PENGARUH BRAND IMAGE, PROMOSI DAN DISTRIBUSI PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA DI DENPASAR
Keywords:
Brand Image, Promosi, Distribusi, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image, promosi dan distribusi pada keputusan pembelian sepeda motor Honda di Denpasar. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat di Kota Denpasar yang membeli dan menggunakan sepeda motor merek Honda. Jumlah sampel yang diteliti adalah sebesar 80 orang responden ditentukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor merek Honda di Denpasar, (2) promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor merek Honda di Denpasar, (3) distribusi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor merek Honda di Denpasar, (4) Variabel promosi memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian sepeda motor merek Honda di Denpasar.
References
Afif, H. A., & Martini, N. 2022. Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Motor Matic Yamaha Mio Pada Dealer Jg Dawuan. COSTING: Journal of Economic, Business and Accounting, 5(2), 915-923.
Afridianti, A., & Irwan, S. 2020. Pengaruh Promosi Dan Distribusiterhadap Keputusan Pembelian Konsumenpada PD.
Panca Motor Km. 5 Palembang (Doctoral dissertation, Universitas Bina Darma).
Bondan, S.P. 2021. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Distribusi, Promosi
Dan Kemudahan Berbelanja Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada E-Commerce Shopee (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Deisy, M., Lapian, S. J., & Mandagie, Y. 2018. Analisis Citra Merek, Harga Produk Dan Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Handphone
Samsung Pada Seluruh Gerai– Gerai Seluler Di It Center Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4).
Fatmawati, N., & Soliha, E. 2017. Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen
Sepeda Motor Matic
“Honda”. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan| Journal of Theory and Applied Management, 10(1), 120. E-Jurnal Manajemen, 7.12: 6931-6419.
Febriana, P. 2020. Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Lazizaa Chicken
And Pizza Di Jambangan Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(1).
Hartanto, R. 2019. Brand and Personal Branding. Bekasi : Denokan Pustaka.
Hasya. 2022. Tren Penjualan Motor di Indonesia: Honda Kuasai Pasar, Suzuki di Ujung Tanduk.
https://goodstats.id/article/memant au-tren-industri-sepeda-motor-diindonesia-honda-kuasai-pasarsuzuki-terus-menurun-lMRRB. Di akses : 10 Oktober 2022.
Hendrayani, I., & Satrio, R. C. 2021. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Iklan Terhadap
Keputusan Pembelian Motor Merek
Yamaha. Jembatan (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Auditing, dan Akuntansi), 6(2), 136-143.
Hilmawan, I. 2019. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Dengan
Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Rekaman: Riset Ekonomi Bidang Akuntansi dan Manajemen, 3(3), 154-166.
Huriyati, R. 2018. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Pelanggan.
Bandung, Alfabeta.
Imran, R. A. 2022. Analisis Pengaruh Marketing Mix terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor"
Yamaha N-Max" di Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).
Kotler, P., Armstrong, G. 2018. Principles of Marketing, 17th Global Edition. New Jersey : Pearson. ISBN 978129222017
Kotler, P., Armstrong, G. 2020. Principles of Marketing, 18th edition. (September 18th 2020). New Jersey : Pearson
Kotler, P., Keller, K.L. 2021. Marketing Management, 16th edition. New Jersey : Pearson
Madyan, I. S., & Tiarawati, M. 2018. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Harga Terhadap
Keputusan Pembelian Pond’s Flawless White. BISMA (Bisnis dan Manajemen), 6(2), 98-105.
Malohing, G., & Mandagie, Y. 2021. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Avanza Pada PT. Hasrat Abadi Jayapura. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(2).
Maufa, H. 2019. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian
Sepatu Converse di
Makassar. JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Informatika), 16(2), 135-168.
Nadiya, F. H., & Wahyuningsih, S. 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Fashion
second Di Marketplace (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Fashion 3second Di Kota Semarang). In Prosiding Seminar Nasional Unimus (Vol. 3).
Nazmi, H. 2021. Pengaruh Promosi Penjualan Dan Saluran Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Furing Prima Pada PT. Biru Indokon. JRMB (Jurnal Riset Manajemen & Bisnis), 6(1), 89-98.
Nilam, S., Riyono, Nurdiyanto, A.D. 2022. The Influence of Product Quality and Brand Image on Purchase Decisions for Honda Scoopy motor vehicle. Jurnal Ilmiah Bisnis, Manajemen dan Akuntansi. Vol 2 (No.2).
Nur'aeni, N. A. U., & Supartono, S. U. 2022. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat. Jurnal Dimensi. Vol 11, No 1 (2022)
Rahman, R. F. 2022. Pengaruh Desain, Promosi, Dan Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Pcx Di PT
Tunas Lumbung
Harapan (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi
Indonesia Jakarta).
Ruliansyah, & Sampurna, D. S. 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Harga,
Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor (Studi Kasus Pada Kosumen Sepeda Motor Yamaha Di Dealer Johar Baru Jakarta Pusat). S1 Manajemen, 1-18.
Setyawan, D. 2018. Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Matic Honda Vario Pada Konsumen Di Dealer Dan Ahass Pt. Cahaya Sakti Motor (Doctoral dissertation, UAJY).
Shofwan, T., Aryani, L., & Nastiti, H. 2021. Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Beat. Konferensi Riset Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 2(1), 362-376.
Sopiani, S., Larashati, I., Juhana, D., & Manik, E. 2022. Pengaruh Promosi
Dan Saluran Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian: Survey Produk Fashion Pada Salah Satu Departement Store Di Kota Cimahi. Majalah Bisnis & IPTEK, 15(1), 15-28.
Sugiyono, 2019, Metode Penelitian Bisnis R dan D. Bandung: Alfabeta.
Suparni, S., & Istiyanto, J. 2022. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Ukm Batik Solo. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 10(1), 69-77.
Wardiman, I. G. 2022. Pengaruh Marketing Mix (4p) Terhadap
Keputusan Pembelian Konsumen. Value: Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 17(2), 88-101.
Wibowo, H. O., & Rahayu, S. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan,
Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pesan Antar Makanan Gofood Di Kota Solo. EXCELLENT, 8(1), 70-78.
Wijaya, V. T., & Pahar, B. H. 2022.
Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek, dan Keamanan Privasi Terhadap Keputusan Pengguna Gojek. BIP's JURNAL BISNIS PERSPEKTIF, 14(1), 1-10.
Wiyanto, F. K. 2020. Analisis Pengaruh Produk, Harga, Distribusi, Dan Promosi Terhadap Keputusan
Pembelian Produk Beraskita (Studi Pada Konsumen Produk Beraskita Di Kota Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 8(2).