PENGARUH STORE ATMOSPHERE, LOKASI, DAN VARIASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA WARUNG MINA PEGUYANGAN

Authors

  • Putu Gede Indra Khrisna Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Agus Wahyudi Salasa Gama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Yeni Astiti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Store Atmosphere, Lokasi, Variasi Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Perkembangan dunia usaha saat ini sangat pesat sejalan dengan zaman modern, hal itu membuat para pelaku usaha harus bersaing dengan pesaing yang ada. Setiap usaha pada dasarnya bertujuan untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya untuk mempertahankan eksistensi usahanya ditengah persaingan. Ketatnya persaingan dan terjadinya fluktuasi pendapatan tahun 2020 di Warung Mina Peguyangan menunjukkan bahwa keputusan pembelian konsumen pada Warung Mina Peguyangan cenderung tidak stabil. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memperoleh bukti empiris pengaruh store atmosphere, lokasi, dan variasi produk terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen pada Warung Mina Peguyangan yang diambil pada tahun 2021. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang konsumen yang ditentukan berdasarkan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa store atmosphere, lokasi, dan variasi produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian.

References

Agustin, N. A. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan Variasi Produk dan Citra Rasa Terhadap Keputusan Pembelian Copy Pada Cafe Raja Coffee Plaza Millenum Medan. Kumpulan Karya Ilmiah Mahasiswa Fakultas Sosial Sains, 1(01).

Ajzen, Icek. 1991. The Theory of Planned Behavior, Organizational Behavior And Human Decision Processes. Amherst: Academia Press.Inc.

Barry, B., & Joel R. Evans. 2017. Retail Management, 12th edition. New Jersey: Pearson Education Limited 2017.

Eko, A. 2018. Pengaruh Store Atmosphere, Lokasi, Keragaman Produk dan Potongan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Kentucky Fried Chiken (KFC) Cabang Ahmad Yani Padang (Doctoral dissertation, STKIP PGRI SUMATERA BARAT).

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Hafifah. 2018. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Roti Bapak Bakery. Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Agroindustri. Vol. 4. No, 2.

Katarika D. Merinda dan syahputra. 2017. Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Coffe Shop Bandung. Jurnal Ecodemica 1 (2).

Kotler, P., & Armstrong, G. 2018. Principles of Marketing. Edisi 15 Global Edition.

Levy, Weitz. 2017. Retaling Management, New York, Mc Graw-Hill.

Polla, F. C., Mananeke, L., & Taroreh, R. N. 2018. Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Indomaret Manado Unit Jalan Sea. Jurnal EMBA, Vol.6 Iss 4. Pp. 3068 – 3077.

Pradwika, D. F., & Hadi, S. P. 2018. Pengaruh Promosi Kreatif dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen E-commerce Zalora. co. id (Studi Kasus pada Konsumen di Kota Jakarta). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Vol. 7 Iss 7. Pp.1-8

Silaen, S. 2018. Metodologi Penelitian

Sosial untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Bogor: In Media

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Tjiptono, F. 2017. Pemasaran Strategik, Edisi 2.Yogyakarta: Andi.

Widiantari, N. L. P. 2021. Pengaruh Store Atmosphere, Lokasi, Variasi Produk, dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kedai Mie More Than Eat Di Desa Kemenuh. Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati. Denpasar.

Yuliani, N. K. D., Mitariani, N. W. E., & Atmaja, N. P. C. D. 2021. Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Pelayanan, dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Fashion Dewa Ayu Shop Klungkung. EMAS, 2(1),150-161.

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles