PENGARUH CITRA MEREK, ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM), DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK SUSHI RASA LOKAL

Authors

  • Ni Made Winda Sari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Cempaka Dharmadewi Atmaja Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Daniel Manek Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/emas.v6i7.10033

Keywords:

citra merek, E-WOM, persepsi harga, keputusan pembelian

Abstract

Perilaku konsumen dan studi pemasaran sangat bergantung pada keputusan pembelian. Proses ini mencakup tindakan yang dilakukan pelanggan untuk memilih dan membeli produk atau layanan yang dianggap sesuai untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka. Keputusan ini dipengaruhi oleh sejumlah faktor, termasuk opini tentang harga, E-WOM (electronic word of mouth), dan persepsi merek. Penelitian ini berfokus pada bagaimana citra merek, E-WOM, dan persepsi harga memengaruhi keputusan pembelian. Metode penelitian yang digunakan bersifat kuantitatif, dengan responden berasal dari konsumen yang pernah membeli produk UMKM Sushi Rasa Lokal di gerai Panjer. Total sampel penelitian adalah 105 orang. Berbagai pengujian, termasuk regresi linier berganda, korelasi berganda, validitas, reliabilitas, asumsi klasik, koefisien determinasi, uji F, dan uji t, merupakan bagian dari metodologi analisis data.  Hasil analisis mengungkapkan sesungguhnya citra merek memiliki hubungan positif maupun signifikan dengan keputusan pembelian. Selain itu, E-WOM dan persepsi harga juga terbukti memberikan dampak positif maupun signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil ini, peneliti merekomendasikan agar UMKM Sushi Rasa Lokal lebih memperhatikan kualitas rasa produk, berupaya mempertahankan kepuasan pelanggan, menetapkan harga yang mencerminkan kualitas, serta memastikan produk yang ditawarkan sesuai dengan ekspektasi konsumen.

References

Abimanyu, R., & Hermana, C. (2022). Pengaruh Persepsi Harga dan Promosi Cashback Terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Tokopedia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Januari, 2023(1), 398–408. https://doi.org/10.5281/zenodo.7545920.

Aditria, D., Digdowiseiso, K., & Nurwulandari, A. (2023). Pengaruh Brand Image, E-wom dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Mediasi di Hits Burger Antasari Jakarta Selatan. Technomedia Journal, 8(1SP), 30–45.

Agustina Rennie, Hinggo Tachta Hichmaed, & Zaki Hammam. (2023). Pengaruh Brand Ambassador, E-WOM, dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Merdeka EMBA, 2(1), 433–443.

Aisyah, S. N., & Rosyidi, S. (2023). Pengaruh persepsi harga, customer review, customer rating dan promosi flash sale terhadap keputusan pembelian di Shopee. Jurnal Kompetitif, 12(1), 48-60.

Aliyah, K., & Santoso, R. P. (2023). Pengaruh Persepsi Harga, dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada UD Sunan Kudus. BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 5(2), 183–187. https://doi.org/10.33752/bima.v5i2.5662.

Amin, A. M., & Yanti, R. F. (2021). Pengaruh Brand Ambassador, E-WOM, Gaya Hidup, Country Of Origin dan Motivasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Korea Nature Republic. INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.55583/invest.v2i1.111.

Ani, J., Lumanauw, B., & Tampenawas, J. L. A. (2021). Pengaruh Citra Merek, Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada E-Commerce Tokopedia Di Kota Manado the Influence of Brand Image, Promotion and Service Quality on Consumer Purchase Decisions on Tokopedia E-Commerce in Manado. 663 Jurnal EMBA, 9(2), 663–674.

Arfah, Y. (2022). Keputusan pembelian produk. PT Inovasi Pratama Internasional.

Atmaja, N. P. C. D., Pratama, I. M., & Manek, D. (2022). Pengaruh Experiental Marketing, E-Service Quality Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Di E-Commerce Lazada Di Kota Denpasar. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium, 8(2), 310-323.

Aulia, T., Ahluwalia, L., & Puji, K. (2023). Pengaruh kepercayaan, kemudahan penggunaan dan harga terhadap keputusan pembelian pada E-Commerce Shopee di Bandar Lampung. SMART: Strategy of Management and Accounting through Research and Technology, 2, 58–69.

Azhar, M., Sutiono, H. T., & ... (2021). The Effect Of Digital Marketing And Electronic Word Of Mouth On Purchase Decisions And Customer Satisfaction. Seminar Nasional …, 289–305. http://103.236.192.98/index.php/semnasif/article/view/6079%0Ahttp://103.236.192.98/index.php/semnasif/article/download/6079/3938.

Benyamin, C. C. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Koi Café Di Supermall Karawaci Tangerang.

Cahyono, E. (2018). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Oppo Di Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi, V(1), 61–75.

Damayanti, E. D., & Wasino, W. (2023). Pengaruh Electronic Word of Mouth, Persepsi Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan, Pengguna Virtual Office di Tripleso Jakarta Pusat. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 2(6), 708–721.

Dewi, P. S. A., & Suprapti, N. W. S. (2018). MEMBANGUN LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN YANG DIPENGARUHI OLEH KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA DAN CITRA MEREK (Studi Pada Produk Smartphone Merek Oppo). Matrik : Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 87.

Dharmmesta, B. S., & Handoko, T. H. (2016). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.

Fauziah, Y., Dwikotjo Sri Sumantyo, F., & Ali, H. (2023). Pengaruh Online Consumer Review, Kualitas Produk dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Komunikasi Dan Ilmu Sosial, 1(1), 48–64.

Fera, F., & Pramuditha, C. A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Xiaomi Di Kota Palembang. Publikasi Riset Mahasiswa Manajemen, 3(1), 1–13.

Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek: Planning & Strategy. Penerbit Qiara Media.

Ghozali, I. (2018). Ghozali 2018. In Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Gunarsih, C. M. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity, 2(1), 69–72.

Hair, JF, Tomas, G.M.H., Ringle, Christian M., dan Marko Sarstedt. (2017). Primer Partial Least Squares Structural Equation Modeling. Los Angeles: SAGE Publication. Ltd

Harianto, S., Qia, E. N., & Dani, T. F. (2020). Determinasi Perilaku Muzzaki Dalam Membayar Zakat Profesi. Jurnal Bilal: Bisnis Ekonomi Halal, 1(2), 48-57.

Hidayah, N. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Chatime Pada Mahasiswa Universitas Gunadarma. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 27(3), 433–443.

Irmayanti, S., & Annisa, I. T. (2023). Peran Mediasi Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Merek Lokal pada Wanita Urban. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 106–116.

Downloads

Published

2025-07-26

How to Cite

Sari, N. M. W., Atmaja, N. P. C. D., & Manek, D. (2025). PENGARUH CITRA MEREK, ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM), DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK SUSHI RASA LOKAL. EMAS, 6(7), 1552–1564. https://doi.org/10.36733/emas.v6i7.10033

Issue

Section

Articles