PENGARUH LIFESTYLE, SOSIAL MEDIA MARKETING DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PANLANDWOO (Survei Online pada Followers Aktif Instagram Panlandwoo)
Keywords:
Lifestyle, Social Media Marketing, Online Customer Review, Keputusan PembelianAbstract
Perhiasan imitasi sekarang sudah seperti jati diri seseorang sehingga setiap pengusaha harus pintar memahami tentang perilaku konsumen. Perilaku konsumen berperan penting dalam memahami bagaimana konsumen secara aktual mengambil keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lifestyle, social media marketing dan online customer review terhadap keputusan pembelian produk Panlandwoo. Penelitian ini dilakukan di Panlandwoo Jewellery pada konsumen produk Panlandwoo dengan menggunakan sampel sebanyak 105 orang responden. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda yang diolah menggunakan software SPSS versi 25. Bedasarkan hasil analisis, penelitian ini menunjukan bahwa lifestyle, social media marketing dan online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Produk Panlandwoo. Hal ini berarti bahwa semakin baik lifestyle, social media marketing dan online customer review konsumen pada produk Panlandwoo maka semakin baik pula keputusan pembelian.
References
Angela, V., & Paramita, E. L. 2020.
Pengaruh Lifestyle Dan Kualitas
Ekobis: Ekonomi Bisnis & Manajemen, 10(2), 248-262.
A'yun, Q. A. Y. Q., Fitriyah, R. M. F. R. M., Argy, M. A. H. H. M., Hariran, H.,
& Muzdalifah, L. M. L. 2021. Pengaruh Gaya Hidup Dan Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Cash on Delivery (COD) Pada Pelaku Umkm di Sidoarjo. Greenomika, 3(2), 98-105.
Bahari, M. F., & Dermawan, R. 2022.
Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Tokopedia di Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk. SEIKO: Journal of Management & Business, 5(2),
-108.
Burhanudin. 2015. Aplikasi theory of planned behavior pada intensi mahasiswa untuk berwirausaha. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 6 1),
-72.
Calvin, J. 2021. Pengaruh Online
Customer Review dan Online
Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Marketplace Shopee di DKI
Jakarta. Skripsi. Institut Bisnis
Fahira, L. 2021. Pengaruh Brand Image dan Life Style Terhadap
Keputusan Pembelian Cold ‘N Brew. Jurnal Ilmiah MEA
(Manajemen, Ekonomi, dan
Akuntansi), Vol. 5 No. 3, 2387-
Giovani, R. R., & Purwanto, S. 2022.
Pengaruh Social Media
Marketing dan Brand Awareness
Terhadap Keputusan Pembelian
Pada Cafe Pitstop Gresik.
Revitalisasi: Jurnal Ilmu
Manajemen, 11(1), 10-17. Hariyanto, H. T., & Trisunarno, L. 2021.
Analisis Pengaruh Online
Customer Review, Online
Customer Rating, dan Star Seller terhadap Kepercayaan Pelanggan Hingga Keputusan Pembelian pada Toko Online di Shopee. Jurnal Teknik ITS, 9(2), A234- A239.
Kambali, I., & Masitoh, S. 2021. Pengaruh
Social Media Marketing Terhadap
Keputusan Pembelian Jasa
Pengiriman Barang di Kantor Pos
Pati 59100. Pro Mark, 11(1), 10-
Kotler, P dan Amstrong. 2018. Prinsip-
prinsip Marketing. Penerbit
Salemba Empat. Jakarta.
Laeli, R. N., & Prabowo, R. E. 2022.
Analisis Pengaruh Online
Customer Review, Online
Customer Rating dan Tagline" Gratis Ongkir" terhadap
Keputusan Pembelian melalui
Marketplace Shopee. SEIKO:
Journal of Management & Business, 5(2), 306-314.
Mo, Z., Li, Y. & Fan, P. 2015. Effect of
Online Reviews on Consumer
Purchase
Behavior. Journal of Service
Science and Management.
(June), pp.419–424
Mongisidi, S. J., Sepang, J., & Soepeno, D.
Pengaruh Lifestyle Dan
Harga Terhadap Keputusan
Pembelian Sepatu Nike (Studi
Kasus Manado Town Square).
Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3), 2949-2958.
Nisa, U. K., & Kalimah, S. 2021. Pengaruh Gaya Hidup (Lifestyle), Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Konsumen Dunia Cell, Pare- Kediri). Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 2(4), 21-
Nursiti, N., & Giovenna, A. 2022.
Pengaruh Social Media
Marketing, Harga, dan Kualitas
Produk Terhadap Keputusan
Pembelian Produk Uniqlo. Jurnal
Industri Kreatif dan
Kewirausahaan, 5(1).
Othysalonika, O., Muhaimin, A. W., & Faizal, F. 2022. Pengaruh Social
Media Marketing terhadap Minat dan Keputusan Pembelian
Konsumen pada Usaha Makanan
Sehat di Kota Malang. Jurnal
Ekonomi Pertanian dan
Agribisnis, 6(3), 1134-1146.
Park, C. & Lee, T. M. 2017. Information
Direction, Website Reputation and eWOM Effect: A Moderating
Role of Product Type. Journal of
Business Research, 62(1), 61–67.
Putra, I. M. D., Mitariani, N. W. E., & Imbayani, I. G. A. 2021.
Pengaruh Kualitas Produk,
Persepsi Harga Dan Social Media
Marketing Terhadap Keputusan
Pembelian Cetta Gitar di Toko
Melodramatic Denpasar. Values,
(1), 177-186.
Ramadhana, R. 2022. Pengaruh Online
Customer Review Terhadap
Keputusan Pembelian Pada
Marketplace. Seminar Nasional
(PROSPEK I), 157-165.
Safitri, A. N., & Basiya, R. 2022. Pengaruh
Brand Image, Lifestyle, dan
Promosi Media Sosial Terhadap
Keputusan Pembelian di Toko
Second. YUME: Journal of
Management, 5(2), 450-458. Santoso, B., Anggriana, R., Qomariah, N.
Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Ojek Online “OM-JEK” Jember. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 7(2), 137-156.
Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. 2017.
Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Indeks.
Sudirman, Muhammad Naufal. 2018.
Pengaruh Online Review Youtube
Terhadap Minat Beli Mobil
Toyota Rush 2018 dengan Dimediasi Sikap Konsumen. Skripsi. Universitas Islam Indonesia.
Tjiptono, F. 2017. Manajemen Pemasaran
Jasa. PT Indeks Kelompok
Gramedia.
Winarti, C. 2021. Pemanfaatan Sosial Media oleh UMKM Dalam Memasarkan Produk di Masa Pandemi Covid-19. Universitas Tanjungpura, 195-206.