PENGARUH LIFESTYLE, SOSIAL MEDIA MARKETING DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PANLANDWOO (Survei Online pada Followers Aktif Instagram Panlandwoo)

Authors

  • Ni Komang Dewi Laksmi Prabasini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Wayan Eka Mitariani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gede Yudhi Hendrawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Lifestyle, Social Media Marketing, Online Customer Review, Keputusan Pembelian

Abstract

Perhiasan  imitasi  sekarang  sudah  seperti  jati  diri  seseorang  sehingga  setiap pengusaha harus pintar memahami tentang perilaku konsumen. Perilaku konsumen berperan penting dalam memahami bagaimana konsumen secara aktual mengambil keputusan pembelian.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  pengaruh  lifestyle,  social media marketing dan online customer review terhadap keputusan pembelian produk Panlandwoo. Penelitian ini dilakukan di  Panlandwoo Jewellery pada konsumen produk Panlandwoo dengan menggunakan sampel sebanyak 105 orang responden. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda yang diolah menggunakan software SPSS versi 25. Bedasarkan hasil analisis, penelitian ini menunjukan bahwa lifestyle, social media marketing dan online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Produk Panlandwoo. Hal ini berarti bahwa semakin baik lifestyle, social media marketing dan online customer review konsumen pada produk Panlandwoo maka semakin baik pula keputusan pembelian.

References

Angela, V., & Paramita, E. L. 2020.

Pengaruh Lifestyle Dan Kualitas

Ekobis: Ekonomi Bisnis & Manajemen, 10(2), 248-262.

A'yun, Q. A. Y. Q., Fitriyah, R. M. F. R. M., Argy, M. A. H. H. M., Hariran, H.,

& Muzdalifah, L. M. L. 2021. Pengaruh Gaya Hidup Dan Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Cash on Delivery (COD) Pada Pelaku Umkm di Sidoarjo. Greenomika, 3(2), 98-105.

Bahari, M. F., & Dermawan, R. 2022.

Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Tokopedia di Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk. SEIKO: Journal of Management & Business, 5(2),

-108.

Burhanudin. 2015. Aplikasi theory of planned behavior pada intensi mahasiswa untuk berwirausaha. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 6 1),

-72.

Calvin, J. 2021. Pengaruh Online

Customer Review dan Online

Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Marketplace Shopee di DKI

Jakarta. Skripsi. Institut Bisnis

Fahira, L. 2021. Pengaruh Brand Image dan Life Style Terhadap

Keputusan Pembelian Cold ‘N Brew. Jurnal Ilmiah MEA

(Manajemen, Ekonomi, dan

Akuntansi), Vol. 5 No. 3, 2387-

Giovani, R. R., & Purwanto, S. 2022.

Pengaruh Social Media

Marketing dan Brand Awareness

Terhadap Keputusan Pembelian

Pada Cafe Pitstop Gresik.

Revitalisasi: Jurnal Ilmu

Manajemen, 11(1), 10-17. Hariyanto, H. T., & Trisunarno, L. 2021.

Analisis Pengaruh Online

Customer Review, Online

Customer Rating, dan Star Seller terhadap Kepercayaan Pelanggan Hingga Keputusan Pembelian pada Toko Online di Shopee. Jurnal Teknik ITS, 9(2), A234- A239.

Kambali, I., & Masitoh, S. 2021. Pengaruh

Social Media Marketing Terhadap

Keputusan Pembelian Jasa

Pengiriman Barang di Kantor Pos

Pati 59100. Pro Mark, 11(1), 10-

Kotler, P dan Amstrong. 2018. Prinsip-

prinsip Marketing. Penerbit

Salemba Empat. Jakarta.

Laeli, R. N., & Prabowo, R. E. 2022.

Analisis Pengaruh Online

Customer Review, Online

Customer Rating dan Tagline" Gratis Ongkir" terhadap

Keputusan Pembelian melalui

Marketplace Shopee. SEIKO:

Journal of Management & Business, 5(2), 306-314.

Mo, Z., Li, Y. & Fan, P. 2015. Effect of

Online Reviews on Consumer

Purchase

Behavior. Journal of Service

Science and Management.

(June), pp.419–424

Mongisidi, S. J., Sepang, J., & Soepeno, D.

Pengaruh Lifestyle Dan

Harga Terhadap Keputusan

Pembelian Sepatu Nike (Studi

Kasus Manado Town Square).

Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3), 2949-2958.

Nisa, U. K., & Kalimah, S. 2021. Pengaruh Gaya Hidup (Lifestyle), Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Konsumen Dunia Cell, Pare- Kediri). Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 2(4), 21-

Nursiti, N., & Giovenna, A. 2022.

Pengaruh Social Media

Marketing, Harga, dan Kualitas

Produk Terhadap Keputusan

Pembelian Produk Uniqlo. Jurnal

Industri Kreatif dan

Kewirausahaan, 5(1).

Othysalonika, O., Muhaimin, A. W., & Faizal, F. 2022. Pengaruh Social

Media Marketing terhadap Minat dan Keputusan Pembelian

Konsumen pada Usaha Makanan

Sehat di Kota Malang. Jurnal

Ekonomi Pertanian dan

Agribisnis, 6(3), 1134-1146.

Park, C. & Lee, T. M. 2017. Information

Direction, Website Reputation and eWOM Effect: A Moderating

Role of Product Type. Journal of

Business Research, 62(1), 61–67.

Putra, I. M. D., Mitariani, N. W. E., & Imbayani, I. G. A. 2021.

Pengaruh Kualitas Produk,

Persepsi Harga Dan Social Media

Marketing Terhadap Keputusan

Pembelian Cetta Gitar di Toko

Melodramatic Denpasar. Values,

(1), 177-186.

Ramadhana, R. 2022. Pengaruh Online

Customer Review Terhadap

Keputusan Pembelian Pada

Marketplace. Seminar Nasional

(PROSPEK I), 157-165.

Safitri, A. N., & Basiya, R. 2022. Pengaruh

Brand Image, Lifestyle, dan

Promosi Media Sosial Terhadap

Keputusan Pembelian di Toko

Second. YUME: Journal of

Management, 5(2), 450-458. Santoso, B., Anggriana, R., Qomariah, N.

Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Ojek Online “OM-JEK” Jember. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 7(2), 137-156.

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. 2017.

Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Indeks.

Sudirman, Muhammad Naufal. 2018.

Pengaruh Online Review Youtube

Terhadap Minat Beli Mobil

Toyota Rush 2018 dengan Dimediasi Sikap Konsumen. Skripsi. Universitas Islam Indonesia.

Tjiptono, F. 2017. Manajemen Pemasaran

Jasa. PT Indeks Kelompok

Gramedia.

Winarti, C. 2021. Pemanfaatan Sosial Media oleh UMKM Dalam Memasarkan Produk di Masa Pandemi Covid-19. Universitas Tanjungpura, 195-206.

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles