PENGARUH BRAND AWARENESS DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI SITUS BELANJA ONLINE SHOPEE DI KOTA DENPASAR

Authors

  • Ni Made Dwi Apriastuti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Nita Anggraini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Pande Ketut Ribek Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Brand Awareness, Electronic Word of Mouth (EWOM), Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand awareness dan electronic word of mouth (EWOM) terhadap keputusan pembelian di situs belanja online Shopee di Kota Denpasar. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Adapun jumlah sampel yang digunakan adalah 97 orang responden yang tinggal di Kota Denpasar dan pernah melakukan keputusan pembelian di situs belanja online Shopee. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner dan diolah dengan SPSS 26 version. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand awareness dan electronic word of mouth (EWOM) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Electronic word of mouth (EWOM) adalah variabel yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian. Oleh karena itu, sangat perlu dan penting untuk meningkatkan brand awareness dan electronic word of mouth (EWOM) karena dengan adanya peningkatan tersebut, maka akan memberikan kontribusi yang tinggi terhadap keputusan pembelian pada situs belanja online Shopee di Kota Denpasar.

References

Aaker A. D. 2018. Manajemen Ekuitas Merek. Jakarta: Mitra Utama

Akbar, M. J. C., dan Sunarti. 2018. Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Sushi Tei Kelapa Gading). Jurnal Administrasi Bisnis, 60(3)

Andriani. 2019. Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image Marketplace Shopee terhadap Keputusan Pembelian Produk pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar.

Ajzen, I. 1991. The Theory of Planned Behavior. Organization Behavior and Human Decision Process, Vol. 50 (2).

Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro (BPUD).

Ghozali, I. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gima dan Emmanuel. 2017. Pengaruh Kemasan, Kewajaran Harga dan Brand Awareness terhadap Brand Loyalty (Studi Kasus Pada Wisatawan Nusantara di Kartika Sari Bandung). Jurnal Manajemen Maranatha. Vol. 17 Nomor 1. ISSN 1411-9293. e-ISSN 2579-4094. pp 1-14

Hasanah. 2017. Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Motor Merek Kawasaki Pada PT. Diana Indonesia di Makassar. Tesis tidak diterbitkan. Makassar: Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar.

https://databoks.katadata.co.id/ diakses pada hari Minggu, 31 Januari 2021.

iPrice. 2018. Daftar 50 Website & Aplikasi E-Commerce di Indonesia 2018. Retrieved from https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/

Kotler, P. dan Keller, K. L. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Krisnawati, D. 2016. Pengaruh Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Amdk Merek Aqua (Studi Pada Masyarakat Di Kota Bandung). Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 4(1).

Lailatul, B. 2021. Pengaruh Strategi Word of Mouth (WOM), Sharia Compliance, dan Tingkat Religiusitas terhadap Keputusan Menjadi Nasabah di PT. Bank Muamalat Kantor Cabang Utama Palembang.

Mardalena, T. N. 2018. Pengaruh Kesadaran Merek, Kepercayaan Merek dan Keunggulan Produk Luxury Fashion Brand dengan Gender sebagai Moderating pada Pemasaran Media Sosial di Kota Banda Aceh. Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Aceh. Jurnal Manajemen, 2(1), 102.

Novansa, H., dan Ali, H. 2017. Purchase Decision Model: Analysis of brand Image, Brand Awareness and Price (Case Study SMECO Indonesia SME Products). Saudi Journal of Humanities and Social Sciences, 2(8), 621-632.

Pramudya, F. A. 2020. Pengaruh Kualitas Website dan E-wom Terhadap Keputusan Pembelian (Study Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wijaya Kusuma Surabaya). Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wijaya Kusuma Surabaya.

Rahmadi dan Malik. 2016. Pengaruh Kepercayaan dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian E-commerce Pada Tokopedia.com di Jakarta Pusat. Jurnal Ilmiah Untuk Mewujudkan Masyarakat Madani

Ramadayanti, F. 2019. Peran Brand Awereness Terhadap Keputusan Pembelian Produk. Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis Vol. 6 (2) 2019 hlm. 78-83

Shopee. 2018. Tentang Shopee. Retrieved from https://careers.shopee.co.id/about/

Schiffman, L dan Kanuk, L. L. 2008. Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Indeks.

Setiawan, P. Y., dan Mahaputra, D. G. K. 2019. Peran Sikap Memediasi Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung. E-Jurnal Manajemen, Vol. 8, No. 12.

Sari, F. P. dan Yuniati T. 2016. Pengaruh Harga, Citra Merek dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol. 5 No. 6.

Sari, N., Saputra, M., dan Husein, J. 2017. Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Online Bukalapak. com. Jurnal Manajemen Darmajaya, 3(01), 96-106.

Sindunata, I., dan Wahyudi, B. A. 2018. Pengaruh EWOM (Electronic Word of Mouth) Terhadap Keputusan Pembelian di Agoda. com. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 6 (1).

Tee, J., Erdiansyah, R., dan Aulia, S. 2020. Pengaruh Word of Mouth dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian Xing Fu Tang di Indonesia. Prologia, 4(1), 18-24.

Zulfaldi. 2019. Pengaruh Daya Tarik Iklan, Harga dan Electronic Word of Mouth (EWOM) Terhadap Minat Pengguna Jasa Transportasi Online Grab di Kota Padang. Jurnal Kajian Manajemen dan Wirausaha. Vol.1 No.1

Downloads

Published

2022-10-17

Issue

Section

Articles