PENGARUH IKLAN, HARGA DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA DI KOTA DENPASAR

Authors

  • Ni Ketut Sri Diana Wati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ayu Imbayani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Surya Prayoga Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Keputusan Pembelian, Iklan, Harga, Online Customer Review

Abstract

Penggunan marketplace sebagai tempat belanja semakin berkembang yang didorong oleh kemajuan teknologi sehingga menjadi trend bagi masyarakat. Dalam meningkatkan penjualan, banyak perusahaan yang dituntut untuk ikut serta menggunakan digitalisasi. Iklan, harga dan online customer review merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian. Iklan yang menarik memudahkan konsumen mengingat brand tersebut. Harga yang ditawarkan dengan kualitas yang baik dapat meningkatkan kepuasan pelanggan serta adanya fitur online customer review dapat meminimalisir kemungkinan resiko yang diterima konsumen akibat berbelanja online agar timbul kepercayaan terhadap perusahaan dan menchant dalam memutuskan melakukan pembelian.

            Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh iklan, harga dan online customer review terhadap keputusan pemblian. Populasi pada penelitian adalah pengguna Tokopedia di kota Denpasar dengan sampel sebanyak 100 responden yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuisoner yang menggunakan teknik analisis regeresi linier berganda.

Hasil menunjukkan bahwa secara parsial iklan, harga dan online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pebelian. Dalam penelitian ini online customer review mempunyai pengaruh yang dominan terhadap keputusan pembelian pada marketplace tokopedia di Kota Denpasar.

References

Andriani, F. 2021. Pengaruh Iklan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Tokopedia (Studi Pada Pengguna Tokopedia Di Jabodetabek). Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen. Vol. 1, No 3.

Anggila. D. J., dan Subandrio. 2020. Pengaruh Harga, Kepercayaan, dan Advertising (Iklan) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Tokopedia. Jurnal Enterpenture dan Manajemen Sains. Vol. 3, No. 2. 2 Juli 2020.

Arianto. N., dan Giovani. 2020. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Pemasaran Kompetitif. Vol. 3, No.2.

Albert Kurniawan 2014. Metode Riset untuk Ekonomi dan Bisnis: Teori, Konsep, dan Praktik Penelitian Binsnis. Bandung Alfabeta.

Brestilliani. L., dan Suhermin. 2020. Pengaruh Brand Awerness, Brand Ambassador dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Marketplace Shoppe. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol. 9, No. 2, Februari 2020.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Illasyah, H. L., dan Sulistyowati, R. 2020. Pengaruh Brand Ambassador dan Iklan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Marketplace Tokopedia. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), Vol 8, No. 3.

Kotler, P. & Amstrong, G. (2012), Prinsip – Prinsip Pemasaran Edisi 12. Penerbit Erlangga.

Kotler, Amstrong (2004). Prinsip- Prinsip Pemasaran, Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip, 2016. Dasar- Dasar Pemasaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Nugroho, Rizma. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Taksi Online GO-CAR di Kota Solo. Skripsi Fakultas dan Bisnis, Universitas Muhamadmadiyah Surakerta.

Rahmawati. 2018. Pengaruh Harga dan Minat Beli terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Shoppe. Jurnal Riset Sains Manajemen, 2(4), 143 – 150.

Robbins, Stephen P & Judge, Timothy A. 2013. Organizational Behavior Edition 15. New Jersey: Person Education.

Setyowati, Erni dan Widyadi. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Pemediasi. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, Vol. 18. No. 2.

Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sari Mustika. R., dan Prihartono. 2021. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pelanggan Produk Sprei Rise). Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi dan Akutansi (MEA). Vol. 5, No. 3, 2 Juli 2022.

Tjiptono, Fandy. 2018. Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga. Yogyakarta: CV . Andi Offiset.

Widya, C. A., dan Riptiono, S. 2019. Pengaruh Online Customer Review Dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Dengan customer Trust Sebagai Intervening. (Studi Pada Pengguna Instagram Di 1 Kecamatan Kebumen). Jurnail Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akutansi (JMMBA), Vol 1, N. 1, pp. 76-84.

Zhao, X., Liang, W , Xiao, G., and Rob, L., 2015, The Influence Of Online Rivewes To Online Hotel Review On Customer Consideration, Netherland : Tourism Management, vol 30, 123- 127.

Downloads

Published

2023-04-19

Issue

Section

Articles