PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT. TELKOM SPEEDY DI KOTA DENPASAR

Authors

  • Leonardus Sumanto Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Nita Anggraini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Gede Antok Setiawan Jodi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

kualitas layanan, kualitas produk, persepsi harga, kepuasan pelanggan

Abstract

Teknologi komunikasi, memungkinkan manusia untuk saling berhubungan dan memenuhi kebutuhan komunikasi mereka hampir tanpa batas.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas Layanan, kualitas produk, dan persepsi harga dapat berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan. Penelitian ini dilakukan di Jl.Dangin Puri Kauh, Kecamatan Denpasar, Kota Denpasar Bali 80232. Dalam penelitian ini objek penelitiannya adalah Pengaruh Kualitas Pelanyan, Kualitas Produk dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Telkom Speedy di Kota Denpasar. Populasi dalam penelitian ini adalah para pelanggan Telkom Speedy di daerah Denpasar Utara tahun 2021 sebanyak 5.375 pengguna. Adapun penelitian ini menggunakan rumus Slovin karena dalam penarikan sampel, jumlahnya harus representative agar hasil penelitian dapat digeneralisasikan dan perhitungannya pun tidak memerlukan tabel jumlah sampel. Pengumpulan data di lakukan dengan menggunakan beberapa cara antara lain observasi, wawancara,kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Kualitas pelayanan terbukti memberikan dampak dalam meningkatkan kepuasan pelanggan pada Telkom Speedy Denpasar. Kualitas produk terbukti memberikan dampak dalam meningkatkan kepuasan pelanggan pada Telkom Speedy Denpasar.Persepsi harga terbukti memberikan dampak dalam meningkatkan kepuasan pelanggan pada Telkom Speedy Denpasar.

References

Agung, Firatmadi 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Pelanggan serta dampaknya terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus PT. Pelita Air Service) Jurnal Off Business Studies Vol 2. No.2 Des 2017.

Amalia, Achma Nur. 2018 Pelayanan prima berbasis komunikasi dalam peningkatan jumlah nasabah (studi kasus customer service) BNI SYARIAH Pekalongan. Diss. IAIN Pekalongan.

Ammerinda Tirra 2017. Pengaruh Kualitas Produk dan kualitas pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada klinik kecantikan Nadindra di Bandar Lampung. Lampung: Jurusan Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Lampung.

Andreson, J R, 2020. Cognitive Psycology and its implications, 3 rd edn. Freeman, New York.

Andrew, Tumangkeng,.2018.”Kualitas Produk, Suku Bunga dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya terhadap Kepuasan Pelanggan KPR Bank BTN Cabang Manad”. Jurnal EMBA,Vol.1(4): hal.78-85.

Anggie, Warsito 2021 “Aplikasi Sistem Informasi Perpustakaan Uns Dengan Menggunakan Program Delphi”. Skripsi. Surakarta: Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ardiansyah, D. O. 2018. Pengaruh Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Dimediasi Oleh Kepuasan Kerja. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 3(1):16-30.

Ariani, Kurnianingsih 2018. Produk Pangan Berbasis Tempe Dan Aplikasinya. Jakarta

Arikunto, S. 2019. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.

Artin, Irianti Prasetya 2019 Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Koperasi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Assauri, 2018. Manajemen Operasi dan Produksi. Jakarta: LP FE UI.

Bakti 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan PAM PT. Watertech Estate Cikarang. Jurnal Bisnisman: Riset Bisnis dan Manajemen. ISSN: 2686- 4789 (Print). ISSN: 2686-0473 (Online). Vol. 2. No. 3. 15-35.

Buttle, Francis 2017, Customer Relationship Management, Bayu media, Publishing.

Campbell, J.P, et.al. 2017. Manajerial Behavior, Performance and Effectiveiness. New York: Mc. Graw Hill Coy.

Davis-Kean, P. E. 2017. The influence of parent education and family income on child achievement: The indirect role of parental excpectations and the home environment. Journal of Family Psychology, Vol 19, No. 2, 294-304

Engel, J. F., R.D. Blackwell and P.W.Miniard. 2017. Consumer Behaviour.Eight Ernawati, Titi. 2015. Pengaruh label halal dan tingkat harga terhadap keputusan menggunakan produk kosmetik [Skripsi]. Jakarta : UIN Syarif Hidayatulloh.

Faisal, Abdullah ; Ardiansyah, Muhammad ; dan Idah Zuhroh 2018. Analisis Penyerapan Tenaga Kerja Sektor Industri Pengolahan Tahun 2001-2015 di Pasuruan dan Sidoarjo. Jurnal Ilmu Ekonomi. Vol 2 Jilid 2/Tahun 2018. Hal 294-308.

Farizka, Achmad. 2019. Pengaruh Relationship Marketing Dan Creating Customer Value Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Mobil Honda Di Kota Malang. Malang: Pascasarjana Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya.

Ferdinand Agustine. 2018. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen, Undip.

Festus, Olorunniwo F., Hsu, M.K. and Udo, G.J., 2016. Service Quality, Customer Satisfaction, and Behavior Intentions in The Service Faktory. The Journal of Services Marketing, Vol. 20, No. 1, pp. 59-72.a.

Galbraith, K., 2020. Econimic and The Public Purpose. Boston: Houghton Mifflin.

Ghozali, I., dan Latan, H. 2020. Partial Least Squares: Konsep, Teknik, dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 (2nd ed). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Goetsch & Davis S. 2019. Introduction to Total Quality: Quality, Productivity, Competitiveness. Prentice Hall International: Englewood Cliffs.

Grace, Marleen Wariki, L. M. & H. T. 2019. Pengaruh Bauran Promosi, Persepsi Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen pada Perumahan Tamansari Metropolitan Manado. Jurnal EMBA, 3 (2), 1073– 1085.

Husodho, W. R. 2019. Pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada objek wisata Dumilah waterpark Madiun. Equilibrium, 3(2), 176 – 190.

I Made Wardana. 2018. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Dan Niat Beli Ulang. E-Jurnal Manajemen Unud. Vol. 7 No 10 Tahun 2018.

Ida Ayu Putu Dian Safitri dan I Made Wardana. 2018. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Dan Niat Beli Ulang. E-Jurnal Manajemen Unud. Vol. 7 No 10 Tahun 2018.

Indrasari, M. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Kotler, Philip, and I. S. Hermawan Kartajaya. 2019 "Marketing 4.0-Bergerak dari Tradisional ke Digital-Philip Kotler." Hermawan Kartajaya, Iwan Setiawan. pdf .

Luthans, Fred. 2017. Organizational Behavior. Eigt Edition.New York McGrawHill Co.

Marimis, et al. 2018. Catatan Ilmu Kedokteran Jiwa Edisi 2. Surabaya: Airlangga University Press, 2009; p.38.

Marlius & Putriani. 2020. Kepuasan Nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Tapan. Cabang Painan Dilihat Dari Kualitas Layanan Customer Service.

Martini, S.K., dan Saputro, C.N.A., 2018, Pembelajaran Kimia dengan Metode Inquiry Terbimbing Dilengkapi Kegiatan Laboratorium Real dan Virtual pada Pokok Bahasan Pemisahan Campuran, Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) 2(2) : 44-49.

Nugroho, 2017. Strategi Jitu Memilih Metode Statistic Penelitian Dengan SPSS, Andi Yogyakarta, Yogyakarta.

Pamela, A. O., & Oloko. 2019. Effect of motivation on employee performance of commercial banks in kenya : A case study of Kenya Commercial Bank in Migori County. Journal of Human Resource Studies 5 (2).

Paul dan Olson, Jerry C., 2017. Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Edisi keempat, Erlangga.

Romero R, Dey S and Fisher S J. 2018. The Early Diagnosis and Management of mixed dellirium in patients place on ECMO and with difficult sedation: a case report. Intensive Crit Care Nurs: 44

Santoso, Singgih. 2018. Menguasai Statistik dengan SPSS 25. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Sari, Endah Melia dan M. Muchtar Darmawan. 2020. Pengukuran Waktu Baku dan Analisis Beban Kerja pada Proses Filling dan Packing Produk Lulur Mandi di PT. Gloria Origita Cosmetics. Jurnal Asiimetrik, Vol. 2, No. 1, pp. 51-61.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Supriyanto Tri dan Masyhuri Machfudz. 2018. Metodologi Riset Manajemen Sumber Daya Manusia. Malang: UIN Malang Press. hlm. 284 – 285.

Tjiptono. F. 2019. Pemasaran Jasa Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Wibawa, Nugraha Hadi dan Dewi K Soedarsono, 2017. Pengaruh employee engagement tehradap kepuasan kerja dan turnover intension. E Proceeding of management Vol. 3 No. Hal. 1484-1491.

Widjajya, dkk. 2018. Pengaruh employee engagement terhadap kepuasan kerja dan turnover intention. Jurnal Manajemen Bisnis. Vol. 3 No. 2 Hal. 47- 59.

Wijaya Hartadi. 2018. Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Sepeda Motor Sport Yamaha YZFR25 Di Kota Cilegon. Journal Industrial Servicess. Vol. 4 No. 1 April 2018.

Zainal Abidin; Hudaya, Adeng; dan Anjani. Dinda. 2020. Efektivitas pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Research and Development Journal Of Education. 1(1): 131-146.

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles