PENGARUH BRAND IMAGE DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG PRODUK KFC DI KOTA DENPASAR PADA MASA PANDEMI COVID 19

Authors

  • Gusti Ayu Intan Viani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Wayan Eka Mitariani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ayu Imbayani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Brand Image, Persepsi Harga, Keputusan Pembelian Ulang

Abstract

Pandemi Covid-19 mengakibatkan banyak sektor mengalami kerugian dan penuruan omzet penjualan, salah satunya sektor Fast Food atau makanan cepat saji. Menghadapi situasi di mana perusahaan harus bisa secara kreatif dan inovatif untuk mempertahankan pangsa pasar, maka perusahaan terlebih dahulu harus mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen salah satunya yakni keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian ulang produk KFC di Kota Denpasar pada Masa Pandemi Covid 19. Penelitian ini dilakukan di KFC area Denpasar dengan menggunakan sampel sebanyak 55 orang responden. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, observasi, wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda yang diolah menggunakan software SPSS. Bedasarkan hasil analisis, penelitian ini menunjukan bahwa brand image dan persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ulang produk KFC di Kota Denpasar.

References

Abi, Y. I. 2020. Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada KFC Di Kota Bengkulu. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen Volume, 15(1), 95-107.

Andre. 2009. Analisis Hubungan antara Kepuasan Pelanggan dan loyalitas Pelanggan terhadap Keinginan Pembelian Ulang, Studi Kasus di Universitas bunda Mulia. Business & Management journal Bunda Mulia, Vol. 5, No.1.

Bunga, Fredereca Geofanny dan Chairy. 2010. Jurnal Pengaruh Psikologi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Kembali Smartphone Blackberry. Surabaya: Universitas Airlangga.

Fakhrudin, A. 2019. Pengaruh Kewajaran Harga Dan Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Pada Penumpang Maskapai Citilink Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis, 10(1), 55-72.

Fitriyanti, D., & Khasanah, I. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Review Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Melalui Citra Merek Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Samsung di Semarang). Doctoral dissertation. UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Imbayani, I. G. A., & Gama, A. W. S. 2018. The Influence of Electronic Word of Mouth (E-Wom), Brand Image, Product Knowledge on Purchase Intention. Jurnal Ekonomi & Bisnis JAGADITHA, 5(2), 145-153.

Istiyanto, B., & Nugroho, L. 2017. Analisis pengaruh Brand Image, Harga, dan Kualitas Produk terhadap keputusan pembelian mobil (studi kasus mobil LCGC di Surakarta). Eksis: Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 12(1).

Junita, Shanti. 2015. Hubungan Brand Image Dengan Pengambilan Keputusan Pembelian Iphone Series. Tugas Akhir. Fakultas Psikologi Universitfas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Nofina, G., & Susanti, F. 2019. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Sepeda Motor Honda Di Pt. Menara Agung Veteran. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi

Octaviona, N. 2016. Pengaruh Citra Merek dan persepsi Harga Terhadap keputusan pembelian Gadget di Toko SuryaPhone Samarinda. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1).

Setyarko, Y. 2016. Analisis persepsi harga, promosi, kualitas layanan, dan kemudahan penggunaan terhadap keputusan pembelian produk secara online. Jurnal Ekonomika dan Manajemen, 5(2), 128-147.

Solihah, S., Widarko, A., & Hufron, M. 2019. Pengaruh Keragaman Menu, Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Ulang (Studi Kasus Pada Konsumen Sego Sambal Sarumpet Malang. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 8(19).

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Wibawa, T. 2020. Pengaruh Promosi, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Belanja Online Shopee. Doctoral dissertation. Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Winata, E. 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Ulang Pulsa pada Kartu Simpati Telkomsel (Studi kasus pada mahasiswa STIM Sukma Medan). Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 8(2), 25-32.

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles