PENGARUH WORD OF MOUTH, BRAND AWARENESS, DAN SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIANYOGA MAT DI UNIQUE YOGA SHOP BALI

Authors

  • Ni Made Ayu Oka Dewi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Nita Anggraeni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Gede Antok Setiawan Jodi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Word of Mouth, Brand Awareness, Social Media Marketing, Keputusan Pembelian

Abstract

Perkembangan komunikasi dalam strategi pemasaran, penting perannya bagi pelaku usaha dalam mempengaruhi suatu keputusan pembelian konsumen. Bertambahnya minat masyarakat dalam melakukan yoga, hal ini tentu saja berpengaruh terhadap keputusan pembelian yoga mat di Unique Yoga Shop Bali sebagai salah satu distributor produk yoga di Bali. Sehingga terjadinya peningkatan penjualan terhadap produk utamanya yaitu yoga mat, yang diyakini adanya pengaruh dari faktor Word of Mouth, Brand Awareness, dan Social Media Marketing terhadap keputusan pembelian yoga mat di Unique Yoga Shop Bali. Populasi penelitian ini adalah orang lain yang pernah membeli yoga mat di Unique Yoga Shop Bali yang tidak diketahui jumlah pastinya. Sampel dalam penelitian ini ditentukan berdasarkan metode purposive sampling dengan menggunakan rumus Hair adalah sebanyak 126 responden.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Word of Mouth, Brand Awareness, dan Social Media Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian yoga mat di Unique Yoga Shop Bali. Saran bagi penelitian selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini dengan menambahkan variabel lainnya.

References

Achmad, Zakarija. 2008.Theory of Planned Behavior. Artikel Dosen Fakultas Ekonomi UMM: zakarija.staff.umm.ac.id.

Ajzen, 1991. The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and. Human Decision Processes, 50: 179-211.

Ali, Muhammad, Z., Ibrahim., Utami, Yekti. 2020. Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Online Pada Mahasiswa Manajemen UPN Veteran Yogyakarta Yang Membeli Produk Sepatu Adidas Menggunakan Instagram).

Apriastuti, N.M. D., Anggraini, N. P. N., Ribek, P. K. 2022. Pengaruh Brand Awareness dan Electronic Word of Mouth (EWOM) Terhadap Keputusan Pembelian di Situs Belanja Online Shopee di Kota Denpasar. Jurnal EMAS, Vol 3, No 10

Arisman, Mustafa. 2021. Pengaruh Social Media Marketing dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Cafe Barbekoe). Skripsi. Program Studi Manajemen. Falkutas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.

Aryanti, L. W. K., Imbayani, I. G. A., Ribek, P. K. 2021. Pengaruh Brand Equity, Social Media Marketing, dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Wine Pada PT Hatten Bali. Jurnal EMAS, Vol. 2, Nomor 1.

Hermawan, B.2017. Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike. Jurnal Proliga, 1. 152-157.

Dwi, P.C., Utami, N., Bibit, S.L. 2022. Pengaruh Word of Mouth, Kesadaran Merek, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Mie Gacoan Di Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan,Vol 2, N 2.

Dwitayasa, I. M., 2018. Hidup Sehat Bersama Yoga. Jurnal Yoga dan Kesehatan, 01(Volume 1, No.1, Maret 2018), pp. 83-91.

Febrian Andrologi. 2014. Analisis Pengaruh Brand Image dan Brand AwarenessTerhadap Brand Loyality dan Dampaknya Terhadap Brand Equity.Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro

Kiki, J. 2018. Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekanbaru. Jurnal Valuta, 4, 71-85.

Dewi, N. M. P., Imbayani, I. G. A., Ribek, K. P. 2021. PengaruhSocial Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi E-Word of Mouth Pada Givanda Store Denpasar. Jurnal Emas, Vol. 2, Nomor 2.

Megasari, C. M., Marakali, O. S. 2022. Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Starbucks di Kota Medan. Journal of Social Research,1 (7), 694-707.

Muthiah, F., Setiawan, B. 2019. Pengaruh Brand Awareness, Brand Characteristic, dan Emotional Branding Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, Vol. 7, No. 2, pp. 259-267.

Narottama, N., Erinda, N. P. M. 2022. Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Destinasi Wisata Kuliner Di Kota Denpasar. Jumpa, Volume 8, Nomor 2.

Nuning Andriyani. 2018. Pengaruh Electronic word of mouth dan Brand Awareness terhadap Minat Beli. Skripsi. Universitas Majalengka

Nur, Y. S., Rahayu, R. K., Niken, R. H. 2022. Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Hand Sanitizer Antis Pada Masa Pandemi Covid-19. Jiagabi, Vol. 11, No. 1, Hal. 175-181.

Nuraini, Arifianti. 2019. Pengaruh Social Media Marketing dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Panties Pizza Malang. Skripsi. Program Studi Agribisnis. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Prihartini, E., Fauzi, H. 2020. Pengaruh Social Media Marketing, Brand Awareness dan Word of Mouth Terhadap Minat Beli Smartphone Samsung. Jurnal Ekonomi Syariah dan Bisnis.

Rizal, R. G., Purwanto, S. 2022. Pengaruh Social Media Marketing dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Café Pitstop Gresik. Jurnal Ilmu Manajemen, Vol. 11, Nomor 1

Romdlon, N. M. A., Rafli, M. I. R., Aristawati, T., Adi, S. P. 2022. Pengaruh WordofMouth dan BrandAwareness terhadap keputusan pembelian makanan di Shopee Food. Jurnal Riset dan Konseptual, Volume 7, No 2.

Rumaidlany, D., Mariam, S., Haeba, A. R. 2022. Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mc Donald’s di Palmerah Jakarta Barat. Jurnal Lentera Bisnis, Volume 11, Nomor 2.

Sari, S., Syamsuddin., S. 2021. Analisis Brand Awareness dan Pengaruhnya Terhadap Buying Decision Mobil Toyota Calya di Makassar. Journal of Business Administration (JBA), Vol. 1, No. 1.

Tee, J.,Erdiansyah, R., Aulia, S. 2020. Pengaruh Word of Mouthdan Brand AwarenessTerhadap Keputusan Pembelian Xing Fu Tang di Indonesia. Jurnal Prologia, Vol.4, No.1, pp.18-24.

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles