PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PRODUK KOSMETIK SOMETHINC DIKOTA DENPASAR

Authors

  • Ni Putu Sita Krisna Dewi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ayu Imbayani Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Surya Prayoga Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Brand Ambassador, Digital Marketing, Brand Image, Keputusan Pembelian

Abstract

Penggunaan konsep pemasaran bagi sebuah perusahaan dapat menunjang berhasilnya bisnis yang dilakukan. Salah satu strategi pemasaran dalam memenuhi kebutuhan yang berbeda-beda dari kelompok pembeli yang dipilih sebagai sasaran adalah brand ambassador dan digital marketing. Brand ambassador dan digital marketing dirancang untuk merangsang respon emosi positif dari para konsumen sebagai upaya untuk meningkatkan brand image sehingga timbul keputusan pemelian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand ambassador dan digital marketing terhadap keputusan pembelian yang dimediasi oleh brand image.

 Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar dan masyarakat di Kota Denpasar yang sudah pernah melakukan pembelian produk Somethinc merupakan populasi dalam penelitian ini yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti. Ukuran sampel sebanyak 126 orang responden. Pengumpulan data primer dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Pengujian hepotesis dilakukan dengan menggunakan uji asumsi klasik, analisis jalur (path analysis), dan uji sobel.

Dari hasil analisis maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Brand ambassador berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, 2) Digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, 3) Brand ambassador berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image, 4) Digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image, 5) Brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, 6) Brand image berperan positif dan signifikan dalam memediasi pengaruh brand ambassador terhadap keputusan pembelian, 7) Brand image berperan positif dan signifikan dalam memediasi pengaruh digital marketing terhadap keputusan pembelian

References

Akbar, S. S., Violinda, Q., Setiawati, I., & Rizwan, M. (2021). The influence of product quality, product design, brand image on realme smartphone purchase decisions. Journal of Digital marketing and Halal Industry, 3(2), 121-132.

Andriana, N. (2019). Kepatuhan Bendahara Desa dalam memenuhi kewajiban perpajakan dalam prespektif teori planned behavior. Jurnal Pajak Indonesia (Indonesian Tax Review), 3(2), 20-28.

Anggraeni, E. D. (2020). Pengaruh Advertising Dan Brand ambassador Terhadap Keputusan pembelian Melalui Brand image Pada Konsumen Produk Pembalut Charm Di Kota Depok. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 3(3), 419-433.

Anwar, M., & Andrean, D. (2021, January). The Effect of Perceived Quality, Brand image, and Price Perception on Purchase Decision. In 4th International Conference on Sustainable Innovation 2020-Accounting and Management (ICoSIAMS 2020) (pp. 78-82). Atlantis Press.

Febriani, R., & Khairusy, M. A. (2020). Analisis Pengaruh Celebrity Endorser/Brand Ambasador, Harga Dan Desain Produk Yang Dimediasi Oleh Citra Merek Terhadap Keputusan pembelian Di Online Shop Shopee. Progress: Jurnal Pendidikan, Akuntansi dan Keuangan, 3(1), 91-109.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: BP Universitas Dipenogoro

Hair, 2016. Multivariate Data Analysis.Seventh Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Imbayani, I., & Gama, A. W. S. (2015). The Influence of Electronic Word of Mouth (E-Wom), Brand Image, Product Knowledge on Purchase Intention. Jurnal Ekonomi & Bisnis JAGADITHA, 5(2), 145-153.

Khoziyah, S., & Lubis, E. E. (2021). Pengaruh Digital marketing Terhadap Keputusan pembelian Followers Online Shop Instagram@ KPopConnection. Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS), 10(1), 39-50.

Kotler dan Keller. (2019). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. (2019). Prinsip – Prinsip Pemasaran. Edisi 12 Jilid I. Erlangga. Jakarta

Mewoh, F. M., Tampi, J. R., & Mukuan, D. D. (2019). Pengaruh Digital marketing Terhadap Keputusan pembelian Pada Matahari Department Store Manado Town Square. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 9(1), 35-42.

Prabowo, W. A. (2018). Pengaruh Digital Marketingterhadap Organizational Performance Denganintellectual Capital Dan Perceived Qualitysebagai Variabel Intervening Pada Industri Hotel Bintang Tiga Di Jawa Timur. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(2), 101-112.

Purwana, Rahmi, dan Shandy Aditya. (2017). Pemanfaatan Digital marketing Usaha Mikro Kecil dan Menengah UMKM Duren Sawit, Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani, Vol.1. No.1

Purwaningdyah, S. W. S., Hendayana, Y., Riantani, S., Sumadhinata, Y. E., Dyahrini, W., & Kuswara, G. B. (2020). Is It True That Digital marketing, Brand image And Product Quality Can Influence The Decision On The Use Of Hello Cards (Case Study of Widyatama University students).

Putri, P. M., & Marlien, R. A. (2022). Pengaruh Digital marketing terhadap Keputusan pembelian Online. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 5(1), 25-36.

Rossiter, Percy, dan Bergkvist. 2018. Marketing Communications: Objectives, Strategy, Tactics, Teller Road Thousand Oaks, United Kingdom Sage

Saputra, G. W., & Ardani, I. G. A. K. S. (2020). Pengaruh digital marketing, word of mouth, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian (Doctoral dissertation, Udayana University).

Saputro, W. A. (2020). Pengaruh Digital Marketing Dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimoderasi Oleh Citra Perusahaan. Media Manajemen Jasa, 8(2).

Sasri, D. M. D. (2020). Pengaruh Digital marketing, Brand image, Dan Harga Terhadap Keputusan pembelian Smartphone Di Aplikasi Tokopedia (Doctoral dissertation, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta).

Sugiyono, 2019. Metodologi Penelitian Bisnis, Alfabeta Bandung.

Ummat, R., & Hayuningtias, K. A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Ambassador dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Nature Republic. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(6), 2279-2291.

Yusiana, R., & Maulida, R. (2015). Pengaruh Gita Gutawa sebagai brand ambassador pond’s dalam mempengaruhi keputusan pembelian (studi kasus pada mahasiswi Universitas Telkom jurusan D3 manajemen pemasaran). Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 3(1), 311-316

Downloads

Published

2024-10-15

How to Cite

Ni Putu Sita Krisna Dewi, I Gusti Ayu Imbayani, & I Made Surya Prayoga. (2024). PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PRODUK KOSMETIK SOMETHINC DIKOTA DENPASAR. EMAS, 5(1), 39–53. Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/9892

Issue

Section

Articles