PENGARUH GAYA HIDUP, SOCIAL MEDIA MARKETING, DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA TOKOPEDIA DI KOTA DENPASAR

Authors

  • Ni Luh Eka Setia Virgantini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Nita Anggraini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Gede Antok Setiawan Jodi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Gaya Hidup, Social Media Marketing, Brand Ambassador, Keputusan Pembelian Online

Abstract

Strategi dalam membuat konsumen untuk membeli suatu produk/jasa dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan keuntungan. Diantara beberapa faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian online, penelitian ini menganalisis keputusan pembelian online tersebut melalui variabel gaya hidup, social media marketing dan brand ambassador terhadap Tokopedia. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar dengan menggunakan sampel sebanyak 75 orang responden pengguna Tokopedia. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda yang diolah menggunakan software SPSS. Bedasarkan hasil analisis, penelitian ini menunjukan bahwa gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian online pada Tokopedia. Social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian online pada Tokopedia. Brand ambassador berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian online pada Tokopedia. Keterbatasan dalam penelitian ini hanya berfokus pada tiga variabel yaitu gaya hidup, social media marketing dan brand ambassador serta penelitian ini hanya dilakukan pada di Kota Denpasar dengan sampel responden yaitu pengguna Tokopedia. 

References

Ajzen, I. 1991. The Theory of Planned Behavior. Organization Behavior and Human Decision Process, Vol. 50(2)

Amin, A. M., & Yanti, R. F. (2021).

Pengaruh Brand Ambassador, EWOM, Gaya Hidup, Country Of Origin dan Motivasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Korea Nature Republic. INVEST: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), 1–14.

Apriastuti, N. M. D., Anggraini, N. P. N., & Ribek, P. K. (2022). Pengaruh Brand Awareness Dan Electronic Word Of Mouth (Ewom) Terhadap Keputusan Pembelian Di Situs Belanja Online Shopee Di Kota Denpasar. Emas, 3(10), 71-80.

Arif., M. (2021). Pengaruh Social Media Marketing, Electronic Word Of Mouth (EWOM) Dan lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Online. SiNTESa Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora.

Fitriana, Sudodo, Y., & Hakim, L. (2019). (Studi Kasus pada Konsumen Oriflame di Kabupaten Sumbawa). Jurnal Manajemen Dan Bisnis,

(1).

Ilaisyah, H. L., & Sulistyowati, R. 2020. Pengaruh Brand Ambassador dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada

Marketplace Tokopedia. Jurnal

Pendidikan Tata Niaga (JPTN),

(3)

Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2016. Prinsip-Prinsip Pemasaran.

Edisi13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. & Keller, K.L. 2012. Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Lailiya, N. (2020). Pengaruh Brand Ambassador dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian di Tokopedia. IQTISHADequity jurnal MANAJEMEN, 2(2), 113-

Megandaru, A. G., & Oktafani, F. (2019).

Pengaruh Social Media Marketing, Experiential Marketing, Dan

Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Merchandise Band Burgerkill. EProceeding of Management.

Nadia, S. M., & Pramitha, A. (2021). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Tokopedia. Banking &

Management Review.

Pangestu, S. D., & Suryoko, S. (2016). Pengaruh Gaya Hidup (Lifestyle) Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada

Pelanggan Peacockoffie Semarang). Jurnal Ilmu

Administrasi Bisnis, 5(4), 519– 530.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Tjiptono, Fandy., Gregorius Chandra. 2012. Service, Quality Satisfaction.

Jogjakarta: Andi Offset.

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles