PENGARUH KESADARAN PRODUK RAMAH LINGKUNGAN, GAYA HIDUP SEHAT, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK TUMBLER LION STAR DI DENPASAR

Authors

  • Ni Luh Putu Intan Kasturi Dewi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Nita Anggraini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Gede Antok Setiawan Jodi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Keputusan Pembelian, Produk Ramah Lingkungan, Gaya Hidup Sehat, Kualitas Produk

Abstract

Kerusakan lingkungan merupakan masalah yang saat ini mendapat perhatian masyarakat luas khususnya masyarakat di Indonesia, mulai dari masalah pencemaran udara, pencemaran air serta yang paling fenomenal adalah masalah sampah. Sehingga terdapat perusahaan yang bernama Lion Star, yang merupakan sebuah merek dagang dari perusahaan PT. Cahaya Perdana Plastik yang memproduksi peralatan rumah tangga dari plastik dan sudah berdiri sejak 1972 di Jakarta Utara yang dimana didirikan demi menjaga keseimbangan lingkungan atau dapat meminimalisir kerusakan lingkungan khususnya di Indonesia. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, Keputusan pembelian terhadap produk Tumbler pada perusahaan ini dipengaruhi oleh Kesadaran Produk Ramah Lingkungan, Gaya Hidup Sehat, dan Kualitas Produk. Lokasi penelitian mengenai salah satu produk dari merek Lion Star yaitu produk Tumbler. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel yang digunakan adalah 100 responden yang diambil dari konsumen di Denpasar yang pernah melakukan pembelian Tumbler merek Lion Star. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrument pilot test, uji validitas dan reabilitas, uji asumsi klasik (normalitas, multikolinieritas dan heteroskedastisitas), analisis regresi linier berganda, uji F (F-test), uji koefisien determinasi (R2), dan uji t (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan Produk Ramah Lingkungan, Gaya Hidup Sehat dan Kualitas Produk berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Sedangkan, secara parsial, berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian

References

Achmad, A., Fernandes, R., & Astuti, A. B. (2019). Smoothing Spline Nonparametric Path : Application For Green Product And Green Marketing Strategy Towards Green Product Purchasing Intention.

Agustina, A., 2017. Pengaruh Green Product dan Green Advertising Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Honda Vario Techno 125 PGM-FI di

Purworejo. (Doctoral dissertation, Manajemen-FE).

Ahmad, F., Lapian, J. and Soegoto, A.S., 2016. Analisis Green Product Dan Green Marketing Strategy Terhadap Keputusan Pembelian Produk The Body Shop Di Manado Town Square. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 4(1).

Ayu, Y.D.S., 2016. Pengaruh Green Product dan Green Advertising terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi pada Konsumen Produk Teh Siap Minum dalam Kemasan Karton Merek “Teh Kotak Jasmine”diPurworejo(Doctoraldissertation, Manajemen-Fakultas Ekonomi).

Cahyarani, I. (2018). Pengaruh Gaya HidupSehat, Sikap Konsumen Dan Persepsi Harga Terhadap Niat Pembelian Produk Makanan Organik. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia (JMBI), 7(3), 294–301. Dikemas. 2021. Beralih Kemasan yang Ramah Lingkungan BerubahLebihBaik.(https://dikemas.com/beralih-kemasan-yang-ramah-lingkungan- berubah-lebih-baik. Diakses 07 Agustus 2022)

Elvierayani, R.R. and Choiroh, F., 2020. Pengaruh Green Product dan Green Price Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Tupperware (Studi Kasus pada Mahasiswa Manajemen FE UNISLA). Mandalika Mathematics and Educations Journal, 2(1), pp.67-75.

Givan, B. and Winarno, S.H., 2019. Green Product Dan Gaya Hidup Pengaruhnya Pada Keputusan Pembelian (Studi Kasus Natural Coffee). Jurnal Ecodemica, 3(1), pp.2355-0295.

Handayani, R. T., Arradini D., Darmayanti T., Widianto A., & Atmojo J.T. (2020). Pandemi Covid-19, Respon Imun Tubuh, dan Herd Immunity. Jurnal Ilmiah Permas. Vol.10, No.3.

Hanifah, H.N., Hidayati, N. and Mutiarni, R., 2019. Pengaruh produk ramah lingkungan/Green Product dan Harga terhadap keputusan pembelian produk Tupperware. JMD: Jurnal Riset

Manajemen & Bisnis Dewantara, 2(1), pp.37-44.

Huda, F.A.T.T.A.K.H.U.L., 2019.

Pengaruh Kesadaran Produk Ramah Lingkungan, Citra Merek Hijau dan Kesadaran Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tisu Tessa.

Indonesiabaik.id. 2019. Kurangi Sampah Plastik! Gerakan Satu Juta Tumbler. (https://indonesiabaik.id/infografis/kura ngi-sampah-plastik-gerakan-satu-juta- tumbler. Diakses pada 7 Agustus 2022)

Jansen, F.Y., Worang, F.G. and Arie, F.V., 2022. Pengaruh Ekuitas Merek, Citra Merek, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Smartphone Samsung pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsrat 2019-2020. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(1), pp.279-288.

Jati, E.P.W., Mursito, B. and Marwarti, F.S., 2022. Keputusan Pembelian Merek Sepeda Polygon Ditinjau Dari, Gaya Hidup Sehat, Kualitas Produk dan Brand Image (Studi kasus di Surakarta). Jurnal Ilmiah Edunomika, 6(1), pp.526-539.

Kristian, D. and Widayanti, R., 2016.

Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda pada mahasiswa kampus 1 Universitas Kristen Krida Wacana. Ilmiah Manajemen Bisnis.

Laila, E.J., 2018. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Jilbab Rabbani Di Butik Qta Ponorogo. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(1).

Larasati, A.D., 2017. Pengaruh Green Product Dan Green Price Terhadap Keputusan Pembelian Produk The Body Shop (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Lestari, R.D., 2015. Pengaruh Green Product, Green Brand, Dan Green Advertising Terhadap Keputusan Membeli Air Minum Kemasan Botol Merek Aqua Di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember.

Mahyarni, M., 2013. Theory of reasoned action dan theory of planned behavior (Sebuah Kajian Historis tentang Perilaku). Jurnal El-Riyasah, 4(1), pp.13-23.

Marpaung, F.K., Arnold, M.W., Sofira, A. and Aloyna, S., 2021. Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Indomie Pada Pt. Alamjaya Wirasentosa Kabanjahe. Jurnal Manajemen, 7(1), pp.49-64.

Martini, T., 2015. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Merek Honda Jenis Skutermatic. Jurnal penelitian, 9(1).

Mihing, S.O. and Budiyanto, B., 2021. Pengaruh Lokasi, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Lalulalang Cafe Di Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 10(3).

Paat, L.M.M., Moniharapon, S. and Rogi, M., 2022. Pengaruh Fasilitas, Word Of Mouth, Kelompok Referensi, Gaya Hidup sehat dan Promosi Media Sosial Terhadap Keputusan Pemilihan Tempat Berolahraga Pada Generasi Milenial di GPI FUTSAL DAN SPORT CENTER

Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(1), pp.1566-1577.

Pamungkas, G.I., 2015. Pengaruh Green Product dan Green Advertising Terhadap Keputusan Pembelian Lampu LED Philips di Jember.

Pandensolang, J.D. and Tawas, H.N., 2015. Pengaruh diferensiasi, kualitas produk dan ekuitas merek terhadap keputusan pembelian Coca-Cola pada PT. Bangun Wenang Beverges Company di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(3).

Poinsefty Firliani, I., Yulisetiarini, D. and Ayu Wulandari, G., Pengaruh Green Product Dan Green Advertising Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Mobil Suzuki Karimun Wagon

R Di Kota Jember (Studi Kasus Pada Konsumen Yang Telah Membeli Mobil Suzuki Karimun Wagon R).

Ramadhan, M. A. F., & Pangestuti, E. (2018). Pengaruh Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ekolabel ( Studi Pada Produk Pt Ultrajaya ). 57(1), 38– 45.

Rahman, H.A. and Sitio, A., 2019. The Effect Of Promotion And Product Quality Through Purchase Decision On The Customer Satisfaction Of Bohemian Project. Id Products. Growth, 9, p.8.

Sani, S.A., Batubara, M., Silalahi, P.R., Syahputri, R.R. and Liana, V., 2022. Pengaruh Promosi, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Scarlett Whitening. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(5), pp.1327-1342.

Simbolon, Erma Wita Y.S., 2020. Pengaruh Gaya Hidup Sehat, Persepsi Harga, Dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Makan Organik (Doctoral dissertation, STIE YKPN).

Sukmawati, N. and Ekasasi, S.R., 2020. Pengaruh Gaya Hidup, Kualitas Produk, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Sehat Soyjoy. Cakrawangsa Bisnis: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(1), pp.17-28.

Syamsuddin, N. and Nawir, M., 2021. Pengaruh Green Product Terhadap Keputusan Pembelian pada produk Air Minum di Kota Banda Aceh. Jurnal Sociohumaniora Kodepena (JSK), 2(2), pp.250-263.

Tarigan, M. (2021). Kurangi Plastik, Berikut 5 Wadah Pengganti yang Bisa Digunakan. Cantika.

(https://www.cantika.com/read/147952 8/kurangi-plastik-berikut-5-wadah- pengganti-yang-bisadigunakan. Diakses pada 19 Agustus 2022)

Triyono, A. and Susanti, D.N., 2021. Pengaruh Word of Mouth, Healthy Lifestyle, dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Merek Polygon di Kabupaten Kebumen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 3(3), pp.484- 494.

Utami, T.R., 2020. Pengaruh Green Product, Green Advertising, dan Green Band Dengan Persepsi Harga Sebagai VariabelModerating TerhadapKeputusan Pembelian (Studi Empiris Konsumen Pengguna The Body Shop Di Kota Magelang) (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).

Widyastuti, Pristiana. 2018. Kualitas dan Harga sebagai Variabel Terpenting pada Keputusan Pembelian Sayuran Organik. Jurnal Bisnis dan Manajemen. 2 (1): 17-

Yohana, N. and Marwuri, T., 2016. Komunikasi Persuasif Komunitas Earth Hour dalam Membentuk Perilaku Ramah Lingkungan pada Masyarakat di Kota Pekanbaru (Studi pada Aksi Rampok Sampah di Car Free Day Jalan Diponegoro) (Doctoral dissertation, Riau University).

Yunita, C.Y.P.C., 2020. Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Membangun Awareness Produk Ramah Lingkungan PadaPt. Virtus Venturama. Jurnal Spektrum Komunikasi, 8(2), pp.149-158.

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles