PENGARUH STORE ATMOSPHERE, CUSTOMER EXPERIENCE DAN UTILITARIAN VALUE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KEDAI ISTANA KOPI UBUD

Authors

  • I Made Johan Wirya Atmaja Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ayu Imbayani Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Surya Prayoga Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/emas.v6i3.11400

Keywords:

store atmosphere, customer experience, utilitarian value, keputusan pembelian

Abstract

Keputusan pembelian merupakan proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh konsumen dalam membeli produk untuk memenuhi kebutuhannya. Banyak faktor yang mempengaruhi konsumen di era globalisasi dalam hal keputusan pembelian, diantaranya adalah store atmosphere, customer experience dan utilitarian value. Kedai istana kopi Ubud merupakan salah satu usaha yang bergerak di penjualan olahan kopi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memperoleh bukti empiris pengaruh store atmosphere, customer experience dan utilitarian value terhadap keputusan pembelian pada kedai Istana Kopi Ubud. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang berbelanja di kedai Istana Kopi Ubud yang diambil pada tahun 2024. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 102 responden yang ditentukan berdasarkan metode non probability sampling yaitu accidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Data diambil dengan kuesioner skala likert dan diolah menggunakan program IBM SPSS Statistics versi 24. Adapun hasil penelitian ini adalah variabel store atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada kedai Istana Kopi Ubud, customer experience berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada kedai Istana Kopi Ubud, utilitarian value berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada kedai Istana Kopi Ubud.

References

Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior, Organizational Behavio And Human Decision Processes. Amherst: Academia Press.Inc.

Anissa, Mukhsin, M., and Atiah, I. N. (2023). The Influence of Islamic Branding, Product Quality and Customer Experience on Purchasing Decisions of HNI HPAI Products (Study on Agency Center (AC) Halal Mart Rangkasbitung Consumers). In International Collaboration Conference on Islamic Economics.

Achmad, G. N., Hudayah, S., & Ilmi, Z. (2020). The Influence of Hedonic Value and Utilitarian Value on Brand Trust and Loyalty. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 4(03), 62–70. https://doi.org/10.29040/ijebar.v4i03.1287

Anderson, S., & Sin, L. G. (2020). The Influence of Store Atmosphere on Purchasing Decisions and Customer Satisfaction: A Case Study at the Pacific Restaurant, Blitar. Journal of The Community Development in Asia, 3(3), 70–78. https://doi.org/10.32535/jcda.v3i3.891

Essardi, N. I., Mardikaningsih, R., & Darmawan, & D. (2022). Service Quality, Product Diversity, Store Atmosphere, and Price Perception: Determinants of Purchase Decisions for Consumers at Jumbo Supermarket. Journal of Marketing and Business Research, 2(2), 95–104. https://doi.org/10.56348/mark.v2i2.52

Fikri, M., & Silvianita, A. (2022). Influence of Customer Behaviour and Customer Experience on Purchase Decision of Urban Distro. Business Journal : Jurnal Bisnis Dan Sosial, 7(2), 61. https://doi.org/10.25124/businessjournal.v7i2.4730

Hendarto, T., Ermaini, Fatmawati, E., Ismanto, W., Wibowo, T. S., & Tsai, C. H. (2023). the Impact of Consumer Decisions in Purchasing Foods Based on Price, Product Design, Location, and Store Atmosphere. Jurnal Aplikasi Manajemen, 21(2), 296–307.

Kurnianingtyas, W. (2022). Assessing the Influence of Brand Awareness, Product Variety, and Store Atmosphere on Purchasing Decisions at Sanrio Supermarket. ISSE International Journal of Service Science, 3(3), 20–25.

Muhammad Alfiansyah, & RA Nurlinda. (2023). Pengaruh Utilitarian Value, Hedonic Value, Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Riset Manajemen Dan Ekonomi (Jrime), 1(4), 298–327. https://doi.org/10.54066/jrime-itb.v1i4.798

Najib, M. F., Fauziah, T., Djatnika, T., Saefulloh, D., & Purnamasari, D. (2022). Impact of Utilitarian and Hedonic Values on Hijab Buying Intentions: Evidence from Indonesia. Journal of Marketing Innovation (JMI), 2(2), 154–168. https://doi.org/10.35313/jmi.v2i2.48

Nurjihan, S. R., & Bertuah, E. (2023). The Influence of Brand Luxury, Customer Experience, and E-Wom on Purchasing Decisions. Social Science Academic, 1(2), 507–520. https://doi.org/10.37680/ssa.v1i2.3996

Pelupessy, M. M., Hanoeboen, B. R. A., Leiwakabessy, E., & Pitna, S. H. (2024). Price Perception and Promotion on Honda Motorcycle Purchase Decision on CV. Various Motorcycles. ARRUS Journal of Social Sciences and Humanities, 4(3), 401–410. https://doi.org/10.35877/soshum2663

Rizky Insan Pertiwi, Mohamad Rizan, & Dewi Agustin Pratama Sari. (2024). Pengaruh Utilitarian Value Dan Experiential Marketing Terhadap Revisit Intention Dimediasi Customer Satisfaction: Studi Pada Pelanggan Restoran All You Can Eat Di Jakarta. Indonesian Journal of Economics, Management and Accounting, 1(1), 1–11. https://jurnal.intekom.id/index.php/ijema/article/view/269

Rusnendar, E., & Salma, G. (2022). Pengaruh Word Of Mouth (WOM) dan Customer Experience Terhadap Keputusan Pembelian Produk UMKM Yoghurt di Bandung Timur Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Maps (Manajemen Perbankan Syariah), 6(1), 62–69. https://doi.org/10.32627/maps.v6i1.575

Sekarwangi, E., & Ayuwardani, M. (2023). Analysis Of The Influence Of Customer Experience And Store Atmosphere On Customer Satisfaction At Nyctophily Coffee. International …, 02(03), 166–179. https://e-journal.citakonsultindo.or.id/index.php/IJEBIR/article/view/264%0Ahttps://e-journal.citakonsultindo.or.id/index.php/IJEBIR/article/download/264/202

Shaleha, W. M., Hamid, N., & Hakim, A. A. A. A. (2020). Pengaruh Hedonic Shopping Value, Utilitarian Value, Dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Pada Minnisou Lippo Plaza Kendari. JBMP (Jurnal Bisnis, Manajemen Dan Perbankan), 6(2), 91–99. https://doi.org/10.21070/jbmp.v6i2.678

Sugiharto, A., & Anggraini, D. (2022). Pengaruh Store Atmosphere, Promosi Dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pizza Hut Area Jakarta Barat. JEB17 : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 7(02), 143–162. https://doi.org/10.30996/jeb17.v7i02.7364

Sulanjari, B., & Tjahjaningsih, E. (2023). ONLINE PURCHASING DECISIONS ARE INFLUENCED BY UTILITARIAN VALUE TO INCREASE PURCHASE SATISFACTION under a Creative Commons Attribution-NonComm ercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0). Jurnal Ekonomi, 12(02), 2023. http://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/Ekonomi

Yulinda, A. T., Febriansyah, E., & Riani, F. S. (2021). Pengaruh Store’S Atmosphere Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Nick Coffee. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.37676/ekombis.v9i1.1228

Zherlina, C. A., & Setiawan, M. B. (2023). Pengaruh Harga, Promosi dan Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Omah Langit Semarang. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 7(1), 361. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v7i1.776

Downloads

Published

2025-03-26

How to Cite

Atmaja, I. M. J. W., Imbayani, I. G. A., & Prayoga, I. M. S. (2025). PENGARUH STORE ATMOSPHERE, CUSTOMER EXPERIENCE DAN UTILITARIAN VALUE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KEDAI ISTANA KOPI UBUD. EMAS, 6(3), 646–656. https://doi.org/10.36733/emas.v6i3.11400

Issue

Section

Articles