ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA CAKRA BUANA DI KEROBOKAN KELOD

Authors

  • Rai Yudi Septiawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Nita Anggraini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Gede Antok Setiawan Jodi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

kualitas pelayanan, persepsi harga, kualitas produk, kepuasan pelanggan

Abstract

ABSTRAK

Kunci utama perusahaan untuk memenangkan persaingan adalah memberikan nilai dan kepuasan kepada pelanggan melalui penyampaian produk dan jasa yang berkualitas dengan harga yang bersaing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan pada Cakra Buana di Kerobokan Kelod. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan Cakra Buana yang jumblahnya tidak diketahui secara pasti. Teknik purposive sampling adalah teknik penentuan sampel yang telah dipilih oleh peneliti, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 130 orang. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan pelanggan di Cakra Buana di Kerobokan Kelod. Persepsi harga tidak berpengaruh terhadap Kepuasan pelanggan di Cakra Buana di Kerobokan Kelod. Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan pelanggan di Cakra Buana di Kerobokan Kelod.

References

Apriliani, N. L. P., Anggraini, N. P. N., & Ribek, P. K. 2022. Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Water Garden Hotel Candidasa Bali. Emas, 3(3), 217-230.

Aswad, S., Realize, R., & Wangdra, R. 2018. Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Air Bersih Masyarakat Kampung Air Batam Center. JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), 6(2), 77-85.

Baharudin, B., Maulana, A., & Aprilian, Y. 2020. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Cv Rajawali Graha Motor Tembilahan. Literacy, 2(1), 8-15.

Bentar, B., & Widowati, M. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Kosumen (Studi Kasus Pada Waroeng Spesial Sambal/SS Lampersari Semarang). Fokus Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ekonomi, 13(1), 62-79.

Choiriah, E. N. M., & Liana, L. 2019. Pengaruh kualitas produk, citra merek, dan kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan dimediasi kepuasan pelanggan (studi pada pelanggan sepeda motor Honda di kota Semarang). MADIC.

Dewi, R., Suseno, A., & Adhi, M. W. 2021. Analisis Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Counter Handhphone “Venus Cellular” Tangerang. Syntax Idea, 3(2), 377-382.

Elfian, E., & Ariwibowo, P. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Bis Transjakarta di Terminal Kampung Melayu. Jurnal Dinamika Manajemen dan Bisnis, 1(2).

Hair J.F., et al. 2010.Multivariate Data Analysis.Seventh Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Hayani, H. 2021. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen di Kedai Kaizar Lahat. GEMA: Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntansi, 13(2), 85-94.

Kotler, P. & Keller, K.L. 2012, Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2017. Manajemen Pemasaran. Edisi 1.Alih bahasa: Bob sabran, MM. Jakarta:Erlangga

Kotler, Philip. 2015, Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium, PT. Prenhalindo, Jakarta.

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.2016. Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.

Kuncoro, M. 2013. Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi: Bagaimana Meneliti dan Menulis Tesis. Jakarta: Erlangga.

Lesmana, R. 2019. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pt. Radekatama Piranti Nusa. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(2), 115-129.

Lesmana, R., & Ayu, S. D. 2019. Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah PT Paragon Tehnology And Innovation. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(3), 59-72.

Mentang, J. J., Ogi, I. W., & Samadi, R. L. 2021. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Marina Hash In Manado Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(4), 680-690.

Nurmala, L., Yusuf, A. S., & Sulaeman, E. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Pelayanan Driver Grab. Journal on Education, 5(2), 1950-1957.

Oktavianus, L., & Megawati, M. 2022, March. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Kualitas Pelayanan Dan Customer Value Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Springbed Procella Di Palembang. In FORBISWIRA FORUM BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN-SINTA 4 (Vol. 11, No. 2, pp. 388-396).

Oliveira, M. H. F. D. C., & Kusnanta, G. 2018. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Perusahaan Transportasi Jasa Pt Sriwijaya Air. Journal of Tourism and Economic, 1(1).

Romdhoni, A. H., Prastiwi, I. E., & Suyanto, S. 2021, December. Pengaruh Labelisasi Halal Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Di Syariah Hotel Solo. In Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper STIE AAS (pp. 480-485).

Setyo, P. E. 2017. Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap kepuasan konsumen best autoworks. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 1(6), 755-764.

Stanton, Wiliam J. 1998. Prinsip Pemasaran Edisi Ketujuh Jilid 1 . Erlangga, Jakarta

Tjiptono, F. 2013. Manajemen Jasa. Yogyakarta: ANDI.

Tjiptono, F., & Candra, G. 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi

Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi

Tjiptono, Fandy. 2017. Manajemen Pelayanan Jasa. Yogyakarta: Andi.

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles