PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA WATER GARDEN HOTEL CANDIDASA BALI

Authors

  • Ni Luh Putu Apriliani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Nita Anggraini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Pande Ketut Ribek Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

persepsi harga, kualitas pelayanan, fasilitas, kepuasan pelanggan

Abstract

Kepuasan konsumen merupakan salah satu elemen penting dalam peningkatan kinerja pemasaran dalam suatu perusahaan. Water Garden Hotel Candidasa Bali memiliki tujuan untuk dapat memberikan kepuasan kepada para pelanggan yang datang dan menginap agar mereka merasa puas sesuai dengan apa yang diharapkannya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh persepsi harga, kualitas pelayanan, dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan di Water Garden Hotel Candidasa.

Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan yang menginap pada Water Garden Hotel Candidasa Bali yang seluruhnya berjumlah 47.332 wisatawan yang didapat dari penghitungan yang dilakukan Water Garden Hotel Candidasa Bali tahun 2016 sampai 2020. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi harga dan fasilitas tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan di Water Garden Hotel Candidasa dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan di Water Garden Hotel Candidasa.

References

Akbar Dwi Yulianto. 2017. Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kentucky Fried Chicken (KFC) Surabaya. Vol. 3, No.1.

Ansari, Nia. 2016. Pengaruh Persepsi Harga, Lokasi Dan Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Hotel Pesona Alam Sangir Kabupaten Solok Selatan.

Baetie, D., & Yusrizal, F. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Tamu di Hotel Niagara Parapat Provinsi Sumatera Utara (Doctoral dissertation, Riau University).

Baiti, M. 2018. Pengaruh lokasi, harga dan fasilitas hotel terhadap keputusan menginap pelanggan. 47–58. Basu Swastha Dharmmesta. 2014. Manajemen Pemasaran. BPFE: Yogyakarta.

Chang, Y.-H., & Yeh, C.-H. 2017. Corporate social responsibility and customer loyalty in intercity bus services. Transport Policy, 59, 38-45. doi:10.1016/j.tranpol.2017.07.001

CHULAIFI, M. I. A. C. 2018. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI HARGA DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN JASA TRAVEL UMROH DAN HAJI PADA PT. SEBARIZ WARNA BERKAH DI SURABAYA PERIODE 2017–2018 (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SURABAYA).

Cynthia Violita Wijaya. 2017., Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada Tokopedia.com), Jurnal Program Manajemen Bisnis Universitas Kristen Petra, Vol. 5,No 1

Damiati. 2017. Perilaku Konsumen, Rajawali Pers, Depok, 16956.

Dealisna Pantilu, Rosalina A.M, Koleangan, Ferdy Roring 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Warung Bendito Kawasan Megamas Manado.

Dwi Hanggono, D. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Harga Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Pasien Rumah Sakit Karima Utama Surakarta) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Fadillah, F., & Haryanti, I. 2021. Analisis Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Bima. Jurnal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah, 3(2), 125-139.

Fandy Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi 4: Andi 81

Fandy, Tjiptono dan Greforius, Chandra. 2016. Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, dan Penelitian), Yogyakarta:

Andi. Firdiyansyah, I. 2017. Pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan pada warung gubrak KEPRI mall Kota Batam. Jurnal Elektronik REKAMAN (Riset Bidang Ekonomi Manajemen dan Akuntansi). ISSN, 2598-8107.

Firmansyah, Anang. 2018. Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: Deepublish

Frisdiantara, Christea dan Imam Mukhlis. 2016. Ekonomi Pembangunan:sebuah kajian teoretis dan empiris. Malang: Lembaga Penerbitan Universitas Kanjuruhan Malang.

Ghozali Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19.Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ismi, R. S., Dahnil Johar, J., & Dahliana, K. 2021. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN BENGKEL HONDA RADJA MOTOR KOTA PADANG (Doctoral dissertation, Universitas Bung Hatta).

Khadijah, S.A dan Dianasari, I. A. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Konsumen Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Menggunakan Jasa Di Rsud Ibnu Sina Kabupaten Gresik. 07, 220–235.

Kharis, Ismu Fadli. 2011. Studi Mengenai Impulse Buying dalam Penjualan Online.Skripsi Universitas Diponegoro.Semarang

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller., 2016., Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education, Inc. Alih Bahasa: Bob Sobran, Erlangga, Jakarta.

Kristianti, T., & Rivai, A. R. 2018. Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Warunk Upnormal Semarang.

Layaalin. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Pelanggan Top 40 Family

Maimunah, Dwi Liza. 2017. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Citra Perusahaan terhadap Kepuasan Pelanggan”. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Volume 6, Nomor 12, hml (1-18).

Masloman, M., Lumanauw, B., & Trang, I. 2015. Kualitas Pelayanan dan Servicescape Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen pada Kentucky Fried Chicken Multimart Ranotana Manado. Jurnal EMBA:

Maulana, Ade. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. TOI. Jurnal Ekonomi Volume 7 Nomor 2, hal 113-125. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Esa Unggul Jakarta.

Mongkaren, S. 2013. Fasilitas dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap kepuasan pengguna jasa Rumah Sakit Advent Manado. Emba, 1(4), 493– 503 82

Oliver, Richard L. 2014. Satisfaction:A Behavioral Perspective on the Consumer, Second Edition, Routledge, New York.

Palupi, Tyas, Sawitri, Dian Ratna, 2017, Hubungan Antara Sikap Dengan Perilaku Pro- Lingkungan Ditinjau dari Perspektif Theory Of Planned Behavior, jurnal Proceeding Biology Education Conference, Vol. 14, No. 1.

Peter dan Olson. 2014. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi Kesembilan. Buku 2. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Prasetyo, M. D., Susanto, S., & Maharani, B. D. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 9(1), 23-32.

Putranto, T. A. W. A. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen. Skripsi. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Sanata Dharma.

Rachman, Fatchur. 2016. Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan di AUTO 2000 Cabang Sungkono Surabaya. Jurnal Manajemen. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia

Ramdhani, M. A. & Ramdhani, A. 2016. Penelitian Pemasaran. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Rismayadi, B., Fadli, U. M. D., & Anggela, F. P. 2020.

Schiffman dan Kanuk, 2015. Consumer Behavior. 11th Edition. Global Edition.

Setyo, Purnomo Edwin, 2017, Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Best Autoworks, Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, Vol. 1, No. 6, hal. 755-764.

SOEMITRO, Ria Asih Aryani; SUPRAYITNO, Hitapriya. Pemikiran Awal tentang Konsep Dasar Manajemen Aset Fasilitas. Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas, 2018, 2.

Srijani, N., & Hidayat, A. S. 2017. Pengaruh Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Aston Madiun Hotel & Conference Center. Wiga: Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi, 7(1), 31-38.

Stanton, William J. 2016. Prinsip Pemasaran. Edisi Ketujuh, Jilid I. Jakarta: Erlangga. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistomo, Akmal. 2012. Persepsi Mahasiswa Akuntansi Terhadap Pengungkapan Kecurangan (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi UNDIP dan UGM). Skripsi. Program Sarjana Universitas Diponegoro, Semarang. 83

Syafaat, et al. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Kompetensi Dosen Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Islam Malang. Jurnal Riset Manajemen. Fakultas Ekonomi Unisma

Tjiptono, Fandy dan Gregorius, Chandra. 2017. Pemasaran Strategik. Edisi ke-3. Yogyakarta: Andi (Anggota IKAPI)

Wahyuni, D., Basri, H., & Shabri, M. 2017. Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, Perceived Behavioral Control Dan Religiusitas Terhadap Niat Memiliki Rumah Berbasis Pembiayaan Syariah Di Kota Banda Aceh. Jurnal Administrasi Akuntansi: Program Pascasarjana Unsyiah, 6(2).

Wardani, I. 2020. Pengaruh Harga, Free Wifi Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Kedai Coffee JMP Pahlawan Lamongan. MELATI STIEKHAD, 35(2), 1-1.

Wariki, G. M., Mananeke, L., & Tawas, H. 2015. Pengaruh Bauran Promosi, Persepsi Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Pada Perumahan Tamansari Metropolitan Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(2).

Widyastuti, N. 2015. ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN. Kajian Bisnis Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha, 23(2), 138-149.

Wijaya, C. V. 2017. Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Depot Madiun Masakan Khas Bu Rudy. Agora, 5(1).

Wyckof. 2014. Komponen dan Dimensi Kualitas Jasa. Dalam F. Tjiptono, Pemsaran Jasa (hal. 268). Yogyakarta: Penerbit Andi

Yuda Ramadani, 2015, “pengaruh kualitas pelayanan, harga dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan (studi pada pt. tiki jalur nugraha ekakurir agen galunggung kota malang)”. Jurnal ekonomi dan bisnis. Hal 1-13

Zeithaml, V.A., M.J. Bitner, D.D. Gremler. 2013. Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm 6thed. Mc.Graw-Hill. Boston Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm 6thed. Mc.Graw-Hill. Boston

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles