PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, KEWAJARAN HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP DI HOTEL HOLIDAY INN EXPRESS BARUNA BALI

Authors

  • I Kadek Agus Widiarta Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Cempaka Dharmadewi Atmaja Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Daniel Manek Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Online Customer Review, Kewajaran Harga, Kualitas Pelayanan, dan Keputusan Pembelian.

Abstract

Penelitian ini menginvestigasi pengaruh Online Customer Review, Kewajaran Harga, Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Menginap di industri perhotel. Implikasi manajerial dari penelitian ini adalah pentingnya manajeman hotel untuk memperhatikan dan memperbaiki repotasi online, menjaga kewajaran harga, dan meningkatkan kualitas pelayanan guna meningkatkan keputusan menginap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Online Customer Review, Kewajaran Harga, Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menginap Di Hotel Holiday Inn Express Baruna Bali. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang menginap di hotel Holiday Inn Express Baruna Bali. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 85 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan Deskripsi Data, Analisis Deskripsi, Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Karakteristik Responden, Deskprisi Variabel Penelitian, Analisis Regresi Linear Berganda, Uji Asumsi Klasik,, Koefisien Determinasi, Uji f, dan, Uji t. Hasil penelitian menjukkan bahwa Online Customer Review berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Menginap, Kewajaran Harga berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Menginap, Kualitas Pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Menginap.

References

Anderson, K., & Sreenivasan, S. (2019). The Impact of Online Customer Reviews on Hotel Booking Intentions. Journal of Hospitality Marketing & Management, 28(7), 754-776.

Atmaja, N.P.C.D. 2016. Pengaruh Kewajaran Harga, Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pengguna Jasa Penerbangan Domestik Garuda Indonesia Di Denpasar. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian-Denpasar, Hal 200

Au, Zan Denniar: 2015. *Analisis Pengaruh Ragam Menu, Persepsi Harga, Lokasi dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Ulang Pada Soto Sedeep Banyumanik Cabang Ambarawa." Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Barsky, J. (1992). Customer satisfaction in the hotel industry: Meaning and measurement. Hospitality Research Journal, 16(1), 51-73.

Burhanudin. 2015. Aplikasi Theory of Planned Behavior Pada Intensi Mahasiswa Untuk Berwirausaha. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, Vol 6, No.1, pp. 60-72

Chen, J., & Xie, K. L. (2017). The influence of online reviews on consumers' attributions of service quality and control for service standards in the hotel industry. International Journal of Hospitality Management, 61, 102-110.

Choi, T. Y., & Chu, R. (2000). Customer perceived value, satisfaction, and loyalty: The role of switching costs. Psychology & Marketing, 17(11), 973-995.

Cronin Jr, J. J., & Taylor, S. A. (1992). Measuring service quality: A reexamination and extension. Journal of Marketing, 56(3), 55-68.

Fandy, Supriono. 2017. "Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Pembelian Ulang (Survei pada Konsumen Go-Ride di Kota Surabaya)" dalam Jurnal Administrasi Bisnis Vol 50, No 2 Tahun 2017. Hal 135-141. Universitas Brawijaya Malang.

Fatimah, Nurul. 2020. Pengaruh Media Sosial, Electronic Word Of Mouth, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli (Studi Pada Toko Poeniko Batik Di Pekalongan). Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Fishbein, M. A., & Ajzen, I. (1975). Belief, Attitude, Intention And Behavior: An Introduction to Theory and Research. Reading, MA(US): Addison-Wesley.

Firmansyah, Anang. 2018. Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: CV Budi Utama.

Fauzi, S., & Lina, L. F. (2021). Peran Foto Produk, Online Customer Review, Online Customer Rating Pada Minat Beli Konsumen Di E- Commerce. Jurnal M uham madiy ah Manajemen Bisnis, 2(1), 22–26.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam.2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program

Harjati, Lily., Yurike Veneisia. 2015. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Maskapai Penerbangan Tiger Air Mandala. E-Journal WIDYA Ekonomika, Vol. 1, No. 1, pp. 64-74.

Handoko, Atok Dan Afandi, Rochmad. 2019. Pengarh Brand Image Dan Harpe Terhadap Keputusan Pembelian Sambal "Bu Sandra" Surabaya. Jurnal Studi Bisnis Dan Administrasi, Vol. 2, No.2, 2019 ISSN: 2620-794% (Media Online).

Hennig-Thurau, T., & Klee, A. (1997). The impact of customer satisfaction and relationship quality on customer retention: A critical reassessment and model development. Psychology & Marketing, 14(8), 737-764.

Heskett, J. L., Jones, T. O., Loveman, G. W., Sasser Jr, W. E., & Schlesinger, L. A. (1994). Putting the service-profit chain to work. Harvard Business Review, 72(2), 164-174.

