PENGARUH BRAND IMAGE, KUALITAS PELAYANAN, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (STUDI PADA H&M BEACHWALK BALI DI KABUPATEN BADUNG)

Authors

  • Carolina Putri Dewanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Nita Anggraini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Gede Antok Setiawan Jodi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Brand Image, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand image, kualitas pelayanan, dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan pada H&M Beachwalk Bali di Kabupaten Badung. Penelitian ini dilaksanakan pada H&M Beachwalk Bali yang terletak di Jl. Pantai Kuta, Kec. Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan pada H&M Beachwalk Bali di Kabupaten Badung. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, diperoleh 130 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Variabel kualitas produk merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan.

References

Adiwidjaja, A. J. 2017. Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse. Agora-Online Graduate Humanities Journal, 5(3).

Adhiguna, G. 2022. Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Jatinangor House Yogyakarta (Doctoral dissertation, STIE YKPN).

Al Ridho, M. A., dan Mahargiono, P. B. 2021. Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen PT. Fastfood Indonesia, tbk (Studi Kasus KFC Cabang BG Junction Surabaya). Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 10(6).

Amirin, T. 2011. Populasi Dan Sampel Penelitian 4: Ukuran Sampel Rumus Slovin, Erlangga, Jakarta.

Amirullah. 2015. Pengantar Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Amir. 2015. Strategi Menaklukkan Pasar. PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Anggraini, N. P. N., dan Adnyana, D. M. 2016. Analisis Efektivitas Celebrity Endorser terhadap Pembentukan Brand Image dan Dampaknya Terhadap Purchase Intention. Prosiding Semnas Hasil Penelitian.

Anggraini, D., dan Oktavia, D. D. 2022. Pengaruh Kualitas Produk, Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus PT. Paberik Tekstil Kasrie). Journal Scientific Of Mandalika (JSM) e-ISSN 2745-5955, 3(6), 542-547.

Ashari, P. B. S. 2015. Analisis Statistic dengan Microsoft Excel dan SPSS. Yogyakarta.

Assauri, S. 2017. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Banurea, A. 2022. Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Go-Jek (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara) Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Go-Jek (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara) (Doctoral dissertation).

Devitasari, N. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen pada Indomaret di Desa Wringinanom Kabupaten Gresik (Doctoral dissertation, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya).

Edwina, D. E. 2020. Kesadaran Merek Dan Citra Merek Dalam Menentukan Loyalitas Merek Serta Implikasinya Pada Preferensi Merek (Suatu Survey Pada Konsumen Elzatta Di Pasar Baru, Bandung). Other thesis, Univesitas Komputer Indonesia.

Eldawati, S. 2022. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Furniture Studi Kasus Pada CV. Alzaid Furniture Kabupaten Pesisir Selatan. Matua Jurnal, 4(1), 39-52.

Fatahillah, S. 2019. Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Eiger Adventure di Kota Makassar (Doctoral dissertation).

Fatimah, F., Ferdiansa, R. Y., dan Gunawan, Y. 2022. Pengaruh Brand Image, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Jasa Pengiriman JNE Cabang Tegal Besar. Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Eksakta, 1(2), 73-84.

Gaol, L. A., dan Kadarsiman Hidayat, S. 2016. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Konsumen (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Tahun Akademik 2012/2013 Universitas Brawijaya yang Menggunakan Smartphone Samsung). Jurnal Administrasi Bisnis, 38(1).

Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ginting, N. F. H. 2020. Manajemen Pemasaran. Bandung: CV Yrama Widya.

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., and Sarstedt, M. 2017. A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Second Edition. A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Second Edition (2 ed.). Los Angeles: Sage.

Isrok, M., Udayana, I. B. N., dan Dia, B. 2022. Pengaruh Kelayakan Harga, Word Of Mouth, Brand Image, Dan Experiental Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan. KINERJA, 19(2).

Izzah, D., dan Chasanah, U. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek, Dan Harga Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Pemediasi Pada Konsumen Sinau Kopi PT. Abadi Bina Indonesia Yogyakarta (Doctoral dissertation, STIE Widya Wiwaha).

Kasmir. 2017. Customer Service Excellent Teori dan Praktik. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Kotler, P. dan Amstrong. 2018. Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Kotler, P. dan Keller, K. L. 2019. Manajemen Pemasaran. Edisi 13, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kurniawati, T., Irawan, B., dan Prasodjo, A. 2019. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Brand Image Terhadap Kepuasan Konsumen Restoran Pizza Hut Cabang Jember. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 6(2), 147-151.

Lupiyoadi. 2016. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi 4, Jakarta: Salemba Empat.

Marcilina, S., dan Nasir, M. 2018. Analisis Pengaruh Penyebaran Informasi Dan Pengetahuan Konsumen Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Membeli Baju Merek Tans Collection Dengan Brand Trust Sebagai Variabel Intervening Di FEB UMS (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Maramis, F. S., Sepang, J. L., dan Soegoto, A. S. 2018. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt. Air Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3).

Maghfiroh, K. 2019. Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Word of Mouth Terhadap Kepuasan Konsumen Serta Implikasinya Pada Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 2(2), 34-44.

Marpaung, B., dan Mekaniwati, A. 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(1), 29-38.

Morissan. 2017. Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana.

Nasution, Az. 2014. Hukum Perlindungan Konsumen di Indonesia, Bandung: PT. Citra Adiya Bakti

Nasirudin, M., Yulisetiarini, D., dan Suroso, I. 2018. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Word Of Mouth Perusahaan Conato Di Jember. RELASI: JURNAL EKONOMI, 14(1), 68-86.

Natassia dan Utami. 2019. Pengaruh Service Quality Dalam Meningkatkan Kepuasan Pada Pasien Puskesmas Padang Pasir. Jurnal of Economica. Vol.7 No.2

Ramdhani, D., dan Widyasari, S. 2022. Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang Smartphone OPPO. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(Spesial Issue 3), 1651-1667.

Robbins, P. S. dan Judge, T. A. 2017. Organizational Behaviour, Edisi 13, Jilid 1, Salemba Empat, Jakarta.

Setiadi, A. 2015. Pengaruh Harga, Desain Produk, dan Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Smartphone Lenovo (Studi Pada Pengguna Smartphone Lenovo di Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Sektiyaningsih, I. S., Haryana, A., dan Rosalina, S. S. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan, Citra dan Loyalitas Pasien pada Unit Rawat Jalan RSUD Mampang Prapatan Jakarta Selatan. Journal Of Business Studies, 4(1), 17-29.

Simamora, H. 2015. Panduan Perilaku Konsumen, Jakarta: Gramedia.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.

Thamrin, A. dan Tantri, F. 2013. Manajemen Pemasaran. cet. II. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Tjiptono, F. 2018. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi offset.

Yamit, Z. 2017. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Penerbit: Ekonisia. Yogyakarta.

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles