PENGARUH BRAND IMAGE, BRAND TRUST, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Pada Konsumen H&M di Kota Denpasar)

Authors

  • Komang Febry Aditya Putra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Cempaka Dharmadewi Atmaja Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Daniel Manek Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Brand Image, Brand Trust, Kualitas produk, Keputusan pembelian

Abstract

Pada era globalisasi ini, sebagian besar kaum milenial sangat memperhatikan fashion dan penampilan. Seiring berjalannya waktu, fashion dari masa ke masa akan berubah mengikuti perkembangan zaman. Perkembangan zaman tersebut menyebabkan persaingan yang semakin ketat, yang memposisikan pemasar untuk selalu mengembangkan produk dan merebut market share. Begitu juga dengan konsumen, semakin banyak produk, tentunya konsumen semakin cerdas dan kompetitif dalam menentukan keputusan pembelian terhadap produk yang sesuai untuk dikonsumsi.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh brand image, brand trust, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada konsumen H&M di kota Denpasar. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 90 konsumen di H&M Kota Denpasar. Dalam penelitian ini teknik sampling yang digunakan purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas,uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji t, uji f.

Hasil membuktikan bahwa, brand image, brand trust, dan kualitas produk masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada keputusan pembelian H&M.Saran bagi peneliti selanjutnya agar lebih mengembangkan penggunaan variabel bebas lainnya yang berpotensi memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian.

References

Ajzen, I., (1988) Attitudes, Personality, and Behavior, Dorsey Press: Chicago.

Ariella, I. R. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mazelnid. Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 3(2), 216-221.

Armstrong, G., & Kotler, P. (2017). Principles of Marketing. 17th red. New York

Dharmawan, C., & Wardhana, A. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Zanana Chips. eProceedings of Management, 8(6).

Fandy, Tjiptono. 2016. Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. Andi.

Fatmaningrum, S. R., Susanto, S., & Fadhilah, M. (2020). Pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian minuman Frestea. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(1), 176-188.

Hawkins, M. S., Gabriel, K. P., Conroy, M. B., Cooper, J., & Sutton-Tyrrell, K. (2013). Physical activity intensity and cardiovascular risk by ankle–brachial index. Vascular Medicine, 18(2), 79-84.

Herlissha, N. (2017). Pengaruh brand image, brand trust dan reference group terhadap brand loyalty aplikasi pesan Instan line (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung angkatan 2013-2015) (Doctoral dissertation, Universitas Bangka Belitung).

Kotler, P dan Amstrong. 2018. Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit Salemba Empat. Jakarta

Kotler, P dan Amstrong. 2018. Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.

Lestari, N. A., & Iriani, S. S. (2018). Pengaruh kepercayaan dan kemudahan transaksi terhadap keputusan pembelian secara online pada situs Mataharimall. com. JurnalIlmuManajemen, 6(1),1-8.

Nurjaya, N., Erlangga, H., Oktarini, R., Sunarsi, D., & Jasmani, J. (2021). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Wahana Motor Di Wilayah Cianjur. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 1(2), 291-296.

Peter, J Paul dan Olson, Jerry C., Consumer Behavior: Perilaku Konsumen danStrategi Pemasaran, Edisi keempat, Erlangg

Prabowo, R. E., Indriyaningrum, K., & Setyani, A. D. (2020). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olah Raga Merek Adidas (Studi Di Kota Semarang). Solusi, 18(4).

Rahmawati, Nilowardono. 2018. The Effect Of Product Quality, Brand Trust, Price And Sales Promotion On Purchase Decisions On Royal Residence Surabaya (Case Study In Pt. Propnex Realti Visit). IJIEEB International Journal Of Integrated Education, Engineering And Business. 1(1). 1-10

Rauf, M., & Karjaluoto, H. Investigating the impact of rewarded social media engagement, trust, perceived switching cost and loyalty on loyalty programme members in the sports industry. In Social Media for Progressive Public Relations (pp. 138-157). Routledge.

Rumondor, P. W., Tumbel, A. L., & Ogi, I. W. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Kopi Dan Mie Toronata Di Kawangkoan. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 5(2).

Senly, A. (2017) Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Mobil Mitsubishi Colt Diesel Pada PT. Bosowa Berlian Motor Cabang Bone. Skripsi, Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Wiyani, W. (2017). Pengaruh kualitas produk dan brand image terhadap keputusan pembelian (Studi pada Mahasiswa Pengguna Produk Sepatu Merek Converse di Fisip Universitas Merdeka Malang). Jurnal Bisnis dan Manajemen, 4(1).

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles