PENGARUH DIGITAL MARKETING, ELETRONIC WORD OF MOUTH DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA DI RIA SALON (STUDI KASUS DI RIA SALON)
DOI:
https://doi.org/10.36733/emas.v6i3.11026Keywords:
digital marketing, electronic word of mouth, kualitas pelayanan, keputusan penggunaan jasaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Digital Marketing, Electronic Word of Mouth (e-WOM), dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Penggunaan Jasa di Ria Salon. Metode penelitian yang digunakan adalah survei kuantitatif dengan teknik purposive sampling, melibatkan 175 responden pelanggan Ria Salon. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda untuk menguji hubungan antara variabel bebas (Digital Marketing, e-WOM, dan Kualitas Pelayanan) dengan variabel terikat (Keputusan Penggunaan Jasa). Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital marketing, e-wom, dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan jasa. Digital Marketing memiliki pengaruh paling dominan, diikuti oleh Kualitas Pelayanan dan e-WOM. Nilai Adjusted R² sebesar 24,2% menunjukkan bahwa variabel-variabel penelitian ini menjelaskan sebagian besar variasi dalam Keputusan Penggunaan Jasa, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Penelitian ini memberikan rekomendasi strategis bagi Ria Salon untuk meningkatkan efektivitas promosi digital, memperkuat kehadiran dalam platform e-WOM, serta mengoptimalkan kualitas pelayanan guna meningkatkan loyalitas dan keputusan konsumen.
References
Fishbein, M., & Ajzen, I. (1975). Belief, attitude, intention, and behavior: An introduction to theory and research. Addison-Wesley.
Hutagalung, Y. M. P., & Waluyo, D. H. (2020). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga terhadap keputusan pembelian (Studi kasus pada Kopi Benteng 2 Banyumanik) [Undergraduate thesis]. Faculty of Social and Political Science.
Tjiptono, F. (2016). Service, quality & satisfaction. Andi.
Goyette, I., Ricard, L., Bergeron, J., & Marticotte, F. (2010). E-WOM: Word of mouth measurement scale for e-service context. Journal of Administrative Sciences, 27, 5–23.
Hamid, S. (2012). Manajemen sumber daya manusia lanjutan. CV Budi Utama.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-prinsip pemasan (Edisi 12). Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen pemasaran (Jilid I, Edisi ke-12). Erlangga.
Lestari, R., Pradani, T., & Digdowiseiso, K. (2022). The effects of price perceptions, food quality, and menu variations on ordering decisions and their impact on customer loyalty in online culinary products. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(1), 1518–1527.
Malik, R. (2017). Impact of digital marketing on youth buying behaviour at Big Bazaar in Udupi. International Journal for Innovative Research in Science & Technology (IJIRST), 3(8).
Malau, H. (2018). Manajemen pemasaran: Teori dan aplikasi pemasaran era tradisional sampai era modernisasi global. Alfabeta.
Mursid. (2015). Pengembangan pembelajaran PAUD. PT Remaja Rosdakarya.
Mulyanto, D. (2022). Word of mouth, harga, kualitas pelayanan dan dampaknya pada keputusan pengguna jasa transportasi Gojek di Kota Surakarta. Jurnal Manajemen Pelayaran Nasional, 5(1), 29–34.
Nitisusastro, M. (2012). Perilaku konsumen dalam perspektif kewirausahaan. Alfabeta.
Purnawan, I. K. A. W., & Suarmanayasa, I. N. (2021). Pengaruh word of mouth dan kualitas pelayanan terhadap keputusan penggunaan jasa Gojek di Kota Denpasar. Jurnal Jurusan Manajemen, 7(2), 217–225.
Rita, R., Hutomo, K., & Natalia, N. (2013). Electronic word of mouth (e-WOM) Foursquare: The new social media. Binus Business Review, 4(2), 711–724. https://doi.org/10.21512/bbr.v4i2.1385
Restanti, F. A., Kusumawati, A., & Devita, L. D. R. (2019). Pengaruh celebrity endorser dan electronic word of mouth terhadap minat beli dan dampaknya terhadap keputusan pembelian (Survei pada konsumen Zoya Fashion dan Hijab). Jurnal Administrasi Bisnis, 68(1), 28–37.
Sari, N., Saputra, M., & Husein, J. (2017). Pengaruh electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian pada toko online Bukalapak.com. Jurnal Manajemen Magister Darmajaya, 3(01), 96–106.
Saputra, G. W., & Ardani, I. G. A. K. S. (2020). Pengaruh digital marketing, word of mouth, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(7), 2596. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i07.p07
Sarwono, J., Munandar, D., & Winarti, M. B. (2020). Metode penelitian dalam implementasi ragam analisis: Untuk penulisan skripsi, tesis, dan disertasi. Penerbit Andi.
Zulfaldi. (2019). Pengaruh daya tarik iklan, harga dan electronic word of mouth (EWOM) terhadap minat pengguna jasa transportasi online Grab di Kota Padang. Jurnal Kajian Manajemen dan Wirausaha, 1(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Desi Fitriani, Anak Agung Putu Agung, I Gusti Ngurah Agung Gede Eka Teja Kusuma

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.