PENGARUH KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA TAHU HOME INDUSTRI MAJU SEJAHTERA DI KLUNGKUNG DAWAN

Authors

  • I Kadek Andi Ria Gunawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ayu Imbayani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Surya Prayoga Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

kualitas produk, persepsi harga, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan

Abstract

Loyalitas pelanggan merupakan komitmen yang dipegang secara mendalam untuk membeli atau mendukung kembali sebuah produk atau jasa yang disukai di masa depan meski pengaruh situasi dan usaha pemasaran berpotensi menyebabkan pelanggan beralih. Loyalitas pelanggan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kualitas produk, persepsi harga, dan kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mengetahui pengaruh kualitas produk, persepsi harga, dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada Tahu Home Industri Maju Sejahtera di Klungkung Dawan.

              Penelitian ini dilakukan pada Tahu Home Industri Maju Sejahtera di Klungkung Dawan beralamat di jalan arjuna Kelurahan Banjar Grombong Desa Sampalan Tengah, Kecamatan Dawan, Kota Klungkung. Adapun objek penelitian dalam penelitian ini adalah di bidang pemasaran khususnya pengaruh kualitas produk, persepsi harga dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada Tahu Home Industri Maju Sejahtera di Klungkung Dawan.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan Tahu Home Industri Maju Sejahtera di Klungkung Dawan yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti.Metode pengumpulan data yang di gunakan oleh peneliti yaitu menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan kuisioner. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda.

              Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk, persepsi harga, dan kepuasan pelangganberpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Tahu Home Industri Maju Sejahtera di Klungkung Dawan.

References

Abdullah, Thamrin Dan Francis Tantri., (2013)., Manajemen Pemasaran. Cet. Ii. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ajzen,I.1991.TheTheoryofPlannedBehavior.OrganizationalBehaviorandHumanDecisionProcesses, 50: 179-211.

Ajzen, I.,1988.Attitudes,Personality,andBehavior,DorseyPress:Chicago.Alfabeta.

Ali Hasan. 2018. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan harga Terhadap Minat BeliPakaian.IndonesoanIndovisi Institute, 1(Iii), 83–104

Amaranggana, A., & Rahanatha, G. B. (2018). Peran Kepuasan dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(12), 6872-6900.

Anggraeni, D. P., Kumadji, S., & Sunarti, S. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei pada Pelanggan Nasi Rawon di Rumah Makan Sakinah Kota Pasuruan). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 37(1).

Armstrong, Gary dan Kotler, Philip. 2017. Marketing An Introduction Thirteenth Edition. New Jersey: Pearson.

Armstrong, Kotler 2015, “Marketing an Introducing Prentice Hall twelfth edition” , England: Pearson Education, Inc

Bakry, Umar Suyadi. 2016. Metode Penelitian Hubungan Internasional, Yogyakarta: PustakaPelajar.

Budiarti,Anyndhita.2020.PengaruhHargaTerhadapLoyalitasPelangganGojek.Vol.8,No.2.

Cardia, Daniel I Nyoman Renata., Santika, I Wayan., dan Respati, Ni Nyoman Rsi. (2019)PengaruhKualitasProdukdanHargaTerhadapLoyalitasPelanggan.E-JurnalManajemen,Vol.8, No.11.

Dewi, Mariana Puspa. 2020. Pengaruh Persepsi Harga terhadap Loyalitas Pelanggan. JurnalEkonomidan Bisnis Islam, Vol.16, No.2.

Dimas, Adi Saputra. 2020. Pengaruh Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan. JurnalEkonomiVokasi,Vol.4,No.2.

Dharma, Robby. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Dan Kepuasan terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. Padang Tour Wisata Pulau Padang. Ekobistek Universitas Putra Indonesia" YPTK" Padang, 6(2).

FandyTjiptonoandGregoriusChandra.2017.Variableyangmempengaruhikepuasankonsumen.Yogyakarta.

Fandy Tjiptono Dan Gregorious Chandra. 2016 Service Quality & Satisfaction.Yogyakarta. Andi.

FandyTjiptono. 2015. StrategiPemasaran, Edisi4, AndiOffset, Yogyakarta.

Fatmawati, Nurul., dan Soliha, Euis. 2017. Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi HargaTerhadapProsesKeputusanPembelianKonsumenSepedaMotorMaticHonda.JournalOfTheoretical and Applied Management.

Fishbein, M., & Ajzen, I. 1975. Belief, Attitude, Intention, and Behavior: An Introduction toTheoryand Research.Reading, MA: Addison-Wesley

Gea,Maetinus.2021.PengaruhPersepsiHargaTerhadapLoyalitasPelanggan.JurnalEmba,Vol.9,No.2.

Gede Bayu Rahanatha, dan Gede Bayu Rahanatha. 22018. Peran Kepuasan Dalam MemediasiPengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan. E-Jounal ManajemenUnud,7(12).ISSN 2302-8912

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. BadanPenerbitUniversitas Diponegoro: Semarang

Hair J.F., et al. 2010.Multivariate Data Analysis.Seventh Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Kotler dan Gary Amstrong. 2016. Dasar-dasar Pemasaran.Jilid 1, Edisi Kesembilan.Jakarta:Erlangga.p125

Kotler,PhilipdanKeller,KevinLane.2018.ManajemenPemasaran.Edisi12.Jilid2.Jakarta:PT Indeks.

Kotler, Philip. dan Kevin, Lane Keller. (2018). Marketing Management. 15th Edition, New Jersey: Pearson Education Inc.

Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller, 2017, Manajemen Pemasaran, EdisiKeduaBelas, Jilid 1, PenerbitIndeks:Jakarta.

Kotler,PhillipdanKevinLaneKeller.2016.ManajemenPemasaranedisi12Jilid1&2.Jakarta:PT.Indeks.

Lesmana, Rosa., dan Ayu, Suci Dara. 2019. Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra MerekTerhadapKeputusanPembelianKosmetikWardahPtParagonTehnologyAndInnovation. Jurnal Pemasaran Kompetitif, Vol.2,No.3.

Maharani, I. G. A. A., Anggraini, N. P. N., & Ribek, P. K. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warung Mina Cabang Dalung. Values, 3(1), 275-285.

Mutammam, M., Sumarwan, U., & Tinaprilla, N. (2019). Pengaruh Pengetahuan Konsumen, Kualitas Produk dan Kepercayaan Konsumen terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pengisian Angin Merek Green Nitrogen. Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen (JABM), 5(2), 231-231.

MudrajadKuncoro.2013.MetodeRisetuntukBisnisdanEkonomi”Edisi4.Jakarta:Erlangga.Narimawati,Umi.2008.MetodologiPenelitianKualitatifDanKuantitatif,TeoriDanAplikasi.Bandung:AgungMedia9.

Nalendra, A. R. A. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan harga kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan (studi kasus pelanggan im3 madiun). JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer), 3(2), 281-288.

Nelson,Nelson.2021.PengaruhExperientialMarketingDanKualitasProdukTerhadapLoyalitasPelangganPadaRumahMakanMieAyamWL.Skripsithesis,SekolahTinggiIlmuEkonomi EkaPrasetya.

Nugroho, Adi. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML & Java. Yogyakarta:AndiOffset.

Orel,FatmaDemici.,danKara,Ali.2014.Supermarketself-checkoutservicequality,customersatisfaction,and loyalty:Empiricalevidencefroman emergingmarket.

Pahlawan, M. R., Nurlia, N., Laba, A. R., Pakki, E., & Hardiyono, H. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Peningkatan Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (Pdam) Kota Makassar. Journal of applied business administration, 3(2), 228-244.

Perdana,FebriPutera.2022.PengaruhFasilitasDanPersepsiHargaTerhadapLoyalitasPelanggan Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Konsumen (Studi Konsumen Power Gym,JakartaUtara).SkripsiThesis,SekolahTinggiIlmuEkonomiIndonesiaJakarta.

Putra, M. C. S. D., & Ekawati, N. W. (2017). Pengaruh Inovasi Produk, Harga, Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Sepeda Motor Vespa (Doctoral dissertation, Udayana University).

Putra, A. R., Rudiansyah, M. M. D. H., Darmawan, D., Mardikaningsih, R., & Sinambela, E. A. (2022). Pengaruh Gaya Hidup, Lingkungan Fisik, dan Persepsi Harga terhadap Loyalitas Pelanggan Lottemart. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 2(1), 71-85.

Prastiwi, E. S., & Rivai, A. R. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan. SEIKO: Journal of Management & Business, 5(1), 244-256.

Prasada, I. P. E. A., & Ekawati, N. W. (2018). Peran Kepuasan PelangganMemediasi Pengaruh Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan. EJournal Manajemen Unud, 7(10), 5284–5313.

Priyatno, Duwi. 2015. Belajar Alat Analisis Data Dan Cara Pengolahnnya Dengan SPSSPraktisdan Mudah Dipahami untukTinkatPemula dan Menengah.

Rafiah, K. K. (2019). Analisis pengaruh kepuasan pelanggan dan kepercayaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan dalam berbelanja melalui E-commerce di Indonesia. Al Tijarah, 5(1), 46-56.

Rahman, dkk. 2020. Pengaruh Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal EkonomiBisnisdan Manajemen,Vol.1, No.1.

Rahman, G., & Rayuwanto, R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Rumah Makan Rocket Chicken Sampit). Keizai, 1(1).

Saleleng, M., & Soegoto, A. S. (2015). Pengaruh lingkungan kerja, motivasi, pelatihan dan kompensasi, terhadap kinerja pegawai pada dinas pertanian Kabupaten Sorong Selatan. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(3).

Santoso,S.2015.SPSS20PengolahanDataStatistikdiEraInformasi,Jakarta,PT.AlexMediaKomputindo,Kelompok Gramedia.

Sinurat, E. S., Lumanauw, B., Roring, F. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, CitraMerek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelamnggan Mobil Suzuki Ertiga,5(2),2232.

Siregar, Farisi. 2020.Pengaruh Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan. Teknik pengumpulandatayangdigunakanyaituwawancara(Interview),daftarpertanyaan(Questionaire)danstudidokumentasi.Jurnal Ilmiah Magister Manajemen,Vol.3, No.1.

Sudarmanto . 2015. Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM . Yogyakarta : PustakaPelajar.

Sugiyono.2015.MetodePenelitianKombinasi(MixMethods).Bandung: Alphabet.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Evaluasi (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan kombinasi). Bandung Alfabeta.

Sugiyono.2017.MetodePenelitianKuantitatif,Kualitatif,danR&D.Bandung:Alfabeta,CV.

Sugiyono.2004.MetodePenelitian. Bandung:Alfabeta.

Sujarweni,V.Wiratna.2015.StatistikuntukBisnisdanEkonomi.Yogyakarta:PustakaBaruPress.

Sulastri, T. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Mahasiswa Serta Implikasinya Pada Citra Perguruan Tinggi. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen, 1(1), 41-52.

Supertini, N. P. S., Telagawati, N. L. W. S., & Yulianthini, N. N. (2020). Pengaruh kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada Pusaka Kebaya di Singaraja. Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2(1), 61-73.

Suyanto,AchmadMansyurAli.2019.PengaruhKualitasProdukdanKepuasanPelangganTerhadapLoyalitasPelanggan.eProceedingsof Management,Vol.6, No.1.

Utama, I Dewa Agung Gede Adi, and Anak Agung Gede Agung Artha Kusuma. ―Peran Kepuasan Pelanggan dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan.‖ E-Jurnal Manajemen Vol.8 (2019): 6468–6487.

Windarti,Tias.,danIbrahim,Mariaty.2017.PengaruhKualitasProdukdanKualitasPelayananterhadap Kepuasan Konsumen Produk Donat Madu (Studi pada Konsumen CV. DonatMaduCihanjuang–pekanbaru). Jurnal OnlineMahasiswa.

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles