ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, CITRA PERUSAHAAN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA PADA BENGKEL PIPI MOTOR

Authors

  • I Made Putra Wiranata Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Wayan Eka Mitariani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gede Yudhi Hendrawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

kualitas pelayanan, citra perusahaan, persepsi harga, keputusan pengguna jasa

Abstract

Keputusan pembelian atau penggunaan jasa merupakan salah satu tahapan dalam proses pembelian sebelum perilaku pasca pembelian. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan penggunaan jasa yaitu kualitas pelayanan, citra perusahaan dan persepsi harga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, citra perusahaan dan persepsi harga terhadap keputusan penggunaan jasa pada Bengkel Pipi Motor.

Populasi dalam penelitian ini adalah semua kosumen Bengkel Pipi Motor yang telah memiliki kartu keanggotaan Bengkel Pipi Motor selama tahun 2021 yaitu sebanyak 1.186 konsumen. Penentuan sampel dengan teknik probability sampling dengan rumus Slovin sehingga jumlah sampel sebanyak 93 responden. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.

Hasil pengujian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan jasa pada Bengkel Pipi Motor. Citra perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan jasa pada Bengkel Pipi Motor. Persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan jasa pada Bengkel Pipi.

References

Alma, Buchari. 2017, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta

Assauri, Sofyan. 2015. Manajemen Pemasaran, Dasar, Konsep Dan Strategi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Brata, Atep Adya. 2015. Dasar- Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka

Dahliani, Yani dan Rohmat Hasanul Ahwal. 2021. Kajian Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi, dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan pada Gieselin Food Sukses Makmur di Jember. JIP: Jurnal Inovasi Penelitian, STP Mataram. 2 (1): 181-190.

Fitriana, Ramadzani, Luk Luk Atul

Hidayati dan Muhdiyanto. 2021.

Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Penggunaan Transportasi Online Gojek Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Pada Pengguna Layanan Go-Ride Di Kota Magelang). Jurnal Manajemen. Universitas Muhammadiyah Magelang. Vol 2, No 13, Hal 380-389.

Ghozali, I. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Pogram IBM SPSS Edisi. Sembilan. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Gitosudarmo, Indriyo. 2015. Manajemen

Strategis.Yogyakarta: BPFE

Habib, Zainal. 2021. Pengaruh Strategi Pemasaran Dan Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Nasabah Untuk Menabung Di KSPPS BMT Kemitraan Bojonegoro. Jurnal Manajemen. STAI Attanwir Bojonegoro. Vol 1, No 1, Hal 31-48

Hayati, Dian Putri, Diyah Santi Hariyani dan Dian Citaningsih Ari Kadi.

Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, Lokasi, Citra Perusahaan, Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pengguna Jasa Pengiriman (Studi Kasus Pengguna Jasa Tiki Cabang Kota Madiun). Jurnal Inovasi Manajemen Bisnis dan Akuntansi. Universitas PGRI Madiun. Vol 3 No 15, Hal 1-20.

Istiono, Deni dan Hernita Nita. 2022.

Pengaruh Kepuasan Konsumen Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Studi JNE Kabupaten Majalengka. Jurnal Manajemen. Universitas Majalengka. Vol 8, No 2, Hal 271-

Karim, Achmad Busrol. 2022. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Di Hanni Pratama Trans. Jurmal Manajemen.

Universitas Hasyim Asy’ari. Vol 4,

No 3, Hal 517-531.

Kotler, P., dan Amstrong, G., 2016.

Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip. 2016. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara. Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.2016. Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1. &

Jakarta: PT. Indeks

Lovelock, Christopher. 2016. Pemasaran Jasa Perspektif Indonesia Jilid 1. Jakarta:Penerbit Erlangga

Machfoedz. 2017. Pendidikan Kesehatan Bagian Dari Promosi. Yogyakarta: Fitramaya.

Mahasani, Elfa Fachrida dan Wahyuningsih Tri Harsini. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Penggunaan Goride Dan Grabbike Di Yogyakarta. Jurnal Manajemen. Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen

YKPN Yogyakarta. Vol 2, No 1, Hal 57-68

Mulyanto, Dody. 2022. Word Of Mouth, Harga, Kualitas Pelayanan Dan Dampaknya Pada Keputusan Pengguna Jasa Transportasi Gojek Di Kota Surakarta. Jurnal Manajemen Pelayaran Nasional. Akademi Pelayaran Nasional Surakarta. Vol 5, No 1, Hal 29-34.

Nugraha, Nicholas. 2021. Pengaruh Citra

Perusahaan, Kualitas Produk Dan Distribusi Terhadap Minat Beli Konsumen CV. Jamben Store Semarang. Artikel Manajemen. STIE Dharma Putra Semarang. Vol

, No 53, Hal 1-9.

Nurlina, Milasari. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Pengiriman Barang PT. Citra Van Titipan Kilat Kota Langsa. Jurnal Samudera Ekonomika. Universitas Samudra.

Vol 3, No 1, Hal 1-8

Olson. Jerry and Peter. 2016. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi 9 Buku 1, Jakarta: Salemba Empat

Parasuraman. 2017. The Behaviorial Consequenses of Service Quality, Jurnal of Marketing. Vol 60.

Pinaraswati, Sandra Oktaviana. 2021.

Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Reputasi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pengguna Jasa Wedding And Event Organizer Di Surabaya. Jurnal Manajemen. Universitas Dr Soetomo Surabaya. Vol 10, No 2, Hal 125-143.

Purnawan, I K.A.W dan Suarmanayasa, I.N. 2021. Pengaruh Word Of Mouth Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Gojek Di Kota Denpasar. Jurnal Jurusan Manajemen. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. Vol 7, No 2, Hal 217-

Putri, Irwina Maharani. 2022. Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Di E-Commerce “Shopee” (Studi Kasus: Pelanggan Shopee Di Surabaya). Jurnal Akuntansi. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur. Vol 9, No 7, Hal 2561-

Rani, Anissa Puspita dan Jamiat, Nuslih.

Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Pada PT. Pegadaian (Persero). Jurnal Manajemen. Universitas Telkom. Vol 5, No 2, Hal 195-207.

Ririn, Istighfarin, Aura Fitriani dan

Nadya Lizza Riyani Hapsyah.

Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mcdonald’s Taman Pinang Sidoarjo Di Masa Pandemi

Covid-19. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel. Vol 3, No 2, Hal 116-129.

Sari, Ni Ketut Megah Purnama dan Ni Made dwi Ariani Mayasari. 2021. Pengaruh Word Of Mouth Dan Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Ekspedisi JNE Express Di Kabupaten Buleleng. Vol 13, No 1, Hal 136-145.

Schiffman. 2017. Perilaku Konsumen, Jakarta: Indeks

Schiffman, L.G., dan Kanuk, L.L. 2010.

Consumer Behaviour (10th ed). New Jersey, Pearson Prentice Hall. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta

Sulistomo aKMAL dan Andri Prastiwi SE,Msi,Akt. 2015 persepsi mahasiswa akuntansi terhadap pengungkapan kecurangan (study empiris pada mahiswa akuntansi UNDIP Dan UGM ) jurnal Univesitas Diponogoro

Sunyoto, Danang. 2017. Teori, Kuisioner

& Analisis Data Untuk Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu

Swasta, Basu. 2017. Azas-Asas Marketing. Yogyakarta: Akademi Keuangan.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra.

Pemasaran Strategik Edisi 3. Yogyakarta: Andi

Umar, H. 2017. Metode Riset Bisnis.

Jakarta: PT Gramedia Pustaka

Utama.

Wikamorys, Dian Anggraini., Thini Nurul Rochmach., 2017, “Aplikasi Theory Of Planned Behavior Dalam Membangkitkan Niat Pasien Untuk Melakukan Operasi Katarak”, Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, Vol. 5, No. 1, Januari 2017, Surabaya: Fakultas

Kesehatan Masyarakat Universitas

Airlangga.

Yanti, P.E.P dan Puja. 2021. Pengaruh computer attitude, computer self- efficacy dan trust terhadap minat menggunakan software akuntansi pada karyawan LPD se-Kota Denpasar. Jurnal Manajemen. Universitas Udayana. Vol 3, No 1, Hal 143-153Trianasari. 2021. Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja PT. Suri Tani Pamuka. Jurnal Manajemen. Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 7, No 1, Hal 132-138.

Udayana, I Putu Gede Paramita. 2017.

Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasional Terhadap Organizational Citizenship Behaviour. Jurnal Manajemen. Universitas Udayana. Vol 6, No 7, Hal 3570-3594.

Utari, Ni Luh Mitha. 2021. Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Edie Arta Motor. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 3, No 1, Hal 1-9

Wirya, KS. 2020. Pengaruh Stres Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. BPR Sedana Murni. Jurnal Manajemen dan Bisnis.Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 2, No 1, Hal 50-60.

Wiyanto. 2021. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Putra Sinar Permaja (South Quarter). Jurnal Disrupsi Bisnis. Universitas Pamulang. Vol 4, No 1, Hal 1-12

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles