PENGARUH BRAND AMBASSADOR, BRAND IMAGE DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SCARLETT WHITENING DI BALI
Keywords:
Keputusan Pembelian, Brand Ambassador, Brand Image, Persepsi HargaAbstract
Salah satu brand produk kecantikan lokal di Indonesia yaitu Scarlett Whitening. Scarlett Whitening merupakan brand yang berasal dari Indonesia yang berdiri pada tahun 2017. Salah satu pengaruh brand kecantikan ini menjadi salah satu keputusan pembelian konsumen dikarenakan harga dan kualitas yang diberikan sesuai dengan kebutuhan konsumen di Indonesia khususnya di Bali. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara mengenai Keputusan Pembelian, terdapat Brand Ambassador, Brand Image dan Persepsi Harga yang menjadi faktor dalam keputusan pembelian produk scarlett whitening di Bali. Lokasi penelitian mengenai salah satu produk kecantikan yaitu Scarlett Whitening. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel yang digunakan adalah 140 responden yang diambil dari konsumen di Bali yang pernah melakukan pembelian Scarlett Whitening. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrument pilot test, uji validitas dan reabilitas, uji asumsi klasik (normalitas, multikolinieritas dan heteroskedastisitas), analisis regresi linier berganda, uji F (F-test), uji koefisien determinasi (R2), dan uji t (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan Brand Ambassador, Brand Image dan Persepsi Harga berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Sedangkan, secara parsial, berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian
References
Agustina, N. A., Sumowo, S., dan Wijayantini, B. 2018. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Penelitian Ipteks. Vol 3, No. 2, pp. 186-196.
B, Alfian. (2012). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Mobil Toyota Kijang Innova pada PT. Hadji Kalla cabang Polman. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin. Makasar.
Amadea, G. 2018. Pengaruh Pemilihan Exo Sebagai Brand Ambassador terhadap Tingkat Brand Image Nature Republic (Survei pada Followers Instagram@ Naturerepublic. Id). Thesis. Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi. Universitas Multimedia Nusantara. Tangerang.
Anisa, A. U. Z., dan S. R. 2019. ANALISIS STRATEGI PENETAPAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MENGGUNAKAN JASA OJEK ONLINE PT GO-JEK INDONESIA. Journal of Applied Business and Economics (JABE). Vol 6, No. 2, pp. 137–156.
Cahyono, E. 2018. Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian HP Merek OPPO Di Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi. Vol 1, No. 1, pp. 61-75.
Daryanto. 2011. Manajemen Pemasaran: Sari Kuliah. Bandung: Satu Nusa
Fasha, A. F., Robi, M. R. dan Windasari, S. 2022. Determinasi Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli: Brand Ambassador dan Brand Image (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. Vol 3.
Firmansyah, M. A. 2019. Pemasaran Produk dan Merek Planning dan Strategy. Pasuruan: CV Penerbit Qiara Media.
Farzin, M. dan Fattahi, M. 2018. eWOM through social networking sites and impact on purchase intention and branfd image in Iran. Journal of Advances in Management Research. Vol 5, No. 2, pp. 161-183.
Fajrin, Nurul., Arifin, Rois., dan Hufron, M. 2017. Pengaruh Price, Brand Equity, Brand Ambassador, Positioning dan Word Of Mouth terhadap keputusan pembelian produk Green Light. E-jurnal riset manajemen prodi manajemen. Vol 1, No. 1, pp. 11-23.
Giffari, A. A., Mahriani, R. dan Nomaini, F. 2020. Pengaruh Brand Ambassador Bangtan Boys terhadap Brand Image Tokopedia. Thesis. Program Studi Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Srwiijaya. Palembang.
Ginting, N. F. H. 2011. Manajemen Pemasaran. CV. Yrama Widya.
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Edisi 9. Semarang : Universitas Diponegoro.
Igir, F. G., Tampi, J., dan Taroreh, H. 2018. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Grand Max Pick Up (Studi pada PT. Astra International Tbk. Daihatsu Cabang Malalayang). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol 6, No. 2, pp. 86–87.
Irwan, dan Wibowo, E. A. 2021. Pengaruh Brand Image, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen, Organisasi dan Bisnis. Vol 1. No. 4.
Kertamukti, Rama. 2015. Strategi Kreatif dalam Penelitian: konsep pesan, media branding, anggaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Keller, Kevin Lane. 2013. Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity. New Jersey: Prentice Hall.
Kotler, P., dan Gary Armstrong. 2014. Priciple of Marketing (Edisi 12). (Bob Sabran, Terjemahan). Jakarta: Erlangga
Kotler, P. and Armstrong, G. (2018) Kotler & Armstrong, Principles of Marketing | Pearson, Pearson.
Kotler, P., dan Gary Armstrong. 2018. Principles of Marketing (17th ed.). United Kingdom: Pearson Education Limited.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2019. Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 2. Jakarta: Erlangga 13 Maret 2019.
Kotler, P., dan Keller, K. 2010. Marketing Management (13st ed.). Jakarta: Erlangga
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran (14 ed.). Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler, P. and Keller, K. L. (2016) Marketing Management Global Edition. 15e edn. Edited by Pearson Education. New York
Lailatan Nugroho, B.I. 2017. Analisis Pengaruh Brand Image, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil (Studi Kasus Mobil LCGC di Surakarta). Eksis: Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis. Vol 12, No.1, pp. 1-8.
Laras, G. M dan Firmanyah, E. 2019. Citra Merek Dan Keputusan Pembelian Konsume : Kasus Pada Produk Mie Instan. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen). Vol 6, No. 2, pp. 131.
L., Schiffman & Kanuk. 2018. Perilaku Konsumen. Indeks.
Losung, Y. H., Wenas, R. S., dan Arie, F. V. 2022. Pengaruh Kualitas Produk. Iklan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Kartu Prabayar Telkomsel Di Kecamatan Pasan. Jurnal EMBA. Vol. 10, No.1, Hal 401-411.
Maino, G. p., Sepang, J. L., dan Roring, F. 2022. Pengaruh Inovasi Produk, Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Minat Beli Pada Verel Bakery And Coffee. Jurnal EMBA. Vol. 10, No. 1, Hal.184-190.
Malohing, G., dan Mandagie, Y. 2021. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Avanza Pada PT Hasrat Abadi Jayapura. Jurnal EMBA. Vol 9, No. 2, pp. 1229–1238.
Mani, L., Ganisasmara, N. S., dan Larisu, Z. 2022. Virtual Community, Customer Experience and Brand Ambassador: Purchasing Decision On Youtube. Journal of Theoretical and Applied Information Technology. Vol. 100. No. 9.
Mirella, N. N. R., Nurlela, R., Erviana, H., dan Farrel, M. H. 2022. Faktor Yang Mempengaruhi: Kepuasan Pelanggan dan Minat Pembelian: Kualitas Produk dan Persepsi Harga (Literatur Review Manajamen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. Vol 3
Mudiantono, S. P. R. 2016. Analisis Pengaruh Brand Ambassador, Kualitas Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian. Diponegoro Journal Of Management. Vol 5, No. 2, pp. 1-12.
Nafanu, S. 2020. Pengaruh Media Iklan, Pesan Iklan dan Kreativitas Iklan Terhadap Efektivitas Iklan Dalam Menumbuhkan Brand Awareness Produk Lee Minerale Pada Masyarakat Kota Kefamenanu Kabupaten TTU. AEKO PEM : Jurnal Ekonomi Pembangunan. Vol 5, No. 3, pp. 31–45.
Nanda, I., Sayfullah, H., Pohan, R., Windariyah, D. S., Fakhrurrazi., Khermarinah., Mulasi, S., Warlizasusi, J., Hurit, R. U., Harizahayu., Arianto, D., Wahab, A., Romdloni., Aini, A. N., dan Bawa, A.R. 2021. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Inspiratif.