Hidayat, A., Adanti, A. P., Darmawan, A., & Setyaning, A. N. A. (2019). Factors Influencing Indonesian Customer Satisfaction and Customer Loyalty in Local Fast-Food Restaurant. International Journal of Marketing Studies, 11(3), 131.

Hidayati, N. L. (2018). Pengaruh Viral Marketing, Online Consumer Riviews Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Shopee Di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(2), 77–84

Kandampully, J., & Hu, H. H. (2007). Do hoteliers need to manage image to retain loyal customers?. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 19(6), 435-443.

Kandampully, J., & Suhartanto, D. (2000). Customer loyalty in the hotel industry: The role of customer satisfaction and image. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 12(6), 346-351.

Kucukusta, D., & Jones, P. (2019). Hotel room pricing and customer satisfaction: An empirical analysis of online reviews. International Journal of Hospitality Management, 82, 101-111.

Kotler, A. (2016). Principles of Marketing Sixteenth Edition Global Edition. Pearson Education Limited.

Kotler, Philip dan Armstrong, Garry. 2016. Principles of Marketing, Sitteen Edition. New Jersey: Perason Edition Limited.

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller (2016), Marketing Management, Edisi: 15e, United States of America: Pearson Education. IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Lee, Y. H., & Chen, W. C. (2018). The influence of online reviews on consumers' perceived risk associated with hotel reservation. International Journal of Hospitality Management, 72, 47-55.

Maharani, S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Citra Merek, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Iothisadequity, 2(1), 1-10.

Mu’nis, H., & Komaladewi, R. (2020). Analisis Komparatif Online Customer Review Dan Survey Customer Review Marketing Mix. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 15(3), 138–148.

Nainggolan, F., & Hidayet, A. (2020). The effect of country of origin, brand image, price fairness, and service quality on loyalty toward iPhone mobile users, mediated by consumer satisfaction. European Journal of Business and Management Research, 5(1).

Nainggolan, Nana Triapnita. 2020. Perilaku Konsumen di Era Digital. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Nainggolan, R., & Purba, E. (2019). Perbaikan Performa Cluster K-Means Menggunakan Sum Squared Error (SSE) Pada Analisis Online Customer Review Terhadap Produk Toko Online. Jurnal TIMES, 8(2), 1–8.

Nopriani. 2016. Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kecap Manis ABC (Studi UD. Toko Harapan Besar Di Desa Suka Maju Dk 4D). Artikel Ilmiah. Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universits Pasir Pengaraian.

Nopriani, N. (2016). Pengaruh Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian Kecap Manis ABC (Studi Ud. Toko Harapan Besar di Desa Suka Maju Dk 4d) (Doctoral dissertation, Universitas Pasir Pengaraian).

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1985). A conceptual model of service quality and its implications for future research. Journal of Marketing, 49(4), 41-50.

Resti, Harry. 2016. "Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan Melalui Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang Pada Rumah Kecantikan Sifra di Pati" dalam Jurnal Managemen Universitas Diponegoro Vol 5, No 1 Tahun 2016. Hal 1-12.

Rini, Nanik. 2019. "Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, dan Kualitas Produk Terhadap Minat Pembelian Ulang dan Kepuasan Pelanggan Online Shopping Pada Remaja Situbondo" dalam Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol 6, No 2 Tahun 2019. Hal 107-116. Universitas Abdurachman Saleh Situbondo.

Rini, Diah, Sudaryanto. 2016. "Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Serta Kualitas Produk Terhadap Minat Pembelian Ulang dan Kepuasan Pelanggan Online Shopping Pada Mahasiswa Universitas Abdurachman Saleh Situbondo" dalam Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol 10, No 2 Tahun 2016. Hal 115-126. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

________. 2007. Metodologi Penelitian Bisnis, PT. Gramedia, Jakarta Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

________. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

________. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabetap.

________. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. ALFABETA.

Verma, R., & Verma, P. (2018). Impact of service quality on customer satisfaction in five star hotels in India: An empirical study. Journal of Tourism and Hospitality Management, 6(3), 68-78.

Vildayanti, R. A., Sriyanto, A., Hidayat, R. S., & Setyarko, Y. (2022). PERAN KONTEN, TESTIMONI DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA PELANGGAN KOPI LIMA DETIK KEMANG, DI JAKARTA). Jurnal Ekonomika Dan Manajemen, 11(2), 168–183.

Yoo, M., & Gretzel, U. (2017). The influence of reviews and ratings on online purchasing behavior: A high involvement decision-making perspective. Computers in Human Behavior, 75, 35-47.

Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2006). Services marketing: Integrating customer focus across the firm. Boston: McGraw-Hill.

Downloads

Published

2024-10-15

Issue

Section

Articles