PENGARUH KUALITAS PRODUK, BRAND IMAGE DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG IPHONE DI DENPASAR

Authors

  • Ni Wayan Diah Chandra Swari Dewi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Cempaka Dharmadewi Atmaja Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Daniel Manek Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Keputusan Pembelian Ulang, Kualitas Produk, Brand Image, Gaya Hidup

Abstract

Persaingan yang kompetitif di industri telekomunikasi (telepon genggam) membuat perusahaan harus dapat menentukan strategi yang tepat demi keberlangsungan perusahaan yaitu dengan dapat memasarkan produknya sesuai dengan keinginan dan harapan konsumen. Banyak faktor-faktor yang menjadi pertimbangan konsumen untuk melakukan keputusan pembelian ulang sebuah produk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keputusan pembelian ulang melalui variabel kualitas produk, brand image, dan gaya hidup pada produk iPhone.  Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Denpasar yang telah membeli atau telah menggunakan iPhone lebih dari satu kali pemakaian. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu konsumen yang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan peneliti dengan jumlah responden sebanyak 65 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan menggunakan google form. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunkan analisis regresi linier berganda. Bedasarkan hasil analisis, penelitian ini menunjukan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ulang iPhone di Denpasar. Brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ulang iPhone di Denpasar. Gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian iPhone di Denpasar. Pihak produsen iPhone diharapkan memperhatikan kualitas produk, brand image dan gaya hidup karena memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian ulang iPhone di Kota Denpasar.

References

Amilia, S. (2017). Pengaruh citra merek, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian handphone merek xiaomi di kota langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 6(1), 660-669.

Andreani, F., Taniaji, T. L., & Puspitasari, R. N. M. (2012). The impact of brand image towards loyalty with satisfaction as a mediator in McDonald’s. Jurnal manajemen dan kewirausahaan, 14(1), 64-71.

Anggarani, P. L. P., Agung, A. A. P., & Atmaja, N. P. C. D. (2022). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Produk Oriflame. Emas, 3(2), 36-45.

Bob Sabran 2017. Manajemen Pemasaran, Erlangg: Jakarta

Fatmawati, N., & Soliha, E. (2017). Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Matic “Honda”. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan| Journal Of Theory And Applied Management, 10(1), 1-20.

Hidayatullah, G. F. F., & Zahara, Z. (2020). Peran Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian di Cafe Orangae Puncak Padanjese. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT), 6(1), 70-78.

Huang Y., Gu J., Zhang M., Ren Z., Yang W., Chen Y., Fu Y., Chen X., Cals J.W., Zhang F., 2019. Knowledge, Attitude And Practice Of Antibiotics: A Questionnaire Study Among 2500 Chinese Students. BMC Medical Education. 13:7-8.

Izdihar, G. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang Iphone Pada Mahasiswa Generasi Z (Doctoral Dissertation, UPN" VETERAN" JAWA TIMUR).

Kotler Dan Armstrong (2018:208). “Marketing Mix. Bauran Pemasaran. Digilib.Unpas.Ac.Id, Kajian Pustaka, Kerangka Pemikiran Dan Hipotesis.

Kotler, P. & Keller, K.L. 2017. Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi Ke 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler Dan Keller. (2018). Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid II. Erlangga.

Kotler, Philip, & Armstrong, G. 2020. Principles Of Marketing. England: Fifteenth Edition, Perason.

Manggala, F. F. (2015). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Handphone Samsung Jenis Android Di Magelang. SEGMEN Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 11(1B).

Marchela, G. A. R. D., Mitariani, N. W. E., & Imbayani, I. G. A. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Produk Kosmetik Make Over. Emas, 3(8), 226-235.

Nuraini, A., & Maftukhah, I. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Citra Merek Pada Kosmetik Wardah Di Kota Semarang. Management Analysis Journal, 4(2).

Pusparisa, Y. 2020. “Pengguna Smartphone Diperkirakan Mencapai 89% Populasi Pada 2025”.

Putri Yuliana, E. (2022). Pengaruh Kepercayaan Custumer, Gaya Hidup Dan Kepuasan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Custumer Larissa Aestetic Center Cabang Ponorogo Dimasa Pandemi Covid19 (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).

Sari, D. N. P., & Astutiningsih, S. E. (2022). Pengaruh Lokasi Usaha, Popularitas Merek, Variasi Produk, Kepercayaan, Gaya Hidup terhadap Minat Beli Ulang KonsumenAliyah Scraf Tulungagung melalui Budaya. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 8(2), 363-384.

Sari, P. M., Santoso, A., & Djunaidi, D. 2020. Pengaruh Citra Perusahaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Tm Group Travel. RISK: Jurnal Riset Bisnis Dan Ekonomi, 1(2), 21-34.

Simamora, Bilson. 2019. Membongkar Kotak Hitam Konsumen. Jakarta: Gramedia

Pustaka Utama.

Simanjuntak, R. (2022). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang Pada Merek Zara Cabang Senayan City Jakarta Pusat. Labs: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 27(1), 72-74.

Sindonews. 2022. Cek Perbedaan Spesifikasi Flagship Iphone Sebelum Ganti Gadget.

Sumarwan, Ujang. 2015. Perilaku Konsumen Teori Penerapannya Dalam Pemasaran Edisi Kedua. Cetakan Ketiga. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles