ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP MINAT BELI PRODUK ORIFLAME

Authors

  • Putu Lia Pramesti Anggarani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Anak Agung Putu Agung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Cempaka Dharmadewi Atmaja Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Citra Merek, Kualitas Produk, Persepsi Harga, Minat Beli

Abstract

Persaingan pasar yang semakin ketat secara tidak langsung akan mempengaruhi mempengaruhi usaha suatu perusahaan di dalam mempertahankan pangsa pasarnya. Perusahaan dituntut untuk mempertahankan citra merek, kualitas produk, harga yang dimiliki dan memahami perilaku pasar sasarannya dengan menawarkan produknya yang berkualitas agar dapat menimbulkan minat beli para pelanggan.

Populasi dari penelitian ini adalah seluruh konsumen  yang menggunakan produk Oriflame di kota Denpasar. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang responden yang ditentukan berdasarkan metode purposive sampling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh citra merek, kualitas produk, dan persepsi harga terhadap minat beli produk Oriflame.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa citra merek, kualitas produk dan persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Saran yang diberikan untuk perusahaan; agar terus meningkatkan citra merek, kualitas produk yang dimiliki agar konsumen Oriflame tetap setia terhadap produk-produk Oriflame.

References

Aristayasa, I Kadek, Ni Wayan Eka Mitariani, dan Ni Putu Cempaka Dharmadewi Atmaja. " PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN." Jurnal Ekonomi dan Pariwisata 15.2 (2020).

Ghozali, Imam. 2012. “Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.” In Analisis Multivariate Dengan Program SPSS,.

Indriartoro, Nur, and Bambang Supomo. 2016. “Metodologi Penelitian Untuk Akuntansi Dan Manajemen (Edisi 1).” BPFE.

Tranggono,Retno IS BP: Ilmu Pengetahuan Kosmetik Gramedia pustaka Utama,2007.

Kumala, Octaviantika Benazir. 2012. Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Tune Hotel Kuta Bali. Skripsi. Universitas Indonesia, Jakarta.

Purba, M L. 2014. “… Terhadap Kreativitas Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Kinerja Bisnis IBO Dalam Multi Level Marketing PT ORIFLAME INDONESIA” JKBM (JURNAL KONSEP BISNIS DAN MANAJEMEN).

Ghozali.2012.Aplikasi AnalisisnMultivariate Dengan Program SPSS.Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Sugiyono, Prof. Dr. 1993. “Populasi Dan Sampel.” Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Suliyanto. 2011. “Analisis Regresi Berganda.” Ekonometrika Terapan : Teori & Aplikasi dengan SPSS.

Susanto, and Himawan Wijanarko. 2004. “Power Branding: Membangun Merek Unggul Dan Organisasi Pendukungnya.” In Strategi Mengembangkan Identitas Merek,.

Tjiptono, Fandy. 2016. “Pengertian Dan Klasifikasi Produk.” Journal of Chemical Information and Modeling.

Kotler and Amstrong. 2012. Marketing Management. 14th Edition New Jersey;

Pearson Prentice Hall.

Tjiptono. 2012. Strategi Pemasaran. Edisi 4 Yogyakarta

Nur Eko Wa'dah (2013) Pengaruh Merek, Kualitas Produk dan promosi terhadap minat beli sepeda Polygon ( Study Kasus pada konsumen sepeda polygon di toko sepeda "Hudayah" Jepara ). skripsi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nadlatul Ulama, Jepara.

Kiki Norfiyanti. (2012). Analisis pengaruh citra merek, persepsi harga dan daya tarik iklan terhadap minat beli konsumen pada produk air minum dalam kemasan (AMDK) galon merek AQUA (studi kasus pada mahasiswa di kota Semarang). Skripsi Fakultas Ekonomika & Bisnis Universitas Diponogoro, Semarang.

Kartajaya Hermawan.2009, New Wave Marketing, The word is Still Round The Market is already Flat. gramedia.Indonesia.

Tjiptono,Fandy, 2008. StrategunPemasaran, Edisi ketiga, Andi, Yogyakarta.

https://text-id.123dok.com/document/7q0r85vq6-struktur-organisasi-perusahaan-gambaran-umum-pt-orindo-alam-ayu-cabang-bali.html

Prawira & Kerti Yasa. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Produk Smartphone Samsung di Kota Denpasar, Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Bali.

Sugiyono.2012.Metode Penelitian Bisnis Bandung : Alfabeta.

Rangkuti Freddy. 2008. The Power of Brand's. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Kotler and Keller. 2012. Manajement Pemasaran. Edisi 13 jilid 2. Jakarta : Erlangga.

Kotler and Keller 2016. MArketing Management. 15th Edition New Jersey : Pearson Pretice Hell.

Kotler and Amstrong. 2012. Marketing Management. 14th Edition New Jersey; Pearson Pretice Hall.

Tjiptono. 2012. Strategi Pemasaran. Edisi 4 Yogyakarta

Nur Eko Wa'dah (2013) Pengaruh Merek, Kualitas Produk dan promosi terhadap minat beli sepeda Polygon ( Study Kasus pada konsumen sepeda polygon di toko sepeda "Hudayah" Jepara ). skripsi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nadlatul Ulama, Jepara.

Kiki Norfiyanti. (2012). Analisis pengaruh citra merek, persepsi harga dan daya tarik iklan terhadap minat beli konsumen pada produk air minum dalam kemasan (AMDK) galon merek AQUA (studi kasus pada mahasiswa di kota Semarang). Skripsi Fakultas Ekonomika & Bisnis Universitas Diponogoro, Semarang.

Kartajaya Hermawan.2009,New Wave Marketing, The word is Still Round The Market is already Flat.gramedia.Indonesia.

Tjiptono,Fandy, 2008. Strategun Pemasaran, Edisi ketiga, Andi,

Yogyakarta.

https://text-id.123dok.com/document/7q0r85vq6-struktur-organisasi-perusahaan-gambaran-umum-pt-orindo-alam-ayu-cabang-bali.html

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles