PENGARUH KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUASAN KOSUMEN PADA WARUNG DEMUNG DI SIBANGKAJA

Authors

  • I Gusti Agung Tri Purnami Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ayu Imbayani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Surya Prayoga Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

kualitas produk, persepsi harga, store atmosphere, kepuasan konsumen

Abstract

Perkembangan dan persaingan yang terjadi dalambisnis kuliner, mengharuskan setiapusaha untuk peka dan responsif terhadap perubahan yang terjadi serta memprioritaskan orientasinya kepada kepuasan konsumen sebagai tujuan utama. Kepuasan konsumen merujuk pada respon konsumen terhadap suatu produk atau jasa setelah membandingkan harapan dengan kinerja aktual yang dirasakan setelah mereka mengkonsumsi produk atau jasa tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk, persepsi harga dan store atmosphere terhadap kepuasan konsumen pada Warung Demung. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang melakukan pembelian di Warung Demung. Sampel yang digunakan sebanyak 105 orang yang ditentukan berdasarkan teknik non-probability samplingdengan metode accidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan software SPSS versi 25,0 for windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk, persepsi harga dan store atmosphere masing-masingberpengaruh positif dan signifkan terhadap kepuasan konsumen pada Warung Demung. Dalam penelitian ini variabel kualitas produk adalah variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan konsumen.

References

Abi, Y. I. 2020. Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada KFC di Kota Bengkulu. Manajemen Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 15(1), 95-107.

Afnina, A., & Hastuti, Y. 2018. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. JurnalSamudra Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), 21-30.

Alip, A. N. 2021. Pengaruh Persepsi Atmosfer Toko, Persepsi Kualitas Pelayanan dan Persepsi harga Terhaadap Kepuasan Pelanggan di Swalayan Mutiara Cahaya Slawi (Doctoral dissertation, Universitas Pancasakti Tegal).

Anisa, S. T., Mustofa, M. T. L., Al Umar, A. U. A., Fitria, D., Pradani, Y. S., & Inawati, Y. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Go-Jek Millenial Salatiga. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 1(1), 9-16.

Apriliani, N. L. P., Anggraini, N. P. N., & Ribek, P. K. 2022. Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanandan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Water Garden Hotel Candidasa Bali. EMAS, 3(3), 217-230.

Bansaleng, J. M., Sepang, J. L., & Tampenawas, J. L. 2021. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas pelayanan, dan Harga Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Kartu XL di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(3).

Berman, Berry and Evans, Joel R. 2010. Retail Manajement: A Strategic Approach.. New Jersey: Pretice Hall International, Inc.

Dahmiri, D., & Bhayangkari, S. K. W. 2020. Pengaruh Store Atmosphere, Etika Bisnis dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen. Eksis: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 11(1), 1-5.

Dewi, P. V. A., Agung, A. A. P., & Prayoga, I. M. S. 2021. Pengaruh Store Atmosphere, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Langkah Coffee Shop. EMAS, 2(2).

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Edisi Kesembilan. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Hastuti, I. N. D., Sasmita, E. M., & Sari, B. 2022. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Bakso Tukul Arwana Cabang Season City Jakarta Barat. IKRAITH-EKONOMIKA, 5(1), 124-133.

Herdioko, J. 2021. Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 15(2), 97-103.

Hidayat, M. S. 2020. Pengaruh Harga dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Konsumen pada Café Dreamblack Coffee Mojokerto. Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management, 3(2), 173-186.

Ibrahim, M., & Thawil, S. M. 2019. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 175-182.

Keloay, G., Rumawas, W., & Asaloei, S. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Rumah Makan Dabu-Dabu Iris Fresh Wenang Manado. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 8(2), 26-33.

Kotler, P. 2016. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi Ketigabelas. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. dan Armstrong, G. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi Keduabelas. Jakarta: Erlangga.

Kuku, R., Rahman, S., & Mardiana, A. 2020. Peran Pelayanan Dalam Peningkatan Kepuasan Konsumen di Rumah Makan Joglo Ijo Kota Gorontalo. Mutawazin (Jurnal Ekonomi Syariah), 1(1), 12-21.

Kurniawan, D. D., & Soliha, E. 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan pada My Kopi O Semarang. YUME: Journal of Management, 5(1), 348-358.

Maharani, I. G. A. A., Anggraini, N. P. N., & Ribek, P. K. 2022. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanandan Persepsi harga Terhadap KepuasanKonsumen Pada Warung Mina Cabang Dalung. Values, 3(1), 275-285.

Maimunah, S. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen dan Loyalitas Konsumen. iqtishadEQUITY, 1(2).

Margawati, C. A. 2020. Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Membeli Produk Franchise Burgerstops. iqtishadEQUITY, 2(2), 103-112.

Mariansyah, A., & Syarif, A. 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Kabalu. Jurnal Ilmiah Bina Manajemen, 3(2), 134-146.

Mitariani, N. W. E., & Imbayani, I. G. A. 2020. Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Internet di Gallery Smartfren Denpasar. Emas, 1(1).

Mutiara, S., Hamid, R. S., & Suardi, A. 2021. Pengaruh Kualitas Layanan Persepsi Harga Dan Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 4(1), 411-427.

Nurjaya, N., Erlangga, H., Iskandar, A. S., Sunarsi, D., & Haryadi, R. N. 2022. Pengaruh Promosi dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Konsumen pada Pigeonhole Coffee di Bintaro Tangerang Selatan. Jurnal Tadbir Peradaban, 2(2), 147-153.

Nurul, A. 2021. Penerapan strategi Bauran Pemasaran 7P Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus Pada Sambel Layah Arcawinangun) (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).

Oresa Sativa, D. 2019. Analisis Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Pelanggan Coffee Shop Di Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Palelu, D. R., Tumbuan, W. J., & Jorie, R. J. 2022. Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Kamsia Boba di Kota Lawang. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(1), 68-77.

Permana, A. D. 2021. Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Barang Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Cafe Cracking Chambers Sidoarjo (Doctoral dissertation, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya).

Prasetyo, M. D., Susanto, S., & Maharani, B. D. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 9(1), 23-32.

Prayoga, I. M. S. 2020. Pengaruh Kualitas JasaDan Kepuasan Pelanggan Pada Niat Pemakaian Ulang Jasa Bengkel Honda. Juima: JurnalIlmu Manajemen, 10(1).

Putra, I. M. B. P., & Wimba, I. G. A. 2021. Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Pizza Hut Cabang Gatot Subroto Denpasar. Widya Amrita:JurnalManajemen, Kewirausahaan Dan Parwisata, 1(2), 744-756.

Ramadhan, D., & Mahargiono, P. B. 2020. Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Store Atmosphere Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Tepi Barat Rumah Kopi Rungkut Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 9(6).

Rijali, N. F., & Rahmawati, E. 2022. Pengaruh Store Atmosphere Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Owners Store Tanjung Tabalong. Jurnal Bisnis dan Pembangunan, 11(1), 43-55.

Rini, S., & Safitri, R. A. 2022. Pengaruh Suasana Tokodan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Jolly Bakery, Wonogiri). Prosiding HUBISINTEK, 2(1), 1124-1124.

Schiffman, I.G., dan Kanuk, L.L. 2011. Consumer Behavior. Edisi Kedelapan.

Saraswati, Y. D. 2021. Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Bebek Dan Ayam Goreng Pak Ndut Di Samarinda. Jurnal Administrasi Bisnis Fisipol Unmul, 9(2), 95-108.

Siswanto, H., Adhilla, F., & Purwoko, P. 2020. Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan Pasar Bisnis (Studi pada CV Kreasindo Mitra Pratama). Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 11(2), 92-96.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif . Bandung: Alfabeta.

Sumayyah, I., & Rumpak, A. D. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Dan Store Atmsphere Terhadap Kepuasan Konsumen Pada 404 Eatery And Coffee, Jakarta Timur. Jurnal Administrasi Bisnis Asmi, 3(2), 21-28.

Syahwi, M., & Pantawis, S. 2021. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Citra Perusahaan dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome. ECONBANK: Journal of Economics and Banking, 3(2), 150-163.

Utami, Christina Whidya. 2017. Manajemen Ritel: Strategi Dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern Di Indonesia. Edisi III. Jakarta: Salemba Empat.

Violeta, T. A., & Suryani, S. 2019, August. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Amanda Brownies Di Kota Bandung. In Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar (Vol. 10, No. 1, pp. 1235-1245).

Wakanno, T. P. 2022. Pengaruh Kenyamanan Berbelanja, Kualitas Pelayanan dan Kelengkapan Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Indomaret (Studi Pada Konsumen Indomaret di Kota Ambon). (Doctoral dissertation, STIE Malangkucecwara).

Wicaksana, Y. D. B., & Prijati, P. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Pelanggan Rolag Prapanca Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 9(6).

Wijaya, F., & Sujana, S. 2020. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Word Of Mouth. Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan, 1(1), 9-18.

Wiranata, I. K. A., Agung, A. A. P., & Prayoga, I. M. S. 2021. Pengaruh Digital Marketing, Quality Product dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Roti di Holland Bakery BatuBulan. EMAS, 2(3).

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles