PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MERK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP MINAT PEMBELIAN ULANG PRODUK STARBUCKS DENPASAR

Authors

  • Ni Kadek Risna Dwi Kartika Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ayu Imbayani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Surya Prayoga Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

minat pembelian ulang, kualitas produk, citra merk, persepsi harga

Abstract

Minat pembelian sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan, agar kelangsungan hidup perusahaan terus tercapai dalam menumbuhkan minat beli dan akhirnya mengunggah niat untuk melakukan pembelian ulang produk jasa tidaklah mudah.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, citra merk dan persepsi harga terhadap minat pembelian ulang Starbucks Denpasar. Penelitian ini merupakan penelitian dengan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah masyarakat yang pernah berbelanja di Starbucks lebih dari sekali yang dimana populasinya tidak diketahui. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian untuk memilih banyaknya sampel yang akan diteliti yaitu non probability sampling dengan jumlah 120 responden. Sampel yang akan diteliti akan didasarkan pada metode accidental sampling, ialah penentuan jumlah sampel yang dipilih dengan cara incidental, yaitu siapa saja yang bertemu dan dirasa cocok sebagai sumber data dalam penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah analisis linier berganda.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian ulang, citra merk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian ulang dan persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian ulang Starbucks Denpasar.

References

Achmad, F., & Supriono, S. (2017). Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Layanan terhadap Minat Pembelian Ulang (Survei pada Konsumen Go-ride di Kota Surabaya) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).

Apriliani, N. L. P., Anggraini, N. P. N., & Ribek, P. K. (2022). PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA WATER GARDEN HOTEL CANDIDASA BALI. EMAS, 3(3), 217-230.

Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers

Bahar, A., & Sjaharuddin, H. (2015). PengaruhKualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang. 3, 14–34

Bahar, A., & Sjaharuddin, H. (2015). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang. 3, 14– 34.

Buchari, Alma, 2011, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Cetakan Kesembilan. Bandung: Alfabeta.

Cahyadi, I., Hermanto, K., & Siaputra, H. (2015). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap minat beli ulang fast food ayam goreng tepung di kalangan mahasiswa universitas kristen petra surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 3(2), 561-573.

Cahyadi, Irvan, Kenly Hermanto, and Hanjaya Siaputra. "Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap minat beli ulang fast food ayam goreng tepung di kalangan mahasiswa universitas kristen petra surabaya." Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa 3.2 (2015): 561-573.

Dewi., Ekawati. (2019). Peran Kepuasan Konsumen Memediasi Pengaruh Brand Image Terhadap Repurchase Intention. E-Jurnal Manajemen. 8(5) ISSN : 2302-8912.

Dharmmesta,B.S.,&Handoko,T.H.(2014). ManajemenPemasaranAnalisaPerilakuKonsumen. Yogyakarta: BPFE.

Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17–32.

Fakaubun, U. F. K. (2020). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang Sepatu Adidas Di Malang Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Toko Sport Station Dinoyo, Malang). Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU), 2(2), 58-73.

Fakaubun, UFK (2019). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang Sepatu Adidas Di Malang Melalui Pelanggan Sebagai Variabel Intervening ( Studi Kasus Pada Toko Sport Station Dinoyo , Malang ). Jurnal Ilmu Manajemen, 4(September), 221–234.

Fandiyanto, R., & Kurniawan, R. E. (2019). Pengaruh Kepercayaan Merek Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang “Kopi Toraja” Di Coffee Josh Situbondo. Jurnal Ilmiah Ecobuss, 7(1), 21-42.

Fandiyanto, R., & Kurniawan, R. E. (2019). Pengaruh Kepercayaan Merek Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang “Kopi Toraja” Di Coffee Josh Situbondo. Jurnal Ilmiah Ecobuss, 7(1), 21-42.

Garvin, David A.2016. alih bahasa Fandy Tjiptono, Strategi Pemasaran.Yogyakarta

Hariyanti, A. D. (2011). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Ulang Produk Perlengkapan Kunci Di Pt Kenari Djaja Prima Semarang. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), 10(1), 47-87.

Hariyanti, A. D. (2011). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Ulang Produk Perlengkapan Kunci Di Pt Kenari Djaja Prima Semarang. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), 10(1), 47-87.

Harjati, L., & Venesia, Y. (2015). Pengaruh kualitas layanan dan persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan pada maskapai penerbangan Tiger Air Mandala. E-Journal Widya Ekonomika, 1(1), 36791.

Hidayah, S. A., & Apriliani, R. A. E. (2019). Analisis Pengaruh Brand Image, Harga, Kualitas Produk, Dan Daya Tarik Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Batik Pekalongan (Studi Pada Pasar Grosir Setono Batik Pekalongan). Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 1(1), 24-31.

Hidayah, S. A., & Apriliani, R. A. E. (2019). Analisis Pengaruh Brand Image, Harga, Kualitas Produk, Dan Daya Tarik Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Batik Pekalongan (Studi Pada Pasar Grosir Setono Batik Pekalongan). Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 1(1), 24-31.

Iwan,K.,Santoso,S.B.,&Dwiyanto,B.M.(2012).AnalisisFaktor-FaktorYangMempengaruhi Kepuasan Pelanggan Ulang Produk Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Produk Sakatonik Liver Di Kota Semarang). Jurnal Studi Manajemen & Organisasi, 4(2), 20–29.

Kotler dan Keller,(2012).Marketing Management Edisi14,Global Edition.Pearson Prentice Hall. Musay, F. (2013). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Kfc Kawi Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 3(2).

Kotler,P.,&Keller,K.L.(2016).MarketingManagement(15thEditi).England: Pearson Education Limited.

Kotler, Philip. & Gary Armstrong. 2015. Principle Of Marketing, 15th edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Lusiani, L., & Manggu, B. (2021 August). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Produk Oriflame. In UMMagelang Conference Series (pp. 525-542).

Malik, M. E., Ghafoor, M. M., & Hafiz, K. I. (2012). Impact of Brand Image, Service Quality and price on customer satisfaction in Pakistan Telecommunication sector. International journal of business and social science, 3(23).

Mustapa, A., Pharamita, P. D., & Haisolan, L. B. (2018). Pengaruh kualitas produk, harga produk, dan keragaman produk sparepart toyota terhadap minat beli Kembali konsumen dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening (Studi pelanggan pt. new ratna motor semarang).

Mustapa, Adi, Patricia Dhiana Paramita, and Leonardo Budi Hasiholan. "Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk, Dan Keragamaan Produk Sparepart Toyota Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Dengan Kepuasaan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pelanggan PT. New Ratna Motor Semarang)." Journal of Management 4.4 (2018).

Oceani, O., & Sutopo, S. (2017). Analisis Pengaruh Citra Merek, Nilai Pelanggan, dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang Pelanggan Tupperware di Magelang. Diponegoro Journal of Management, 6(1), 216-228.

Prabowo, S. A. (2018). Pengaruh Suasana Toko, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Mirota Kampus Godean. Jurnal Ekobis Dewantara, 1(7), 115-126.

Prasetya, W., & Yulius, C. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli Ulang: Studi pada Produk Eatlah. Jurnal Teknologi, 11(2), 92-100.

Prasetya, W., & Yulius, C. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang: Studi Pada Produk Eatlah. Jurnal Teknologi, 11(2), 92–100.

Purnamawati, N. L. A., Mitariani, N. W. E., & Anggraini, N. P. N. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang Di Bandung Collection Kecamatan Kuta Utara, Badung. VALUES, 1(3).

Ramadhan, A. G., & Santosa, S. B. (2017). Analisis pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan citra merek terhadap minat beli ulang pada sepatu nike running di semarang melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening. Diponegoro Journal of Management, 6(1), 59-70.

Rangkuti, F. (2018). Measuring Customer Satisfaction Teknik Mengukur Strat. Meningk. Kep. Plg. Gramedia Pustaka Utama.

Resti, D., & Soesanto, H. (2016). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan melalui Kepuasan Pelanggan terhadap Minat Beli Ulang pada Rumah Kecantikan Sifra Di Pati. Diponegoro Journal of Management,

Resti, D., & Soesanto, H. (2016). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan melalui Kepuasan Pelanggan terhadap Minat Beli Ulang pada Rumah Kecantikan Sifra Di Pati. Diponegoro Journal of Management, 28-39.

Santi, E. R., & Supriyanto, A. (2020). PENGARUH KUALITAS PRODUK, KEPUASAN PELANGGAN, DAN PROMOSI ONLINE TERHADAP MINAT BELI ULANG (STUDI KASUS PADA SATE TAICHAN BANJAR D’LICIOUS). Jurnal Sains Manajemen Dan Kewirausahaan, 4(1), 47-56.

Sari, R. K., & Hariyana, N. (2019). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Pembelian Ulang Dan Kepuasan Pelanggan Online Shopping Pada Remaja Di Situbondo. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 6(2).

Savitri,IAPD,&Wardana,IM dan Imbayani, I. G. A.(2022).PengaruhCitraMerek,KualitasProdukDan Persepsi Harga Berdasarkan Dan Niat Beli Ulang. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(10), 5748.

Senggetang (2019) Pengaruh Lokasi, PromosiDanPersepsiHarga, Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Perumahan Kawanua. Manado: Universitas Sam Ratulangi

Slameto.2010 BelajardanFaktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta

Sudrajad, P., & Subiharta, S. (2014). Karakter Fenotipik Sapi BetinaPeranakan Ongole (PO) Kebumen.Widyariset,17(2), 283-290.

Sugiyono.2018.MetodePenelitianKuantitatif,Kualitatif,danR&D.Bandung:Alfabeta, CV

Tjiptono,Fandy(2015).PerspektifManajemendanPemasaranKontemporer.Yogyakarta: Andi

Wijiastuti, R. D., & Cantika, N. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Jasa Gofood Di Kota Sorong. Kalianda Halok Gagas, 4(1), 1-8.

Downloads

Published

2023-04-19

Issue

Section

Articles