rahardja, E. (2017). Pengaruh Brand Equity, Harga Dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Vape (Studi PadaVape Store 5Time). Diponegoro Journal of Management, 6(4), 36-45.

Dewi,N. M. P.,Imbayani,I.G. A.,& Ribek, P.K.(2021). Pengaruh Social MediaMarketing Terhadap Keputusan Pembelian Yang DimediasiE-WordOf Mouth PadaGivandaStore Denpasar. Emas, 2(2).

DharmamestaB.SdanHandokoT.H.(2012).ManajemenPemasaran(AnalisisPerilaku konsumen). Edisi Pertama. BPFE,Yogyakarta.

Emor, R. Y., & Soegoto, A. S. (2015). Pengaruh potongan harga, citra merek, dan servicescape terhadap keputusan pembelian konsumen indomaret tanjung batu. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(2).

Fadli, F.,Ginting,B.,&Andria,F.(2019). PengaruhPersepsiHargaProduk Sepeda Motor YamahaFinoTerhadapKeputusan Pembelian.Jurnal Online Mahasiswa (JOM)BidangManajemen, 4(4).

Fatimah,N.F.S.,& Setiawardani,M.(2019).PengaruhGreenMarketing Mix TerhadapKeputusanPembelian(StudiPadaKonsumenTheBody Shop Kota Bandung).InProsidingIndustrialRearchWorkshopandNational Seminar(Vol. 10, No. 1,pp. 1089-1101).

Febriandi,E.,Qomariah,N.,& Yohanes,G.W.(2018).Analisis Kualitas Pelayanan, HargaDanlokasiTerhadap Keputusan PembelianJasaWisata Waduk Sidodadi Glenmor Banyuwangi.Prosiding Ekonomi Kreatif Diera Digital, 1(1)

Fajrin, N., Arifin, R., & Hufron, M. (2019). Pengaruh Price, Brand Equity, Brand Ambassador, Positioning Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Green Light. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 8(03).

Fredik, T.F. and Dewi, S.I., 2019. Analisis Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian. Jisip: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 7(2).

Ghozali, Imam. 2017. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS.

Gunelius, Susan. 2011. Minute Social Media Marketing. United States: McGraw Hill.

Herispon, H. (2019). An Empirical Analysis of Household Debt Behavior Determinants. Economics and Finance in Indonesia, 65(2), 132-148.

Khoiro, F., Rachma, N. and Hufron, M., 2019. Pengaruh Promosi Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Viral Marketting Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Warung Siji House And Resto Malang). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 8(13).

Kotler, P., Keller, K.L.2016. Marketing Management. Global Edition Pearson:Prentice Hall.

Memey, M., & Siagian, H. L. 2019. Pengaruh Brand Positioning Dan Brand Equity Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Terapan IlmuManajemen dan Bisnis (JTMIB), 2(1), 49-71.

Mila Setiawan, Fitri Aprilia 2015. Pengaruh Daya Tarik, Fasilitas dan Aksebilitas Terhadap Keputusan Wisatawan Asing Berkunjung Kembali.Jurnal Pelangi Hlm 71-82.

Mileva, L., & Fauzi DH, A. (2018). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Online pada Mahasiswa Sarjana Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2014/2015 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang Membeli Starbucks Menggunakan LINE). Jurnal Administrasi Bisnis, 58(1), 181-189.

Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial. Bandung: Simbiosis Rekatama Media.

Puntoadi. 2015. Metodologi. Sosial & Ekonomi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Putra, S. C. (2017). Pengaruh Brand Equity terhadap Keputusan Pembelian Produk Strap Leather King. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 2(5), 574-583.

Putri, V. D. A., & Suasana, I. G. A. K. G. (2017). Pengaruh Elemen Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian di Gerai Starbucks Coffee (Studi Pada Konsumen Domestik Starbucks Coffee di Wilayah Bali). E-Jurnal Manajemen, 7(1), 470-496.

Sagia, A., & Situmorang, S. H. (2018). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Personality dan Korean Wave terhadap Keputusan Pembelian Produk Nature Republic Aloe Vera. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia,

Schiffman dan Kanuk, 2007. Perilaku Konsumen. Edisi Kedua. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.

Sekaran, Uma. 2011. Research Methods ForBusiness(Metode Penelitian Untuk Bisnis). Jakarta: Salemba Empat.

Sriyanto, A., & Kuncoro, A.W. 2019. Pengaruh Brand Ambassador, Minat Beli Dan Testimoni Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Situs Jual Beli Online Shop Shopee Indonesia di Universitas Budi Luhur Periode Februari-April 2018). Jurnal EkonomikaDan Manajemen, 8(1), 21-34.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). BandungAlfab

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles