PENGARUH PERSEPSI HARGA, BRAND IMAGE DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK WARDAH DI KOTA DENPASAR
Keywords:
persepsi harga, brand image, electronic word of mouth, keputusan pembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi harga, brand image dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian Produk Kosmetik Wardah di Kota Denpasar. Penelitian dilakukan di kota Denpasar yaitu, Mutiara permai kosmetik kecamatan Denpasar Utara, Murni Cosmetic Kecamatan Denpasar Timur, Rumah kosmetik carissa Kecamatan Denpasar Selatan, Graha kosmetik Kecamatan Denpasar Barat. Obyek penelitian dalam penelitian ini adalah persepsi harga, brand image, dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian produk kosmetik wardah. Dalam penelitian ini terdapat 16 indikator, maka jumlah sampel yang digunakan adalah, sampel = 5 X 16 jumlah indikator = 80 responden dengan metode pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda melalui program SPSS versi 26. Bedasarkan hasil analisis, penelitian ini menunjukan bahwa persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Produk Kosmetik Wardah di Kota Denpasar. Semakin baik penggunaan persepsi harga dalam penyampaian informasi yang menarik, maka akan mampu menarik keputusan pembelian. Brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Produk Kosmetik Wardah di Kota Denpasar. Hal ini berarti semakin tinggi brand image konsumen terhadap Produk Kosmetik Wardah di Kota Denpasar, maka akan meningkatkan keputusan pembelian. Electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Produk Kosmetik Wardah di Kota Denpasar. Dengan memberikan electronic word of mouth yang terbaik kepada konsumen maka akan meningkatkan keputusan pembelian.
References
Abdul Samad dan Imam Wibowo, 2016, Pengaruh Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Merek Specs di Kota Bekasi, Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayan, Vol.4 No.3.
Albari dan Indah Safitri. 2018. The Influence of Product Price on Consumers’ Purchasing Decisions. Review of Integrative Business and Economics Research, Vol. 7, Supplementary Issue 2. pp: 328-337.
Andre Siahaan Sanjaya and Setiawati Cut Irna. 2018. Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Komunikasi Dan Bisnis Telkom University) Influence of Brand Images on Purchasing of Vans Shoes (Study on Students of Telkom University Faculty of Communication and Busines. 5(3):3813–20.
Aristayasa, I. K., Mitariani, N. W. E., & Atmaja, N. P. C. D. 2020. Pengaruh persepsi harga dan brand image terhadap keputusan pembelian dan dampaknya terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Ekonomi dan Pariwisata, 15(2).
Atmaja, N. P. C. D., & Menuh, N. N. 2019. Peran Mediasi Brand Trust Pada Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Prosiding, (1), 1-12.
Dewi, 2017. Pengaruh bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada UD. Kharisma Jember. Naskah Publikasi. Universitas Muhammadiyah Jember.
Fatmawati Nurul., dan Soliha, Euis. 2017. Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Matic “HONDA”. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan Tahun 10, No 1.
Jhanghiz Syahrivar, and Muhammad Andy Ichlas. 2018. “The Impact of Electronic Word of Mouth (EWOM) on Brand Equity of Imported Shoes: Does a Good Online Brand Equity Result in High Customers’ Involvements in Purchasing Decisions?” The Asian Journal of Technology Management (AJTM) 11(1): 57–69.
Joel, Greg dkk. 2014. Pengaruh Motivasi, Persepsi Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Sepeda Motor Matic Merek Yamaha Mio Di Kota Manado, Jurnal EMBA. Vol.2 No.3.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.
Putri Mutiara Widia Pradana dkk. 2016. Analisis Pengaruh Citra Merek, Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, dan Loyalitas Merek terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Adidas (Survei pada Mahasiswa Universitas Slamet Riyadi Surakarta). Vol. 16 No 2 Juni 2016: 234 – 241 238
Samosir, dan Prayoga. 2015. Pengaruh Persepsi Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Enervon-C. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis. Volume 1, Nomor 3, November 2015.
Santosa S.B. 2019. Pengaruh Brand Image terhadap ProsesKeputusan Pembelian (Studi Layanan E-Commerce Berrybenka.com). Diponegoro Journal of Management, Vol. 7, No. 1. pp. 10-29.
Sari. 2016. Pengaruh Harga Brand image dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (studi kasus Panties Pizza Sidoarjo). Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Volume 5, Nomor 6, Juni 2016 (ISSN :2461 -0593), 2- 15
Supriyadi dan Fauzi Ramdan. 2017. Identifikasi Bahaya Dan Penilaian Risiko Pada DivisiBoiler Menggunakan Metode HIRARC. Journal of Industrial Hygiene and Occupational Health Vol. 1, No. 2, No. ISSN cetak : 2527- 4686.
Yugi Setyarko. 2016. Analisis Presepsi Harga, Promosi, Kualitas Layanan, dan Kemudahan Penggunaan terhadap Keputusan Pembelian Produk secara Online. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Budi Luhur Jakarta. Vol. 5 No. 2 Oktober 2016.