PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS PRODUK DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP MINAT BELI ULANG (Studi Kasus Pada Babi Guling Putra Celagi)

Authors

  • I Wayan Arik Krisna Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ayu Imbayani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Surya Prayoga Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

persepsi harga, kualitas produk, kepuasan pelanggan, minat beli ulang

Abstract

Minat beli ulang dapat dipengaruhi oleh faktor persepsi harga, kualitas produk dan kepuasan pelanggan. Masing-masing faktor tersebut saling berhubungan satu sama lain, ketika kualitas produk yang didapatkan sepadan dengan harga yang dikeluarkan maka pelanggan merasa puas atas pelayanan yang diberikan, sehingga menciptakan minat beli kembali

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh persepsi harga, kualitas produk dan kepuasan pelanggan terhadap minat beli ulang pada Babi Guling Putra Celagi. Populasi penelitian adalah pelanggan Babi Guling Putra Celagi yang sudah melakukan pembelian lebiah dari satu kali. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 105 responden yang ditentukan berdassarkan metode purposive sampling. Alat analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi harga pengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat beli ulang, kualitas produk pengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat beli ulang, dan kepuasan pelanggan pengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat beli ulang. Penelitian selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini dengan menggunakan variabel lain yang secara teori mempunyai pengaruh terhadap minat beli ulang.

References

Amroni, Purbasari, D. M., dan Aini, N. (2019). Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Minat Beli Ulang (Rebuying) Pada Toko Kue Yosin Di Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon. Bisnis Dan Industri (EBI), 01(02), 64–70. https://doi.org/doi.org/10.52061/ebi.v1i 1.9

Anwar, M., dan Andrean, D. (2021). The Effect of Perceived Quality, Brand Image, and Price Perception on Purchase Decision. Proceedings of the 4th International Conference on Sustainable Innovation2020- Accounting and Management (ICoSIAMS 2020), Volume 176.

Apriliani, Y., Alam, A. S., dan Sulistiawan,

R. S. N. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tomat di Pasar Muka Cianjur. Jurnal Administrasi Bisnis (JUBIS), 1(2), 73–82. https://doi.org/10.35194/jubis.v1i2.193 5

Buwono, R. I., Filemon, G., Wisudawati, T., dan Saputro, W. A. (2021). The Effect Of Customer Satisfaction And Brand Equity On The Interest In Repurchasing Sugar. Airlangga Journal of Innovation Management, 2(1), 2722–5062.

https://doi.org/10.20473/ajim.vvii.2662 7

Darma, Y. (2020). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Pembelian Ulang. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 4(4), 133–138. https://doi.org/10.24912/jmbk.v4i4.867 5

Fernanda, I. V. (2016). Pengaruh Persepsi Harga, Persepsi Kualitas, Persepsi Risiko Terhadap Niat Pembelian Produk Merek Toko Indomaret di Surabaya. Artikel Ilmial Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas, 1–20

Firdaus. (2020). Pengaruh Persepsi Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Minat

Pembelian Ulang Produk Private Label Indomaret (Studi Pada Konsumen Indomaret Di Kecamatan Telanaipura Kota Jambi). Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan (Mankeu), 9(1), 1–14.

Hardika, N. S., Askara, I. K. J., dan Wijana,

I. M. (2022). The Effect of Taxpayer Understanding and Use of E-Filing on Taxpayer Compliance with Tax Volunteer as Moderating Variable. Jurnal Informasi, Perpajakan, Akuntansi, Dan Keuangan Publik, 17(1), 95–110.

https://doi.org/https://doi.org/10.25105

/jipak.v17i1.10147

Imbayani, I. G. A., Ribek, P. K., dan Astiti,

N. P. Y. (2021). The Role of Customer Satisfaction as Mediation on The Influence of Service Performance and Relationship Marketing on Customer Loyality. Scientific Research Journal (SCIRJ), 9(7), 20–28. https://doi.org/10.31364/SCIRJ/v9.i07. 2021.P0721XX

Kusumadewi, N., dan Saraswati, T. G. (2020). Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang Pada Official Store Scarlett Di Shopee Dan Tokopedia. EProceedings of Management, 7(3), 6476–6489.

Mareta, L. P., dan Kurniawati, T. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Iklan Terhadap Minat Beli Ulang Shampo Rejoice. Jurnal Ecogen, 3(3), 400–409. https://doi.org/doi.org/10.24036/jmpe.v 3i3.9916

Masitoh, M. R., Wibowo, H. A., dan Sunarno, D. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan, Dan Kepercayaan Merek Terhadap Niat Pembelian Ulang Di Toko Online Tokopedia. Jurnal Manajemen, 8(1), 60–77.

Mudfarikah, R., dan Dwijayanti, R. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang. Jurnal Manajemen, 13(4), 654–661.

Oktaviani, R. M., dan Nurhayati, I. (2017). Determinan Kepatuhan Wajib Pajak Badan Dengan Niat Sebagai Pemediasi

Dari Perspektif Planned Behaviour Theory. Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers 2015, 163–175.

Pranandha, K. E. S., dan Kusumadewi, N.

M. W. (2022). Peran Word Of Mouth Memediasi Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 11(3), 443. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2022

.v11.i03.p02

Putra, M. Y. S., Sagir, J., dan Hilmiati. (2021). Pengaruh Inovasi Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Breadtalk Lombok Epicentrum Mall. Journal of Management and Business, 9(1), 55–

https://doi.org/doi.org/10.29303/distrib usi.v9i1.132

Salim, M. A., Soliha, E., dan Siswanto, A.

B. (2020). Effect Location, Price Perception of Customers Satisfaction and Impact onRepurchase Interest (A Study on Lion Air Flight Services Customer at AhmadYani Airports). International Journal of Civil Engineering and Technology (IJCIET), 11(5), 157–169.

Santi, E. R., dan Supriyanto, A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan, dan Promosi Online Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Kasus Pada Sate Taichan Banjar D’Licious). Jurnal Sains Manajemen Dan Kewirausahaan (JSMK), 4(1), 47–

Saputra, H. (2019). Analisa Kepatuhan Pajak Dengan Pendekatan Teori Perilaku Terencana (Theory of Planned Behavior) (Terhadap Wajib Pajak Orang Pribadi Di Provinsi Dki Jakarta). Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 47.

https://doi.org/10.24912/jmieb.v3i1.23 20

Sari, M. R., dan Lestari, R. (2019). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan dan Dampaknya Pada Minat Pembelian Ulang Konsumen Keretaapi

Kelas Eksekutif Agro Parahyangan. Oikonomia: Jurnal Ilmu Manajemen, 15(1), 30–44.

https://doi.org/http://dx.doi.org/10.473 13/oikonomia.v15i1.642

Sunyoto, L. I., dan Dewantara, Y. F. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang Di Union Deli Grand Indonesia. Journal FAME: Journal Food and Beverage, Product and Services, Accomodation Industry, Entertainment Services, 4(2). https://doi.org/doi.org/10.30813/fame.v 4i2.3059

Susanto, Y., dan Realize. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Konsumen pada PT Ndexindo Mandiri Indonesia. ECo-Buss, 5(2), 508–518.

https://doi.org/doi.org/10.32877/eb.v5i 2.459

Usman, O., dan Anshorulloh, A. (2020). Influence of Customer Satisfaction, Trust, and Price on Repurchase Interest in Online Shop. Social Science Research Network.

https://doi.org/doi.org/10.2139/ssrn.36 42498

Wulandari, S. Z., Shafirayana, H. L., dan Setyawati, S. M. (2021). Menciptakan Kepuasan Pelanggan dan Minat Beli Ulang Studi Empiris Pada Bisnis Wisata Kuliner Kreatif. Praxis: Jurnal Sains, Teknologi, Masyarakat Dan Jejaring |1, 4(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.24167

/praxis.v4i1.3174

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles