PENGARUH BRAND IMAGE, WORD OF MOUTH DAN PERCEIVED SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA JNE CABANG TANGKUBAN PERAHU

Authors

  • Winnie Chika Fernanda S Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ayu Imbayani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Surya Prayoga Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Brand Image, Word of Mouth, Perceived Service Quality, Keputusan Penggunaan Jasa

Abstract

Perkembangan bisnis yang semakin mau di era globalisasi saat ini menyebabkan meningkatnya kebutuhan akan jasa pengiriman barang sehingga banyaknya persaing yang muncul, sehingga JNE harus mempertahankan kualitas pelayanannya dan membangun image yang baik pada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image, word of mouth dan perceived service quality terhadap keputusan penggunaan jasa pada JNE cabang Tangkuban Perahu.

Hasil penelitian menunjukan bahwa Brand Image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan jasa pada JNE cabang Tangkuban Perahu, Word of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan jasa JNE cabang Tangkuban Perahu, Perceived Service Quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan jasa JNE cabang Tangkuban Perahu.

References

Ajzen, Icek. 2005. Attitudes, Personality and Behavior (2 edition). New York: Open University Press; 2 edition.

Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Babin, Berry., 2015,”Modeling Consumer Satisfaction and Word of Mouth: Restaurant Patronage in Korea”, The Journal of Services Marketing, Vol. 9, No.3,p.133-139.

Durianto, Darmadi. 2001. Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Fadila, Dewi dan Lestari, Sari. 2013. Perilaku Konsumen. Palembang: Citrabooks Indonesia

Firda, IJ. 2016. Pengaruh Persepsi Keragaman Produk, Persepsi Harga Dan Persepsi Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Online (Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Un Pgri Kediri. Skripsi. Fakultas Ekonomi Manajemen Universitas Nusantara Pgri Kediri

Harahap, MAK. 2013. Analisis Pengaruh Brand Image Dan Word Of Mouth (Wom) Terhadap Proses Keputusan Pembelian Handphone Blackberry (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fe Uny). Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Yogyakara.

Hayati, DP., Hariyani.DS., Citaningtyas, Dian., & Kadi, Ari. 2021. Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, Lokasi, Citra Perusahaan, Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pengguna Jasa Pengiriman (Studi Kasus Pengguna Jasa Tiki Cabang Kota Madiun). Seminar Inovasi Majemen Bisnis Dan Akuntansi .

Homer, EC. 2017. Analisis Pengaruh Brand Image Dan Word Of Mouth (Wom) Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Pt Jne Pada Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Usu. Skripsi. Program Studi Manajemen

Irsyad, Muhammad. 2020. Pengaruh Brand Image, Word of Mouth dan Kualitas Pelayanan terhadap Perilaku Penggunaan Jasa JNE Kudus. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Kudus Fakultas Syariah Dan Ekonomi Islam Program Studi Manajemen Bisnis Syariah.

Joesyiana, K. (2018). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekabaru (Survey pada Mahasiswa Semester VII Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau). Jurnal Valuta, 4(1), 71–85

Kotler, P. and Keller, KL. (2018) Marketing Management. 14th Edition, Pearson Education.

Lupioyadi. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa: Teori Dan Praktek. Jakarta: Salemba Empat

Lovelock, CH dan Wright, LK. (2007).Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Indeks

Nuraeni, Nelly. 2014. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Word Of Mouth Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pemakaian Jasa Pada Bengkel Honda Jatake Motor Tangerang. Skripsi. Program Sarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Priansa, Doni Joni. (2019). Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. Bandung: Pustaka Setia

Putri, RE., Handoyo, Djoko., & Listyorini, Sari. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Word Of Mouth, Dan Brand Image Terhadap Keputusan Penggunaan Jne Cabang Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, vol. 4, no. 4, pp. 220-228

Rakhmah, OTN., Darutama, Ardiyan., Kurniawati, Fitri. 2022. Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Kuliner Gemek Kedungwuni. Jurnal Sahmiyya. Vol 1 No 1.

Rangkuti Freddy. 2012 The Power of Brand. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Andi Offset

Sarasdiyanthi, AM., Mananda, S., Suardana. 2016. Pengaruh Citra Merek Dan Persepsi Kualitas Pelayanan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Travel Agent Airasia Go. Jurnal IPTA . ISSN : 2338-8633 Vol. 4 No. 2, 2016

Schiffman Dan Kanuk (2011). Persepsi Kualitas, Costumer Behavior. New Jersey: Perason Prestice Hall.

Sesekaran, Uma . (2006). Metode Penelitian Bisnis, Salemba, Jakarta.

Sutarningsih, Ayu. 2021. Pengaruh Brand Image Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Pada Dewa Ayu Shop Klungkung. Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Sriwindarti. 2020. Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan, Brand Image, Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Transportasi Online Grabbike Di Ponorogo. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Sutisna. 2002. Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. Bandung : PT REMAJA ROSDAKARYA

Tjiptono, F., & Chandra, G. 2016. Service, Quality And Satisfaction. Yogyakarta: Andi

Wandasari, NKRD., Mitariani, NWE., Imbayani, IGA. 2020. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Mie Instan Merek Sedaap Di Kota Denpasar. ISSN: 2721-6810 Vol. 1 No 3.

Yuniari. Tri. 2015. Analisis Harapan Dan Persepsi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Alfamidi Wisma Tropodo. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Volume 4, Nomor 6

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles