PENGARUH BRAND AMBASSADOR, BRAND IMAGE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI PRODUK SCARLETT WHITENING PADA GEN Z DI KOTA DENPASAR

Authors

  • Ni Putu Devi Reina Putri Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Anak Agung Putu Agung Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ngurah Agung Gede Eka Teja Kusuma Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/emas.v6i3.11039

Keywords:

brand ambassador, brand image, kualitas produk, minat beli

Abstract

Minat beli adalah dorongan yang memotivasi seseorang untuk melakukan pembelian. Ketika produk memenuhi atau melampaui harapan mereka setelah digunakan, konsumen cenderung mengambil langkah-langkah yang mendukung merek. Minat beli dapat dipengaruhi banyak faktor seperti brand ambassador, Brand image dan kualitas produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand ambassador, Brand image dan kualitas produk terhadap minat beli. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi menggunakan Generasi Z di Kota Denpasar pada usia 15 – 30 tahun, memiliki minat untuk membeli produk Scarlett Whitening dan sampel sebanyak 147 orang. Teknik analisis data menggunakan Uji Validitas, Uji Reabilitas, Uji Asumsi Klasik, Anaisis Regresi Linier Berganda, Uji Korelasi Berganda, Koefisien Determinasi, Uji F dan Uji t. Dari hasil penelitian diperoleh hasil brand ambassador berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, Brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Saran yang dapat diberikan peneliti adalah Scarlett Whitening hendaknya dalam melakukan kerja sama dengan brand ambassador, selalu bekerjasama dengan artis dalam negeri ataupun luar negeri, yang memiliki keahlian dalam mempromosikan suatu produk, terus melakukan inovasi, agar nantinya dapat menghasilkan produk yang lebih unggul dari pesaing, selalu memberikan produk sesuai dengan apa yang dijanjikan kepada konsumen dan dekripsi produk dan selalu selalu berusaha membuat produk yang lebih unggul dari pesaing.

References

Andini, P. N., & Lestari, M. T. (2021). Pengaruh brand ambassador dan brand image terhadap minat beli pengguna aplikasi Tokopedia (Studi kuantitatif pada pengguna aplikasi Tokopedia di DKI Jakarta). eProceedings of Management, 8(2).

Astuti, A. R., & Sudarusman, E. (2021). Pengaruh kualitas produk, harga, dan citra merek terhadap loyalitas pelanggan kosmetik Natural Nusantara di Gunungkidul. Telaah Bisnis, 20(1), 43–52.

Damanik, S. W. H., & Purba, R. (2020). Pengaruh kualitas produk dan iklan terhadap minat beli konsumen produk bedak Tabita Skincare. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 4(2), 335–340.

Erika, Y. (2021). Pengaruh brand Scarlett, citra merek, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian menurut perspektif ekonomi Islam di era new normal (Studi pada konsumen Scarlett di Kabupaten Pringsewu) [Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung].

Faradilla, M. A., & Andarini, S. (2022). Pengaruh brand ambassador terhadap minat beli produk Maybelline New York melalui sikap pada iklan sebagai variabel mediasi. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 12(1), 1–8.

Fazirah, E. (2022). Pengaruh brand ambassador, brand image, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada kosmetik Wardah di Kota Surakarta. Jurnal Ekobis Dewantara, 5(3), 246–254.

Karyati, D., & Mutikasari, A. (2019). Pengaruh brand image terhadap minat beli pada produk Nature Republic Aloe Vera di Bandung 2019. Jurnal e-Proceeding of Applied Science, 5(2), 652–659.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran (Jilid I, Edisi 13). Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2015). Manajemen pemasaran (Jilid 1, Edisi 13). Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Prinsip-prinsip pemasaran (Edisi 13, Jilid 1). Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Prinsip-prinsip pemasaran (Edisi 13, Jilid 2). Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Manajemen pemasaran (Edisi 13, Jilid 1 dan 2). Erlangga.

Sari, N. L. P. G., Kusuma, I. G. A. N. G. E. T., & Atmaja, N. P. C. D. (2023). Pengaruh brand image, product quality, dan lifestyle terhadap minat beli produk skin care Scarlett (Studi pada wilayah Kota Denpasar). Jurnal Manajemen, 4(1), 1–10.

Ningrum, N. S. (2016). Pengaruh brand ambassador terhadap minat beli konsumen MD Clinic by Lazeta. Bisnis dan Iptek, 9(2), 141–152.

Oktavia, E. B., Fatimah, F., & Puspitadewi, I. (2022). Pengaruh harga, brand ambassador, brand image, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada produk Scarlett Whitening Indonesia di Tokopedia. Growth, 20(2), 361–375.

Salimun, & Sugiyanto. (2019). Pengaruh citra merek dan kualitas pelayanan terhadap minat beli konsumen pada rumah makan Begal (Bebek Galak). Jurnal Sosial Humaniora, 12(2), 563–577.

Ningsih, C. S., Anah, L., & Universitas Hasyim Asy’ari. (2021). Pengaruh citra merek, kualitas produk, dan harga terhadap minat beli produk Oriflame (Studi kasus pada mahasiswa di Universitas Hasyim Asy’ari Jombang). BIMA: Journal of Business and Innovation Management, 3, 165–184. https://ejournal.feunhasy.ac.id/bima

Saputra, R. (2018). Pengaruh iklan dan citra merek terhadap minat beli konsumen produk merek Honda (Survei konsumen pada dealer CV Cempaka Motor di Kabupaten Sijunjung). JOM FISIP, 5(1), 1–19.

Subastian, D. V., Palupi, D. A. R., & Firsa, E. (2021). Pengaruh harga, kualitas produk, dan celebrity endorser Raffi Ahmad terhadap minat beli produk skincare MS Glow. REVENUE: Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 2(1), 1–10.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. PT Alfabet.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Taufiqah, R., & Sari, O. Y. (2023). Pengaruh inovasi produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian skincare lokal produk serum Scarlett Whitening. CAKRAWALA, 6(1), 1–12.

Downloads

Published

2025-03-26

How to Cite

Putri, N. P. D. R., Agung, A. A. P., & Kusuma, I. G. N. A. G. E. T. (2025). PENGARUH BRAND AMBASSADOR, BRAND IMAGE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI PRODUK SCARLETT WHITENING PADA GEN Z DI KOTA DENPASAR. EMAS, 6(3), 594–609. https://doi.org/10.36733/emas.v6i3.11039

Issue

Section

Articles