Novansa, H., dan Ali, H. 2017. Purchase Decision Model: Analysis of Brand Image, Brand Awareness and Price (Case Study SMECO Indonesia SME Products). Saudi Journal of Humanities and Social Sciences, Vol 2, No. 8, pp. 621–632.
Nurlaila, N., Nainggolan, W. N., dan Nurlinda. 2021. Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Indihome Pada Witel Medan. Jurnal Akuntansi, Keuangan dan Perpajakan. Vol 4. No 1.
Prabowo, S. A. 2018. Pengaruh Suasana Toko, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, dan Perepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Mirota Kampus Godean. Jurnal Ekobis Dewantara. Vol. 1, No 7, Hal 115-126.
Priansa, Juni Donni. 2017. Komunikasi Pemasaran Terpadu (integrated marketing communication) (Edisi 1). Bandung: Pustaka Setia.
Priansa, Juni Donni. 2017. Perilaku Konsumen Dalam Bisnis Kontemporer (Edisi 1). Bandung: Alfabeta.
Ramdhani, N. 2011. Penyusunan Alat Pengukur Berbasis Theory of Planned Behavior 1, 19(2), pp. 55-69.
Royan, F. M. (2005). “Marketing Celebrities”. Edisi Pertama. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.
Rozalia, dan Rinuastuti, H. 2020. Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Citra Merek dan Keputusan Pembelian Produk Sepatu Nike Dikota Mataram. Jurnal Distribusi. Vol 8, No.2, pp. 149–162.
Sagia, A., dan Situmorang, S. H. 2018. Pengaruh Brand Ambassador, Brand Personality dan Korean Wave terhadap Keputusan Pembelian Produk Nature Republic Aloe Vera. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia. Vol 5, No. 2, pp. 286–298.
Setyarko, Y. 2016. Analisis Persepsi Harga, Promosi, Kualitas Layanan Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Secara Online. Jurnal Ekonomika dan Manajemen. Vol. 5, No. 2.
Sinaga, L. R., dan Pramanda, N. I. 2018. Analisis Pengaruh Brand Name, Service Quality, dan Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Miniso Tunjungan Plaza Surabaya. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan│Journal of Theory and Applied Management. Vol 11, No.1, pp. 51.
Stanton, William J. 2008. Fundamental Of Marketing (10th ed). New York: Mc Graw-Hill International Edition.
Sugiyono. 2014. Statistika Untuk Penelitian, Penerbit CV. ALFA BETA Bandung
Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Wardani, S., Ema, and Awan Santosa. 2020. The Influence of Hallyu, Brand Ambassador and Brand Image on the Consumer Purchase Decision on Nature Republic Products in Yogyakarta. E-Jurnal Apresiasi Ekonomi. Vol 8, No. 2, pp. 203–11.
Swastha, Basu., dan Irawan. 2005. Manajemen Pemasaran Modern (Edisi 3). Yogyakarta: Liberty.
Tjiptono. F. 2016. Brand Management & Strategy. Yogyakarta: Andi
Tjiptono, F., & Diana, A. (2016). Brand Management & Strategy. Yogyakarta: Andi
Tjiptono, F. 2018. Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andy.
Tjiptono, F., dan Chandra, G. 2016. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi.
Tondang, G. A., dan Silalahi, P. R. 2022. Pengaruh Brand Awareness Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Smarthphone Android. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora. Vol 1. No. 2.
Utomo, G. W., dan Prabawani, B. 2017. Pengaruh Brand Ambassador Dan Citra Merk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki Type Nex. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol 6, No. 4, pp. 287–297.
Zietsman, M.L., Mostert, P., & Svensson, G. 2019. Perceived Price And Service Quality As Mediators Between Price Fairness And Perceived Value In Business Banking Relationships: A Micro-enterprise Perspective. International Journal Of Bank Marketing, 37(1), 2-19.