PENGARUH SOCIAL MEDIA, PERSEPSI HARGA, DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TISSUE PASEO (STUDI PENELITIAN DI TIARA DEWATA DENPASAR)

Authors

  • Ni Luh Widiantari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Anak Agung Putu Agung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Cempaka Dharmadewi Atmaja Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

social media, persepsi harga, brand image, keputusan pembelian

Abstract

Pengambilan keputusan merupakan sebuah proses yang terdiri dari beberapa tahap, yaitu pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif sebelum pembelian, pembelian, konsumsi, dan evaluasi alternatif sesudah pembelian. Banyak faktor yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian, di antaranya adalah social media, persepsi harga, dan brand image. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh social media, persepsi harga, dan brand image terhadap keputusan pembelian Tissue Paseo di Tiara Dewata Denpasar.

Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen Tiara Dewata Denpasar yang aktif menggunakan social media dan mengikuti informasi Tissue Paseo pada social media. Jumlah sampel yang diambil tercatat sebanyak 100 responden, di mana metode penentuan sampel yang digunakan adalah metode teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Linear Berganda, Koefisien Determinasi (R2), Uji F (uji sigifikan simultan), uji t (uji sigifikan parsial).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Social media berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Tissue Paseo di Tiara Dewata Denpasar, peningkatan atas social media akan diikuti oleh peningkatan keputusan pembelian. (2) Persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Tissue Paseo di Tiara Dewata Denpasar, peningkatan atas persepsi harga akan diikuti oleh peningkatan keputusan pembelian. (3) Brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Tissue Paseo di Tiara Dewata Denpasar, peningkatan atas brand image akan diikuti oleh peningkatan keputusan pembelian.

References

Arifianti, Nuraini. 2019. Pengaruh Media Sosial dan Elebtronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sarang Madu Murni dan Pengelolaan Media Sosial Di Sarang Madu Murni. Skripsi. Jakarta: Program Studi Agribisnis Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Ashari, Adli Pasha., Hardiyono, Hardiyono., dan Aswar, Nurul Fadilah. 2020. Analisis Pengaruh Citra Merk, Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Di Makassar. Mandar: Management Development and Applied Research Journal. Vol. 3, No. 1, Edisi Desember 2020, E-ISSN: 2654-4504

Atmaja, N. P. C. D., & Menuh, N. N. 2019. Peran Mediasi Brand Trust Pada Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Prosiding, (1), 1-12.

Christian, Joshua dan Mariah. 2020. Pengaruh Price Perception, Social Media Marketing dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kertas Titik Koma. Kalbisocio, Jurnal Bisnis dan Komunikasi, Volume 7, No. 2, Agustus 2020

Fatimah, Nurul. 2020. Pengaruh Media Sosial, Electronic Word Of Mouth, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli (Studi Pada Toko Poeniko Batik Di Pekalongan). Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang

Firmansyah, Anang. 2018. Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: CV Budi Utama

Handoko, Atok Dan Afandi, Rochmad. 2019. Pengaruh Brand Image Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sambal “Bu Sandra” Surabaya. Jurnal Studi Bisnis Dan Administrasi, Vol. 2, No.2, 2019 ISSN: 2620-794X (Media Online)

Huda, O.K., dan Nugroho, A.T. 2020. Pengaruh Word of Mouth Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Smartphone Oppo Dimediasi Kepercayaan Merek. Jurnal Pengembangan Wiraswasta STIE IPWIJA, 2(22), 141-150.

Kotler, Philip dan Armstrong, Garry. 2016. Principles of Marketing, Sixteen Edition. New Jersey: Perason Edition Limited

Kotler, Philip dan Armstrong, Garry. 2016. Prinsip - prinsip Pemasaran Edisi 13. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane. 2016. Marketing Management, 15th Global Edition. London: Pearson Education, Inc.

Maryani. 2016. Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Iqtishodiyah, Volume 2, Nomer 2, Januari 2016

Maupa, Haris., Kadir, Nuraeni., dan Sulbiah. 2019. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse di Makassar. JBMI, Vol. 16, No. 2, Oktober 2019

Miati, Iis. 2020. Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar). Jurnal Abiwara, Vol. 1, No. 2, Maret 2020, pp. 71-83, ISSN 2686-1577

Nasution, Annisa Umara. 2020. Pengaruh Social Media Marketing Dan Review Produk Pada Marketplace Tokopedia Terhadap Minat Beli (Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen Feb Usu). Skripsi. Medan: Program Studi Strata 1 Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sumatera Utara

Pane, Ade Luvitania. 2018. Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kue Medan Napoleon di Medan (Studi Pada Konsumen Produk Kue Medan Napoleon). Skripsi. Medan: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara

Pamungkas, Bagas Aji Dan Zuhroh, Siti. 2016. Pengaruh Promosi Di Media Sosial Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Kedai Bontacos, Jombang). Komunikasi, Vol. X, No. 02, September 2016: 145-160

Pasaribu, Monica Febrina. 2018. Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pencuci Wajah Pond’s Pada Mahasiswa Akuntansi Politeknik Negeri Medan. Skripsi. Medan: Program Studi Strata 1 Manajemen Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sumatera Utara

Peter, J. Paul and Jerry C. Olson. 2015. Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran (1st Indonesia language ed.). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Ridwan, Iwan dan Apriana, Shela. 2019. Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. The Asia Pacific Journal of Management, Vol. 6, No. 2, ISSN: 2407-6325, (2019)

Sari, Rani Widya. 2020. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Sosial Media Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Dalam Pandangan Islam (Studi Kasus Amadeus WTC Jambi). Skripsi. Program Studi Ekonomi Syari’ah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Serepina, Monika Gracia. 2020. Analisis Pengaruh Pemasaran Media Sosial, Brand Awareness, Dan Service Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Indodiner. Tesis. Jakarta: Universitas Persada Indonesia Y.A.I Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Program Studi Magister Manajemen

Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran. Teori dan Implementasi. Yogyakarta: CV Andi Offset

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RdanD. Bandung: Alfabeta, CV

Tjiptono, Fandy. 2016. Service, Quality dan Satisfaction. Yogyakarta: Andi

Tjiptono, Fandy. 2016. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles