PENGARUH CELEBRITY ENDORSER, BRAND IMAGE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MENANTEA TOKO DI BALI

Authors

  • Gusti Ngurah Sariadi Putra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Nita Anggraini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Wayan Gede Antok Setiawan Jodi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Keputusan Pembelian, Celebrity Endorser, Brand Image, Kualitas Produk

Abstract

Setiap industri kuliner menjual dan menawarkan kelebihan, keunggulan, serta keunikannya masing-masing agar dapat bersaing dan dapat menjangkau banyak konsumen. Seperti salah satu industri kuliner yang penulis teliti yaitu Menantea Toko, yang menjual minuman teh dengan berbagai varian rasa serta menjual makanan ringan atau cemilan. Banyak industri kuliner yang memanfaatkan celebrity endorser untuk menarik perhatian konsumen. Dan selain itu juga dari hasil observasi dan wawancara kepada konsumen khususnta yang berada di bali, mendapatkan hasil yaitu faktor apa saja yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian, seperti Celebrity Endorser, Brand Image, dan Kualitas Produk dari Menantea di Bali. Lokasi penelitian dilakukan pada industri kuliner yang bernama Menantea di Bali. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel yang digunakan adalah 160 responden yang diambil dari konsumen di Bali yang pernah melakukan pembelian produk Menantea. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrument pilot test, uji validitas dan reabilitas, uji asumsi klasik (normalitas, multikolinieritas dan heteroskedastisitas), analisis regresi linier berganda, uji F (F-test), uji koefisien determinasi (R2), dan uji t (t-test).Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan Celebrity Endorser, Brand Image dan Keputusan Pembelian berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Sedangkan, secara parsial, berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian

References

Anggraeni Rusandina. 2018. Analisis Determinan Nilai Perusahaanstudi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Dibursa Efek Indonesia.Universitas Negeri Yogyakarta.

Ardiansyah Muhamad Arief dan Euis Soliha. 2022. Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Vario 150cc di Desa Demaan Kota Jepara. Universitas Stikubank Semarang. Volume 5 Issue 1 (2022) Pages 339 - 349YUME : Journal of ManagementISSN : 2614-851X (Online).

Belch, George E dan Belch, Michael A. 2018. Advertising and Promotion:An Integrated MarketingCommunication Perspective eleventh edition. New York: McGrew Hill.

Budiastuti Dyah, dkk. 2018. Validitas Dan Reliabilitas Penelitian. Mitra Wacana Media.

Cesariana Carmelia. 2022. Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasankonsumen Pada Marketplace: Kualitas Produk Dankualitas Pelayanan (Literature Review Manajemenpemasaran). , Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. JMPIS Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial.

Deisy Malonda dkk. 2018. Analysis Of Brand Image, Product Price And Quality Of Purchasing Decisionfor Samsung Handphone At Celuler Outlets It Center Manado. Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal EMBA.

Fakhrudin Arif, dkk. 2021. Word of mouth marketing berpengaruh terhadap keputusan kuliah. STTKD, Yogyakarta. Forum Ekonomi, 23 (4) 2021, 648-657http://Journal.Feb.Unmul.Ac.Id/Index.Php/Forumekonomi.

Farida Nur Novia. 2019. Pengaruh celebrity endorser, brand image dan brand trust terhadap keputusan pembelian pada geprek bensu cabang jember. UNEJ.

Grace Marissa dkk. 2022. Strategi pemasaran konsep, teori dan implementasi. Pascal Books: Tangerang Selatan.

Hartanto Anthony dan Fransisca Andreani. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Danlingkungan Fisik Terhadap Loyalitas Pelangganmelalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasidi De Mandailing Cafe Surabaya. Universitas Kristen Petra. AGORA Vol. 7, No.1.

Hesty Fransiska. 2018. Pengaruh Kesadaran Merek, Citra Merek, dan Hubungan Merek Terhadap Ekuitas Merek Oppo Smartphone. Universitas Sanata. Dharma Yogtakarta.

Indiarti Tri. 2020. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Ismail Farida Fitriani dan Dedy Sudarmadi. 2019. Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Dan Pengendalian Internalterhadap Kinerja Karyawanpt. Beton Elemen Persada. Universitas langlangbuana. JASa ( Jurnal Akuntansi, Audit dan Sistem Informasi Akuntansi ).

Kumbara Vicky Brama. 2021. Determinasi Nilai Pelanggan Dan Keputusanpembelian: Analisis Kualitas Produk, Desain Produk dan Endorse. Universitas Putra Indonesia YPTK Padang. JIMT Jurnal Ilmu Manajemen Terapan.

Machfiroh Ines Saraswat . 2018. Keterkaitan Citra Merek Dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Pada Emak Difried Chicken Pelaihari. Jurnal Humaniora dan Teknologi p-ISSN: 2443-1842Volume 4, Nomor 1, Oktober.

Manggala Hutomo. 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produkterhadap Kepuasan Konsumen Dengan Keputusanpembelian Sebagai Variabel Mediasi (Studi Padashaburi Kelapa Gading). Universitas Krida Wacana. Jurnal Ilmu Manajemen.

Mihartinah Duwi, dkk . 2018. Pengaruh Sikap Terhadap Perilaku, Norma Subjektif, Dan Kontrol Perilaku Persepsian Terhadap Niat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengambil Sertifikasi Chartered Accountant. Jurnal Akuntansi ISSN 2303-0356Vol.8 No.2 Juni.

Mubarokah Okah. 2021. Pengaruh Dimensi Celebrity Endorser Terhadap keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah (Studi Empiris Mahasiswa Iain Purwokerto). Institut Agama Islam Negeripurwokerto.

Mujahidin Anwar. 2019. Metode Penelitian Kualitatifdi Bidang Pendidikan. Cv. Nata Karya. Ponorogo.

Nasrul Nur Fadhilah. 2021. Pengaruh Influencer dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Brand Irliana. Institut Agama Islam Negeri Palopo.

Nugroho Bondan Haryo Adi. 2021. Analisis Pengaruh Brand Image Aplikasi Shopee Terhadap keputusan Pembelian Konsumen Dalam Berbelanja Online Dengan variabel E-Wom Sebagai Intervening. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Nurfauzan Julian Abrar dan Anjar Priyono. 2022. Analisis TAM dan TPB dalam Penerimaan Aplikasi Perdagangan Saham Seluler (Mobile) di Kalangan Investor di Indonesia. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen E-ISSN: 2829-7547 | Vol. 01, No. 04.

Oktavenia Kadek Ayuk Riska, dan I Gusti Agung Ketut Sri Ardani . 2019. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan pembelian Handphone Nokia Dengan Citra Merek sebagai Pemediasi. Universitas Udayana (Unud), Bali, Indonesia. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 8, No. 3.

Pambudi Rosyta Arum. 2021. Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Produkterhadap Keputusan Pembelian Melalui Brandtrust Sebagai Variabel Intervening. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Pandiangan Kasman dkk. 2021. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Brand Equity:Brand Trust, Brand Image, Perceived Quality, & Brandloyalty. JIMT Jurnal Ilmu Manajemen Terapan.

Pratiwiningsih Ika. 2018. Pengaruh Celebrity Endorser Terhadapkeputusan Pembelian Melalui Brand Image. Universitas Negeri Semarang.

Putri Silfia Harfiani. 2022. Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Ms Glow (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Di Universitas Islam Riau). Universitas Islam Riau Pekanbaru.

Rohmat Bangkit. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Hargaterhadap Keputusan Pembelian Layanan Provider. Universitas Muhammadiyah Magelang.

Santoso Joko Bagio. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitaspelayanan, Dan Harga Terhadapkepuasan Dan Loyalitas Konsumen(Studi Pada Konsumen Geprek Bensurawamangun). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.Jurnal Akuntansi dan Manajemen Vol 16 No. 01.

Subandriyo Budi. 2020. Analisis Kolerasi Danregresi. Badan Pusat Statistik.

Sugiyono 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung :Alphabet.

Suwu Gloria E.C, dkk. 2022. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Meubel CV. Jorizco Putra Utama di Desa Leilem III. Productivity, Vol. 3 No. 3.

Syafitri Deby. 2022. Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Brand Imageproduk Pond’s (Study Kasus Pengguna Produk Pond’s Dikalangan Mahasiswa Manajemen Universitas Islam Riau). Universitas Islam Riau. Pekanbaru.

Syafitri Putri Eka. 2019. Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Minat Belipengguna Sosial Media Instagram Pada Mahasiswa program Studi Manajemen Universitas muhammadiyah Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Wibisono Ekky Suti. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kepuasan konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen UD. Rizky Barokah Di Balongbendo. Universitas Bhayangkara Surabaya.

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles