PENGARUH LIFESTYLE, KUALITAS PRODUK, DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KENDARAAN BERMOTOR YAMAHA NMAX PADA MASYARAKAT DI KOTA DENPASAR

Authors

  • Leony Nabella Tasya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Nita Anggraini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Gede Antok Setiawan Jodi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

lifestyle, kualitas produk, brand image, keputusan pembelian

Abstract

Keputusan pembelian adalah tahap evaluasi, konsumen membentuk preferensi di antara merek-merek dalam setiap pilihan dan juga dapat membentuk suatu niat untuk membeli merek yang paling disukai. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian antara lain lifestyle, kualitas produk, dan brand image. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh lifestyle, kualitas produk, dan brand image terhadap keputusan pembelian sepeda motor yamaha nmax di kota denpasar. Penelitian ini dilakukan oleh penulis di kota Denpasar. Objek Penelitian variabel independen adalah life style (X1), kualitas produk (X2), brand image (X3). Terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian (Y) pada konsumen Yamaha NMax. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen yang membeli kendaraan bermotor Yamaha NMax di Dempasar yang tidak ketahui secara pasti jumlahnya., dalam menentukan data yang akan diteliti, metode pengambilan sampel yang akan digunakan adalan non probability sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain observasi, dokumentasi, kuesioner, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan Life style, kualitas produk, dan brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian kendaraan bermotor Yamaha NMax di Kota Denpasar.

 

References

Adyas, D., & Setiawan, I. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda CBR150R di Cibinong. 10(1), 29.Afabeta

Alfian, B. 2012. Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Mobil Toyota Kidjang Inova Pada PT. Hadji Kalla Cabang Polman Makasar: Skripsi Universitas Hasanuddin

Amrullah, A., Siburian, P. S., & Zainurossalamia, S. 2016. Pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda. KINERJA, 13(2), 99-118.

Anwar, Iful, and Budhi Satrio. 2015 "Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian." Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM) 4.12

Azy, S. A. 2020. Pengaruh Life Style, Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Motor Matic Honda (Studi Pada Pengguna Motor Matic Honda di Kota Magelang) (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).

Eagle ,L., Dahl ,S., Hill ,S., Bird ,S., Spotswood ,F., & Tapp ,A.. 2013. Social Marketing. Edinburgh Gate: Pearson Education Limited

Erlangga, H., Nurjaya, N., Sunarsi, D., Mas' adi, M., & Jasmani, J. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Honda Di PT Panca Sakti Perkasa Di Bintaro. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 1(4), 464-472.

Fakhriyani, I. 2021. Pengaruh Lifestyle, Brand Image Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Busana Muslim Aden (Studi pada perempuan yang membeli busana muslim Aden di Kebumen) (Doctoral dissertation, Universitas Putra Bangsa).

Fitrianna, H., & Aurinawati, D. 2020. Pengaruh Digital Marketing Pada Peningkatan Brand Awareness Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cokelat Monggo di Yogyakarta. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 3(3), 409-418..

Pangestuti, Edriana. 2019. Pengaruh International Brand Image Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pengguna Iphone Di Indocell Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 57 No. 2 April 2018

Prasetya, Dwi Ilham dan Muhammad Edwar, 2014. Pengaruh Gaya Hidup, Fitur Produk, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Masyarakat Menggunakan Jejaring Sosial Twitter Di Surabaya Selatan, Universitas Negeri Surabaya

Pratama, B. S., Fathoni, A., & Hashiolan, L. 2017. Analisis Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kartu Perdana Telkomsel. Journal of Management, 3(3), 15.

Rinawati, G. A., Agung, A. A. P., & Anggraini, N. P. N. 2021. Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Freshcare Di Kota Denpasar. EMAS, 2(1).

Sihotang, M. K. 2020. Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk (Studi Kasus Pada Konsumen Produk Pt. Hni Hpai). Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis Triangle, 1(2), 399-413.

Sterie, W. G., Massie, J., & Soepono, D. 2019. Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pt. Telesindo Shop Sebagai Distributor Utama Telkomsel Di Manado. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3).

Titik. 2017. Kualitas Produk, Citra Merek dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki Pada CV Gajah Mada Cabang Padang.

Umboh, Altje Tumbel, and Djurwati Soepeno. 2015 "Analisis Kualitas Produk, Brand Image Dan Life Style Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Wanita Di Mississippi Manado Town Square." Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 3.1

Yi Lin. 2012 The influence of lifestlyle and Money Attitude on Purchase Decision: The Moderating Effect of Markerting Stimulation. International Journal of Advanced Scientific Research and Technology.

Downloads

Published

2023-04-19

Issue

Section

Articles