PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK SAMPAH TEGEH SARI LESTARI

Authors

  • Ni Wayan Semiati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Anak Agung Putu Agung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Cempaka Dharmadewi Atmaja Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Kualitas Layanan, Persepsi Harga, Kepuasan Nasabah

Abstract

Dalam memenangkan persaingan didunia bisnis, perusahaan perlu meningkatkan kualitas produk atau jasa dengan harga yang bersaing. Usaha ini akan mampu mempengaruhi harapan konsumen serta menciptakan nilai yang maksimal dan akhirnya menciptakan kepuasan bagi konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kembali pengaruh variabel kualitas layanan dan persepsi harga terhadap kepuasan nasabah.

            Penelitian ini dilakukan pada nasabah Bank Sampah Tegeh Sari Lestari yang berlokasi di Jalan Gatot Subroto I No. 38 Tonja, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah Bank Sampah Tegeh Sari Lestari sejumlah 400 orang. Jumlah sampel 80 orang dengan metode slovin. Metode pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi kuesioner dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan uji asumsi klasik,analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji F dan uji t menggunakan SPSS version 25.0 for Windows.

            Berdasarkan hasil pengujian dapat diambil kesimpulan bahwa kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah yang dapat dilihat dari nilai thitung sebesar 7,930 serta nilai signifikan uji t sebesar 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Persepsi harga berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah yang dapat dilihat dari nilai thitung sebesar 7,027 serta nilai signifikan uji t sebesar 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan H2 diterima.

References

Adinugraha, Andreas T., and Stefanus H Michael. 2014. “Analisa Pengaruh Kualitas Makanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen D’cost Surabaya.” Hospitality Dan Manajemen Jasa 3:643–55.

Kusdyah, Ike. 2012. “Persepsi Harga, Persepsi Merek, Persepsi Nilai, Dan Keinginan Pembelian Ulang Jasa Klinik Kesehatan.” Jurnal Manajemen Pemasaran 7(1):25–32. doi: 10.9744/pemasaran.7.4.25-32.

Maulana, Ade Syarif. 2016. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasaan Pelanggan PT. TOI.” Jurnal Ekonomi Volume 7(2):113–25.

Montung, Pamela, Jantje Sepana, and Decky Adare. 2015. “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Restoran Kawan Baru.” Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi 15(5):678–89.

Mulyono, Bayu Handyanto. 2008. “Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen.” Studi Manajemen Dan Organisasi 4:291.

Nurhalimah, SITI, Leonardo Budi Hasiholan, dan Cicik Harini. 2018. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Bengkel Garasi Di Ungaran).” Journal of Management 4(4):1–15.

Prasastono, Ndaru, and Sri Yulianto Pradapa. 2012. “Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Kentucky Fried Chicken Semarang Candi.” Program Studi D3 Perhotelan, Program Diploma Kepariwisataan Universitas Stikubank Semarang ABSTRACT XI:13–23.

Runtunuwu, Johanes, Sem Oroh, and Rita Taroreh. 2014. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Cafe Dan Resto Cabana Manado.” Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 2(3):1803–13. doi: 10.35794/emba.v2i3.5973.

Sembiring, I. 2014. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan McDonaldâs MT.Haryono Malang).” Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya 15(1):84504.

Sondakh, Conny. 2014. “Kualitas Layanan, Citra Merek Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah Tabungan (Studi Pada Nasabah Taplus BNI Cabang Manado).” Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen 3(1):19–32.

Suryani, Anih Sri. 2014. “Peran Bank Sampah Dalam Efektivitas Pengelolaan Sampah (Studi Kasus Bank Sampah Malang).” Jurnal Aspirasi 5(1):71–84.

Weenas, Jackson. 2013. “Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta.” Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 1(4):607–18. doi: 10.35794/emba.v1i4.2741.

Widjoyo, Iksan Ongko, Leonid Julivan Rumambi, and Yohanes Sondang Kunto. 2013. “Analisa Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Layanan Drive Thru McDonald’s Basuki Rahmat Surabaya.” Jurnal Manajemen Pemasaran 1(1):1–12.

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles