PENGARUH EKUITAS MEREK, CELEBRITY ENDORSER DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU COMPASS DI KOTA DENPASAR

Authors

  • I Komang Agus Artha Wijaya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Nita Anggraini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Gede Antok Setiawan Jodi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Ekuitas Merek, Celebrity Endorser, Inovasi Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

ABSTRAK

Keputusan pembelian adalah suatu keputusan konsumen yang dipengaruhi oleh ekonomi keuangan, teknologi, politik, budaya, produk, harga, lokasi, promosi, physical evidence, people, process. Sehingga membentuk sikap pada konsumen untuk mengolah segala informasi dan mengambil kesimpulan berupa respons yang muncul produk apa yang akan dibeli. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ekuitas merek, celebrity endorser dan inovasi produk terhadap keputusan pembelian sepatu Compass di Kota Denpasar.Penelitian ini dilaksanakandi sekitaran Kota Denpasar yang menjadi pusat aktivitas dan perekonomian yang ada di Provinsi Bali.

Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen sepatu Compass di sekitaran Kota Denpasar yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti.Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, diperoleh 100 responden yang diambil dari konsumen sepatu Compass disekitaran Kota Denpasar.Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekuitas merekberpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, celebrity endorserberpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.Variabel inovasi produk merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian.

References

Merek : Memanfaatkan Nilai Dari Suatu Merek. (A. Ananda, Ed.). Jakarta: Penerbit Mitra Utama.

Adriany. 2018. Pengaruh Ekuitas Merek, Kualitas Pelayanan dan Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Jasa Go-Jek Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Karyawan Berkantor di Wilayah Jl. TB Simatupang). Commerce jurnal ilmiah, 6(1), 63-82.

Ajzen dan Fishbein. 2011. Attitudes and the Attitude-BehaviorRelation: Reasonedand Automatic Processes, 3283.

Almira dan Sutanto.2018. Pengaruh Inovasi Produk dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Maison Nob. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 3(02).

Bagaskara. 2020. Pengaruh Ekuitas Merek, Inovasi dan Strategi Positioning Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Sepatu Compass di Yogyakarta). Skripsi

Diansyah dan Putera. 2017. Pengaruh Ekuitas Merek Dan Promosi Penjualan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Keputusan Pembelian. Media Ekonomi Dan Manajemen, 32(2).

Fandy Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Febriyanti dan Wahyuati. 2016. Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 5(5).

Firdaus, dkk. 2021. Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Perilaku Pembelian Produk Pangan Olahan di Jakarta. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 5(3), 776-786.

Ghozali, I. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Inggasari dan Hartati. 2022. Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening. Cakrawangsa Bisnis: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 3(1).

Jaharuddin, J. 2022. Pengaruh Sertifikasi Halal, Kesadaran Halal, dan Celebrity Endorse Terhadap Keputusan Pembelian Produk Zoya (Studi Kasus Mahasiswa FEB UMJ). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(2), 1840-1847.

Jatmiko, M. R. 2021. Analisis Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Shampoo Dove di Semarang. Anindyaguna Ekonobisnis: Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna, 3(1), 159-173.

Kotler dan Amstrong. 2014.Principles of Marketing, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran Jakarta : Erlangga.

Kotler dan Keller. 2015. Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc.

Lubis, D. I. D dan Hidayat, R. 2017.Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan.

Murhadi. 2019. Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Lintasarta Net di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 49.

Nofan dan Ekowati.2022. Pengaruh Ekuitas Merek dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Iphone.Jurnal Manajemen Modal Insani dan Bisnis (JMMIB), 3(1), 26-33.

Purwanti, dkk.2020. Pengaruh Inovasi Produk dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada PT. Unilever Indonesia. Inovasi, 7(1), 24-31.

Rachman, T. 2021. Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone ASUS di Bekasi. Jurnal Pelita Ilmu, 15(01), 48-52.

Raturandang, dkk. 2022. Pengaruh Lifestyle, Inovasi Produk dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare MS Glow Pada Reseller Pasar 45 Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(2).

Ramadhani dan Nadya. 2021. Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Fesyen Muslim Hijup. Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (KNEMA), 1(1).

Rinawati, dkk. 2021. Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Freshcare di Kota Denpasar. EMAS, 2(1).

Saputro, B. A. 2018. Analisis Pengaruh Inovasi Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone(Doctoraldissertation,UniversitasMuhammadiyahSurakarta).

Setiadi, J. 2016. Perilaku Konsumen (edisi revisi). Jakarta : Kencana Perdana.

Shimp, Terence. 2014. Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam periklanan dan Promosi. Jakarta: Salemba Empat

Sifa, R. 2016. Analisis Pengaruh Inovasi Produk, Persepsi Harga, Lokasi dan Word Of Mouth Terhadap Proses Keputusan Pembelian Venus Bakery (Studi Kasus Pada Konsumen Venus Bakery Jalan Pajajaran Bogor Timur) (Bachelor's thesis, Perpustakaan FEB UIN Jakarta).

Sudiono, V. 2022. Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee.

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles