PENGARUH SUASANA TEMPAT, PERSEPSI HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI Wr. BUBBLE, LUWUS, BATURITI, TABANAN, BALI
Keywords:
Kepuasan Konsumen, Suasana Tempat, Persepsi Harga, Kualitas PelayananAbstract
Warung Bubble merupakan salah satu restoran yang berada di Luwus, Baturiti, Tabanan dan menjadi salah satu resto dengan mengambil konsep bubble (gelembung) pertama di Indonesia, serta memiliki fasilitas yang lengkap demi menjaga kepuasan dan kenyamanan konsumen. Berdasarkan hasil wawancara terhadap konsumen Wr. Bubble, terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan konsumen seperti Suasana Tempat, Persepsi Harga dan juga Kualitas Pelayanan. Penelitian ini dilakukan di Warung Bubble, Luwus, Baturiti, Tabanan, Bali. Dan diperoleh responden sebanyak 104 orang. Dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan cara Observasi, Wawancara, Kuesioner/Angket dan Dokumentasi. Pengambilan sampel menggunakan teknik Nonprobability Sampling dengan metode Snowball. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode Uji Validitas dan Reabilitas Instrumen, Uji Asumsi Klasik, Analisis regresi linier berganda, Uji F, Uji dan Uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan Suasana Tempat, Persepsi Harga, dan Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. Sedangkan, secara parsial, Suasana Tempat, Persepsi Harga dan Kualitas Pelayanan berpengaruh positif terhadap Kepuasan Konsumen.
References
Alip, A. N. 2021. Pengaruh Persepsi Atmosfer Toko, Persepsi Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Swalayan Mutiara Cahaya Slawi (Doctoral Dissertation, Universitas Pancasakti Tegal).
Anggraeni, Ria; Lilia Pasca Riani; dan Restin Meilina. 2017. Pengaruh Lokasi, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Vanilla Café Tulungagung. Simki-Economic Vol. 01 No. 03 Tahun 2017 ISSN : BBBB-BBBB.
Antari, N. P. I. S., Anggraini, N. P. N., & Ribek, P. K. (2022). Pengaruh Promosi, Suasana Cafe Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Hangout Acoustic Cafe Gianyar. EMAS, 3(11), 40-48.
Apriyani, Dwi Aliyyah. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei pada Konsumen The Little A Coffee Shop Sidoarjo).
Arianto, N., & Octavia, B. D. A. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(2), 98-107.
Arif, D., & Ekasari, R. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Suasana Cafe Terhadap Kepuasan Konsumen. Ecopreneur. 12, 3(2), 139-146. Palelu, D. R., Tumbuan, W. J., & Jorie, R. J. 2022. Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Kamsia Boba di Kota.
Arifiansyah, R., Aulia, M., & Riyanto, A. 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Atmosfer Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Di The Cafe Hotel Mulia Senayan. Stein Erepository, 15(2), 72-84.
Bejiani, N. K., Anggraini, N. P. N., & Ribek, P. K. (2022). Pengaruh Citra Merek, Keragaman Produk, Dan Suasana Toko Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Toko Wbf (World Brand Factory) Kuta. EMAS, 3(7), 85-98.
Chang, L. Y., dan Lee, Y. J. 2012. The Influence of E- Word Of Mouth on the Costumer’s Purchase Decision: a case of Body Care Products.Journal Global Of Bussines Managemen. ISSN 1817-3819.
Darma, N. S. 2021. Pengaruh harga suasana tempat dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen: Studi kasus pada konsumen spesies Coffee Bandung (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).
El Fikri, M. 2018. Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Sidempuan Medan. Jumant, 9(1), 1-11.
Fandy Tjiptono. 2012. Strategi Pemasaran, ed. 3, Yogyakarta, Andi.
Ghozali, Imam. 2016. Aphikasi Analisis Multivatiete Dengan Program IBM SPSS 23 Edisi Kedelapan. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Gofur, A. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (Jrmb) Fakultas Ekonomi Uniat, 4(1), 37-44.
Hair J.F., et al. 2010.Multivariate Data Analysis.Seventh Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Harianto dan Subagio, 2013, “Analisa Pengaruh Kualitas Layanan, Brand Image dan Atmosfer terhadap Loyalitas Konsumen denagn Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening Konsumen Kedai Deja-vu Surabaya”, Jurnal Mananjemen Pemasaran, vol.1 no.1, pp:1-8.
Harsono, M. S. 2015. Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Bong Kopitown (Doctoral dissertation, UAJY).
Hutabarat, H. Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Suasana Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Café Brick Yogyakarta.
Karya, H. 2019. Pengaruh Variasi Menu, Harga Dan Suasana Tempat Terhadap Kepuasan Konsumen Warunk Upnormal Di Kota Makassar (Doctoral Dissertation).
Kotler, P., dan Amstrong, G. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi Keduabelas. Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kotler, P., dan Keller, K. L. 2016. Manajemen Pemasaran. Edisi Keduabelas. Jilid I dan II. Jakarta: PT. Indeks.
Kotler, Philip; Armstrong, Garry, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran,Jilid 1, Erlangga, Jakarta.
Kotler dan Keller. 2014. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi Ke 13. Jakarta: Erlangga.
Limbong, H. Analisis Pengaruh Produk, Persepsi Harga, Dan Suasana Cafe Terhadap Kepuasan Konsumen Di Ling-Lung Cafe Yogyakarta.
Maimunah, Siti. 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen dan Loyalitas Konsumen”Volume 1, Nomor 2, hml (57-68)
Maharani, R. A. N., & Alam, I. A. 2022. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Selama Pandemi Covid-19 Pada Kebab Salahuddin. Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(4), 235-242.
Mahira, M., Hadi, P., & Nastiti, H. 2021. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome. Konferensi Riset Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 2(1), 1267-1283.
Maulana, A. S. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt. Toi. Jurnal Ekonomi Universitas Esa Unggul, 7(2), 78663.
Mudrajad Kuncoro, 2013. “Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi” Edisi 4. Jakarta: Erlangga.
Nasution, M. N. 2015. Manajemen Mutu Terpadu. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nata Wirawan, 2002, Cara Mudah Memahami Statistik 2 (Statistik Inferensia) Untuk ekonomi dan Bisnis, Edisi Kedua, Penerbit Keraras Emas, Denpasar.
Nurhadi, Zikri Fachrul. 2015. “Brand Dalam Komunikasi Pemasaran”. Jurnal Komunikasi Hasil Penelitian dan Pemikiran. Vol.1 No. 1 April, Hal.47-48.
Nggaur, D. A. 2018. Pengaruh Harga, Suasana Cafe, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Moderator. Journal of Administration Bussiness, 53(9), 1689-1699.
Palelu, D. R., Tumbuan, W. J., & Jorie, R. J. 2022. Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen.
Parasuraman, A., Zeithaml, V.A.and Berry, L.L. 1998, SERVQUAL: a multiple item scale for Measuring consumer perceptions of service quality, Journal of Retaling, vol. 64 No, 1, pp. 12-40.
Permana, A. D. 2021. Pengaruh Persepsi Harga dan kualitas Barang Terhadap kepuasan konsumen Pada Cafe Cracking Chambers Sidoarjo (Doctoral dissertation, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya).
Polancik, G. 2009 Empirical Research Method Poster. Jakarta:
Rini, S., & Safitri, R. A. 2022. Pengaruh Suasana Toko Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Jolly Bakery, Wonogiri). Prosiding HubisinteK, 2(1), 1124-1124.
Rooroh, C. A., Moniharapon, S., & Loindong, S. S. 2020. Pengaruh Suasana Cafe, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Cafe Casa De Wanea Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(4).
Santi, S., & Putra, A. 2021. Pengaruh Persepsi Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Suasana Café Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Café Bumi Di Batu Bara. Jurnal Manajemen, Ekonomi Sains, 3(1), 84-93.
Schiffman., dan Kanuk. 2011. Persepsi Kualitas, Consumer Behavior. New Jersey: Perason Prestice Hall.
Schiffman, Leon dan Leslie Lazar Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Indeks.
Sholihah, I. A. 2020. Pengaruh suasana cafe dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen di merdeka cafe nganjuk. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(1).
Situmeang, L. S. 2017. Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan lokasi terhadap kepuasan konsumen pada rumah makan istana hot plate Medan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.
Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sujarweni, V. Wiratna. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi, 33. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sukmadani, D. 2021. Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Upnormal Cafe Gresik (Doctoral dissertation, Universitas Internasional Semen Indonesia).
Tawakkal, E., Suaib, H., & Zein, E. M. 2021. Pengaruh Harga Dan Suasana Cafe Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Cafe Layar Gading Kota Sorong). Jurnal Ilmiah PERKUSI, 1(3), 384-388.
Utama, Made Suyana. 2007. Aplikasi Analisis Kuantitatif. Buku Ajar.Denpasar: Sastra Utama.
Vroom, Victor H. 1964. Work and Motivation. New York : John Wiley & Sons.
Wahyudi, M. 2018. Pengaruh Harga, Lokasi, Suasana Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Lele Kepruk (Doctoral Dissertation, Upt Perpustakaan Uin Raden Fatah Palembang).
Worotikan, A. L., Massie, J. D., & Tawas, H. N. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Makanan, Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Ikan Bakar Kinamang. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(3), 1277-1285.
Yanti, Liya Trisna 2021. Serviscescape, Persepsi Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Niat Berkunjung Kembali Di Akasa Kintamani Coffee, Kintamani, Bangli, Bali. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Universitas Mahasaraswati Denpasar. Denpasar.
Zeliana, Z. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Suasana Toko (Store Atmosphere) Dan Lokasi Terhadap
Kepuasan Konsumen Belanja Di Malaya Mart Bangkinang Kabupaten Kampar (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).