PENGARUH BRAND IMAGE, PROMOTION, DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA KONSUMEN E-COMMERCE TOKOPEDIA DI KOTA DENPASAR)

Authors

  • Ni Luh Putu Febri Arista Dewi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Cempaka Dharmadewi Atmaja Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Daniel Manek Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

brand image, promotion, electronic word of mouth, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image, promotion, dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen E-Commerce Tokopedia di Denpasar. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan alat pengumpulan data kuesioner. Data yang telah dikumpulkan diolah menggunakan alat bantu Statistical Package for the Social Sciences (SPSS). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian berjumlah 90 responden konsumen Tokopedia di Denpasar. Hasil penelitian menunjukan bahwa brand image, promotion, dan electronic word of mouth berpengaruh posistif dan signifikan tehadap keputusan pembelian konsumen tokopedia di Denpasar. Hal ini berarti bahwa semakin baik brand image, dan electronic word of mouth e-commerce tokopedia, maka akan mempengaruhi keyakinan konsumen untuk melakukan keputusan pembelian serta semakin baik electronic word of mouth tentang e-commerce tokopedia, maka semakin tinggi keputusan pembelian konsumen tokopedia di Denpasar.

References

Atmaja, N. P. C. D., Pratama, I. M., & Manek, D. (2022). Pengaruh Experiental Marketing, E-Service Quality Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Di E-Commerce Lazada Di Kota Denpasar. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium, 8(2), 310–323. https://doi.org/10.47329/jurnal_mbe.v8i2.975

Atmaja, N. P. C. D., & Menuh, N. N. (2019). Peran Mediasi Brand Trust Pada Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(1), 228–240.

Chandrawati, V. H., & Setiawati, C. I. (2021). Pengaruh Promosi Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Saat Kondisi Covid-19 ( Studi Pada Pizza Hut Di Jabodetabek ) the Effect of Promotion and Brand Image on Purchase Decisions During Covid-19 Conditions ( Study on Pizza Hut in Jabodetabek ). E-Proceeding Management, 8(5), 6461–6474.

Darwis. (2017). Pengaruh Brand Image Dan Harga Terhadap keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza Pada Pt. Hadji Kalla Cabang Alaudin Makasar, Universitas Islam Negeri Alaudin Makasar. Skripsi. FEBI, UIN Alaudddin Makasar.

Ernawati, R. (2021). Analisis Pengaruh Promosi, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Situs E-commerce Zalora di Jakarta. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 4(2), 80–98. https://doi.org/10.24176/bmaj.v4i2.6663.

Margaretha, F. (2017). Analisis Hubungan Antara Motif Dengan Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Shopee Sebagai Media Berbelanja Online Pada Shopeeholics Di Kota Samarinda. eJournal Ilmu Komunikasi, 5 (4) 2017 : 26 – 40

Noviolita, M. C., Isyanto, P., & Romli, A. D. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Pembelian Impulsif Konsumen Tokopedia Menggunakan Analisis Diskriminan (Studi Konsumen Generasi Y dan Z Pada Masa Pandemi COVID-19). Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 6(1), 23-40.

Nuary, F. D. (2010). Implementasi Theory Of Planned Behavior Dalam Adopsi E-Commerce Oleh Ukm (Studi pada UKM yang berada di Kota Surakarta tahun 2009), Skripsi. Universitas Sebelas Maret Surakarta

Pardede, R., & Haryadi, T. Y. (2017). Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Yang Dimediasi Kepuasan Konsumen. Journal of Business & Applied Management, 10(1). https://doi.org/10.30813/jbam.v10i1.870

Puteri, E. M., & Djuwita, A. (2021). Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Kembali di Eastwood Store (Studi Kuantitatif Deskriptif Pengaruh E-WOM tentang Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Kembali). E-Proceeding of Management, 8(1), 623–642.

Potter, W James. (2021). Digital Media Effects. London: Rowman & Little Field

Rahmadi, H., & Malik, D. (2018). Pengaruh Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian E-Commerce Pada Tokopedia.Com Di Jakarta Pusat. Reformasi Administrasi, 3(1), 126–145. https://doi.org/10.31334/.v3i1.100

Rasyid, C.A., & Lutfie, H. (2018). Pengaruh Brand Image dan Bauran Promosi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Warunk Dakora Bandung Tahun 2017. eProceeding of Applied Science: Vol.4, No.1

Ruhamak, M. D., & Rahmadi, A. N. (2020). Pengaruh Word of Mouth, Citra Destinasi Dan Brand Image Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Memilih Lembaga Kursus Bahasa Arab Di Kota Pare - Kediri. Equilibrium: Jurnal Ekonomi Syariah, 7(1), 165. https://doi.org/10.21043/equilibrium.v7i1.8066

Zahara, R., & Sembiring, N. (2020). Effect on the Promotion and Price on Decision To Purchase of Railway Airport Transport Tickets. Dinasti International Journal of Digital Business Management, 1(2), 224–231.

Downloads

Published

2024-10-15

How to Cite

Ni Luh Putu Febri Arista Dewi, Ni Putu Cempaka Dharmadewi Atmaja, & Daniel Manek. (2024). PENGARUH BRAND IMAGE, PROMOTION, DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA KONSUMEN E-COMMERCE TOKOPEDIA DI KOTA DENPASAR). EMAS, 5(7), 114–124. Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/10013

Issue

Section

Articles