PENGARUH BRAND IMAGE , BRAND TRUST DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JASA PADA VISA AGENT BALI, CANGGU

Authors

  • I Gusti Ayu Elsa Permata Sari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Nita Anggraini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Pande Ketut Ribek Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

brand image, brand trust, promosi, keputusan pembelian

Abstract

Keputusan pembelian adalah bentuk pemilihan dan minat untuk membeli merek yang paling disukai diantara sejumlah merek yang berbeda. Faktor yang mempengaruhi dalam keputusan pembelian adalah brand image, brand trust, dan promosi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memperoleh bukti empiris pengaruh brand image, brand trust, dan promosi terhadap keputusan pembelian pada Jasa Visa Agent Bali, Canggu.

Penelitian ini dilakukan di Visa Agent Bali, Canggu di Jalan Raya Semat Blok CIII No.6, Canggu, Kuta Utara, Badung. Populasi yang akan diteliti adalah seluruh pelanggan Visa Agent Bali, Canggu pada tahun 2020 yang jumlahnya sebesar 2.765 pelanggam dengan metode pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah metode non-probability sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah sejumlah 96 orang. Teknik analisis yang digunakan oleh penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda yang diolah dengan menggunakan Statistical Package Social Science (SPSS) version 26.0. Hasil dari penelitian menunjukan Brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap keputusan pembelian jasa pada Visa Agent Bali, Canggu. Brand trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap keputusan pembelian jasa pada Visa Agent Bali, Canggu. Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap keputusan pembelian jasa pada Visa Agent Bali, Canggu.

References

Adiwidjaja, A.J. 2017. Pengaruh Brand Image dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse. Agora, Vol 5, No.2

Anggelina, P., dan Santiko, G.C. 2021. Analisis Manajemen Pemasaran Adinda Konveksi Selama Pandemi Covid-19. Universitas Tulungagung.

Ayesa, R.B., Hartono, S., dan Yani, B. A. 2020. Pengaruh Promosi, Harga dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Wuling Confero di Surakarta:Jurnal Ilmiah Edunomika, Vol 4, No.01

Azhari, R.D., dan Fachry, M.F. 2020. Pengaruh Citra Merek dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Batik Karawang di Ramayana Mall, Karawang. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, Vol. 2, No.1, pp. 37-44

Burhanudin. 2015. Aplikasi Theory of Planned Behavior Pada Intensi Mahasiswa Untuk Berwirausaha. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, Vol 6, No.1, pp. 60-72

Dewi, G.H.T., dan Fitriani, F. 2021. Pengaruh Advertising, Brand Awareness Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Merek Make Over (Studi Pada Mahasiswa FEB UM Metro). Jurnal Manajemen Diverivikasi, Vol 1, No.3, pp.561-573

Evelina, T.Y., Trievena, S.M., dan Fauzi, A. 2020. Pelatihan Manajemen Pemasaran Industri Rumah Tangga Raket Tenis Meja, Malang:Jurnal Pengabdian Polinema Kepada Masyarakat, Vol 7 No.1, pp.6-6

Ferdinand, A. 2014. Metode penelitian manajemen: Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi Tesis dan Desrtasi Ilmu Manajemen. Edisi 5. Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS21 Update PLS Regresi. Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS19. Semarang:Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang:Badan Penerbit Unviersitas Diponegoro.

Gustini, S., dan Lestari, C. 2021. Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Pada Dealer Pd. Panca Motor Sekayu. Jurnal Manajemen Kompeten, Vol 3, No. 2, pp.35-46

Harianto, G.P., dan Santoso, T. 2021. Analisis Pengaruh Endorser dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Shop Richiamore:Agora, Vol 9, No.1

Hulima, J.S., Soepono, D., dan Tielung, M.V. 2021. Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Penetapan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Wardah di Kota Manado. Jurnal EMBA:Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, Vol 9 No. 2

Hurdawaty, R., Madaniyah, U. 2020. Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Domino’s Pizza Lippo Karawaci Utara. Jurnal Mandiri:Ilmu Pengetahuan Seni, Dan Teknologi, Vol 4, No.1, pp. 66-79

Kurniawan, D. 2013. Analisis Penerimaan Nasabah Terhadap Layanan Mobile Banking Dengan Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model Dan Theory Of Reasoned Action. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol 1, No.1

Kurnianingsih, W., dan Sugiyanto, S. 2021. Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Nestle Indonesia. Proccedings Universitas Pamulang, Vol 1 No,1

Kotler, Philip dan Kevin L. Keller. 2016. Marketing Management, 15th edition. United States:Pearson Education.

Mandagi, V.A., Kalangi, J.A., dan Mukuan, D.D. 2018. Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Android di Gerai IT Center Manado. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 6, No.4, pp. 54-61

Masduki, Z.H. 2020. Penerapan Komunikasi Pemasaran Dan Handling Customer Pada PT Shopee International Indonesia. Universitas Islam Indonesia.

Maulida, N., dan Maya, S. 2020. Apakah Harga dan Brand Image Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian. Business Innovation and Entrepreneurship Journal, Vol 2, No.3, pp.180-187

Nazelina, M., Novitasari, D., Fikri, M.A.A., dan Asbari, M. 2020. The Effect Of Brand Image, Price and Service Quality On Consumer Decisions Using Delivery Services. Journal of Industrial Engineering & Management Research, Vol 1, No.3, pp. 135-147

Nurhayati, S. 2017. Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Yogyakarta. Jurnal Bisnis, Manjemen dan Akuntansi. Vol 4, No.2

Nurmanah, I., dan Nugroho, E.S. 2021. Pengaruh Kepercayaan (Trust) Dan Kualitas Pelayanan Online (E-Service Quality) Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Bukalapak.AT-Tadbir:Jurnal Ilmiah Manajemen, Vol.5, No.1, pp. 11-21

Pramezwary, A., Juliana, J., Winata, J., Tanesha, R., dan Armando, T. 2021. Brand Trust Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di Masa Covid-19. Jurnal Ekonomi & Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika, Vol 19, No.1, pp. 24-31

Pratiwi, D., dan Rachmi, A. 2020. Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Bedak Marcks (Studi Pada Mahasiswa Prodi D4 Manajemen Pemasaran Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Malang). Jurnal Aplikasi Bisnis, Vol 6, No.1, pp. 121-124

Priscilla, G.M. 2019. Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di PT. XYZ. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, Vol 4, No.4, pp. 106-110.

Putra, E. I., dan Prijati, P. 2021. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), Vol.10, No.1

Resky, D. 2021. Pengaruh Cita Rasa, Desain Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Gelas Ale-Ale. Jurnal Entrepreneur dan Manajemen Sains, Vol 2, No.2, pp. 381-393

Sakul, O. I., Tampi, J., dan Tumbel, T. 2017. Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembeli Simcard Telkomsel Pada Mahasiswa Fispol Unsrat Manado. Jurnal Administrasi Binsis.

Sofiyatuzzahro, S., Qomari, N., dan Noviandari, I. 2021. Pengaruh Brand Image, Promosi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Brand “Crocodile” di Matahari Departemen Store Surabaya. UBHARA Management Journal, Vol 1, No.2,pp. 242-254

Solihin, D. 2020. Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri:Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, Vol 4, No.1, pp. 38-51

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis. Bandung:Penerbit Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta

Sunyoto, Danang. 2011. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta:Penerbit CAPS

Syafitri, R. 2019. Pengaruh Brand Image dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Brunbrun Paris Plaza Medan Fair.

Wadi, M.H., Fadhilah, M., dan Hutami, L.T.H. 2021 Analisis Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Specs (Studi Kasus Pada Konsumen Sepatu Specs Di Kota Lombok Timur). J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), Vol 6, No.1, pp. 172-181.

Wijaya, A.P., dan Annisa, I.T. 2020. The Influence Of Brand Image, Brand Trust And Product Packaging Information On Purchasing Decisions. Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi, Vol 18, No.1, pp. 24-35

Yusuf, A., dan Sunarsi, D. 2020. The Effect Of Promotion And Price On Purchase Decisions. Almana:Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol 4, No.2, pp. 272-279

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles