PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI PROMOTION, BRAND IMAGE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI BICASUALWEAR

Authors

  • I Wayan Yuditya Wedastira Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Nita Anggraini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Gede Antok Setiawan Jodi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

media sosial instagram sebagai promotion, brand image, kualitas produk, keputusan pembelian

Abstract

Persaingan bisnis pada bidang fashion di era sekarang sangat ketat terutama pada pakaian, para pengusaha bersaing dalam menawarkan produk yang dijual oleh perusahaan dengan berbagai cara yang digunakan agar para konsumen tertarik dengan produk yang dijual oleh perusahaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial instagram sebagai promotion, brand image dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen di Bicasualwear.

Dalam masalah ini populasi yang akan digunakan adalah konsumen dari Bicasualwear yang jumlahnya tidak diketahui. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 119 orang. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah analisis regresi linear berganda.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Promotion (Sosial Media Instagram) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen di Bicasualwear. Brand Image berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen di Bicasualwear. Kualitas produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen di Bicasualwear. Hasil analisis koefisien determinasi bahwa besarnya koefisien determinasi R2 sebesar 0,863. Hal ini berarti kontribusi promotion, Brand Image dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian sebesar 86,3%. sedangkan sebesar 13,7% dipengaruhi faktor-faktor lain yang tidak diteliti.

References

Ajzen, I., & Fishbein, M. 1975. Belief, Attitude, Intention, and Behavior.: An Introduction to Theory and Research. Readinb, MA: Addison-Wesley.

Alam, R. S., Hamid, R. S., & Sapar, S. 2022. Pengaruh Komunikasi Pemasaran Digital, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada UMKM. Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa), 19(01), 56-68.

Anam, M. S., Nadila, D. L., Anindita, T. A., & Rosia, R. 2021. Pengaruh kualitas produk, harga dan Brand Image terhadap keputusan pembelian produk hand and body lotion merek Citra. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 4(1), 120-136.

Andrew, Macarthy. 2015. 500 Social Media Marketing Tips.

APJII. 2022. Tingkat Penetrasi Internet Di Indonesia.

Arianto, N., Asmalah, L., & Rahmat, F. 2022. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Studi pada Pengguna Mas Cleaner. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 5(2), 194-203.

Aris Jatmika Diyatma. 2017. Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Saka Bistro&Bar, Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, Volume 4. No1.

Assauri, S., 2015. Manajemen Pemasaran, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada.

Avicenna, A. S., Supeni, R. E., & Hafidzi, A. H. 2022. Promosi, Harga, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. BUDGETING: Journal of Business, Management and Accounting, 3(2), 249-260.

Aziz, N. 2019. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek Aicos Produksi Pt. Bumi Sarimas Indonesia.

Bramantya Yan Bayu & Jatra, Made. 2016. Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Yamaha Jupiter MX di Kota Denpasar. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Caleb T Carr, Rebecca A Hayes. 2015. Social Media: Defining, Developing and Divining. Journal of Communication. Emopat, Jakarta.

D’aveni, R. 2010. Fashion conscious: Lessons in commoditization from the fashion industry. Ivey Business Journal, 74(2), 1–4.

Diyatma, A., & Rahayu, I. 2017. Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Saka Bistro &bar. eProceedings of Management, 4(1).

Djauhar, A., Tovan, T., & Suharlian, S. 2021. Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha di Kabupaten Morowali. Sultra Journal of Economic and Business, 2(2), 69-80.

Dwijantoro, R., Dwi, B., & Syarief, N. 2022. Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Marketplace Shopee. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 16(2), 63-76.

Fakhrurrazi. 2018. Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian pada Warung Mie Aceh Dapur Tanah Rencong.

Fandy Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran, ed.

Geraldine, Yemina Mrvell dan Ari Susanti. 2021. Pengaruh Merek, Kualitas Produk, Media Sosial dan Harga terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Brand Wardah. Jurnal Ekonomi dan Manajemen. Program Studi Manajemen. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta.

Go Social. 2021. Media Sosial Instagram.

Hutagaol, R. S. R., & Safrin, F. A. 2022. Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Scarlett Whitening. Journal Of Social Research, 1(7), 761-772.

Ilmi, Muhammad Waliyul. 2019. Pengaruh Brand Image, Harga, Kualitas Produk Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Xiaomi Smartphone. Jurnal Riset Manajemen Prodi, Fakultas Ekonomi Unisma.

Ima, Nur. 2017. Pengaruh Kualitas Produk dan Komunikasi Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian pada Rumah Makan Prima di Anduonohu Kota Kendari. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Halu Oleo, Kendari.

Jansen, F. Y., Worang, F. G., & Arie, F. V. 2022. Pengaruh Ekuitas Merek, Citra Merek, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Smartphone Samsung pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsrat 2019-2020. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(1), 279-288.

Jashari, F., & Rrustemi, V. 2017. The impact of social media on consumer behavior. Journal of Knowledge Management, Economics and Information Technology, 7(1), 1–14.

Juwariyah, S. 2021. Pengaruh Promotion Mix dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian pada Pondok Cokelat Hatta Samarinda. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(9), 1606-1614.

Khangahi, F., & Kiani, F. 2021. The Role of Social Networks in the Formation of Social Lifestyle Changes Caused by the Covid-19. International Journal of Recent Technology and Engineering (IJRTE), 9(5), 263-267.

Kotler, P., & Keller, K. L. 2013. Manajemen Pemasaran (12 ed., Vol. 2). Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip., dan Amstrong, Gary. 2012. Primciples of Marketing New Jersey Prentice Hall.

Laksana, R. D., & Nasution, A. M. U. 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dimsum Pada CV. Royal Insan Mandiri di Medan. Economics, Business and Management Science Journal, 2(1), 9-15.

Martini, Luh Kadek Budi. 2017. Analisis Pengaruh Celebrity Endorse dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Kawasaki Ninja 250 CC, Prosiding, 55-62, 2017.

Mufa, Illiyyiin Julinartsani. 2019. Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sabana Fried Chicken di Kota Malang.

Mumu, S. 2022. Pengaruh Store Atmosphere dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada KFC GIRIAN. Bata Ilyas Educational Management Review, 2(1).

Mursid. 2017. Manajemen Pemasaran Jakarta: Bumi Aksara.

Nasrullah, Rulli. 2017. Media Sosial : Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Napoleon Cat. 2021. Pengguna Instagram Berdasarkan Kelompok Usia & Jenis Kelamin

Pratama, Keke Eka & Nurbaya, Siti. 2018. Pengaruh Brand Image Da Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian di Distro Osing Deles Banyuwangi. Jurnal Aplikasi Bisnis 4 (2), 495-499, 2019

Primadasa, Yosephus Galih. 2019 Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Marketplace Shopee (Studi Pada Karyawan PT. Percetakan Gramedia Cikarang). Skripsi. Bekasi: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Ilmu Sosial Universitas Pelita Bangsa

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. 2019. Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71-80.

Qayyumi, U. P. 2021. Pengaruh Promosi melalui Media Sosial (Instagram, Tik tok dan Youtube) dan Electronic Word of Mouth terhadap Minat Beli pada Bittersweet by Najla (Universitas Sanata Dharma). Universitas Sanata Dharma.

Rangkuti, Freddy. 2018. Strategi Promosi yang kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Sani, S. A., Batubara, M., Silalahi, P. R., Syahputri, R. R., & Liana, V. 2022. Pengaruh Promosi, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Scarlett Whitening. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(5), 1327-1342.

Sari, I. G. A. E. P., Anggraini, N. P. N., & Ribek, P. K. 2022. Pengaruh Brand Image, Brand Trust dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Pada VISA Agent Bali, Canggu. EMAS, 3(1), 154-165.

Seni, Ni Nyoman Anggar. 2017. The Theory Of Planned Behavior. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana.

Setianingsih, W. E. 2022. Analisis Pengaruh Promosi, E-WOM dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA, 8(1), 88-95.

Setiyaningrum, Ari,. Udaya, Jusuf., dan Efendi. 2016. Prinsip-prinsip Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset

Soleha, S., Suhartati, L., Martis, A., & Sugiyanto, S. 2022. Pengaruh Harga Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Tahu Pada Konsumen Pabrik Tahu Soleha, Gunung Sindur, Bogor. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 2(2).

Sudha, M., Shenna, K. 2017. Impact of influencers in consumer decision process: the fashion industry. SCMS Journal of Indian Management, 14–30.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RdanD. Bandung: Alfabeta, CV.

Supangkat, A.H., dan Supriyatin. 2017. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tas di Intako. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 6(9), 1-19

Suryaningtiyas, N., & Kurniawati, D. 2022. Pengaruh Gaya Hidup dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Empiris Pada Konsumen di Kopi Dari Hati Madiun). JRMA (Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi), 10(1), 40-51.

Tannia, P. V., & Yulianthini, N. N. 2022. Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Merek PCX. Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 3(2), 87-94.

Triyono, A., & Susanti, D. N. 2021. Pengaruh Word of Mouth, Healthy Lifestyle, dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Merek Polygon di Kabupaten Kebumen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 3(3), 484-494.

We Are Social. 2022. Pengguna Media Sosial Aktif Tahun 2022.

Wijaya, R. S. K., & Rachamawati, I. 2022. Pengaruh Promosi Via Instagram Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Followers Warunk Upnormal). eProceedings of Management, 9(3).

Wiranata, I. K. A., Agung, A. A. P., & Prayoga, I. M. S. 2021. Pengaruh Digital Marketing, Quality Product dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Roti di Holland Bakery BatuBulan. EMAS, 2(3).

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles